27 Tempat yang Harus Dikunjungi Jika Liburan ke Nusa Penida

Saat ini objek wisata Nusa Penida sangat populer, sebab punya keunikan alam tersendiri yang tersimpan di dalamnya. Mulai dari laut, tebing dan juga pantai yang sangat indah. Hal ini membuat wisata Nusa Penida sangat dikenal hingga ke mancanegara. Liburan ke Nusa Penida menjadi salah satu pilihan tepat bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat yang mengasyikkan.

Seperti yang kita tahu, Nusa nida adalah kepulauan kecil yang ada di bagian selatan Bali daratan dan terpisah oleh selat Badung. Dengan demikian bila anda ingin liburan ke Nusa Penida menyeberang terlebih dahulu lewat jalur laut.

Nusa Penida terdiri dari 3 pulau utama yaitu Nusa Ceningan, Nusa Gede dan Nusa Lembongan . Beberapa tahun terakhir ini Nusa Penida banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Banyak sekali tempat indah unik eksotis dan mempesona yang bisa menjadi destinasi liburan terbaik anda.

Lokasi Nusa Penida

27 Destinasi Wisata Terbaik Saat Liburan Ke Nusa Penida

Di bawah ini adalah 27 tempat wisata menarik yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Nusa Penida.

1. Pura Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri, Nusa Penida, daniramosslinger
Pura Goa Giri Putri, Nusa Penida, daniramosslinger

Salah satu goa yang ada di Banjar, Karangsari, Desa Suana, Nusa Penida adalah goa Giri Putri. Goa ini mempunyai bangunan pura di dalamnya, menjadi tempat pemujaan dewa siwa yang dipercaya memelihara serta merawat manusia.

Goa ini mempunyai pintu masuk yang sangat kecil dan hanya cukup untuk satu orang saja. Bahkan anda harus merangkak untuk bisa masuk ke dalamnya. Namun setelah anda berhasil memasukinya, anda bisa melihat ruangan yang luas. Goa ini mempunyai panjang 310 m dan ketinggiannya sekitar 10 m.

Bila dilihat dari guratan, garis dan juga warna pada dinding goa, dapat diperkirakan bahwa Goa Giri Putri ini asalnya dari aliran sungai bawah laut yang naik ke permukaan. Bagian goa mempunyai ciri khas yang menarik seperti stalaktit dan stalagmit, serta kelelawar yang banyak di dalamnya.

Lokasi Pura Goa Giri Putri

Ada satu tempat persembahan di bagian depan gua dan tiga tempat persembahan di dalam gua. Di bagian dalam gua juga ditemukan aliran air, banyak orang yang mempercayainya sebagai air suci. Masyarakat lokal biasanya berkunjung ke hoa ini untuk bersembahyang di hari Galungan dan Kuningan.

2. Atuh Beach

Setelah mengeksplor Pura Goa Giri Putri, sekarang kita akan menikmati indahnya pantai di Nusa Penida. Namanya adalah pantai Atuh atau wisatawan asing sering menyebutnya sebagai Atuh Beach.

Pantai Atuh sendiri lokasinya berada di desa Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Karena lokasinya yang ada di bawah tebing atau perbukitan, satu-satunya cara untuk bisa menuju bibir pantai adalah dengan berjalan kaki. Anda harus berjuang dengan trekking menuruni bukit dan lewat di kebun warga agar dapat menikmati keindahan pantai Atuh ini.

Setibanya di lokasi, anda bisa menikmati suasana yang sepi dan masih begitu asri. Di sini hanya ada deburan ombak dan juga sepoi angin pantai. Anda akan merasakan seperti liburan di private beach.

Agar semakin lengkap liburan anda, maka anda bisa memesan kelapa muda dengan harga yang terjangkau di sini. Salah satu waktu terbaik yang bisa anda pilih untuk liburan ke Nusa Penida di pantai Atuh ini adalah pagi hari. Sebab, anda bisa sekaligus melihat indahnya matahari terbit. Mengingat bahwa pantai ini menghadap ke arah timur.

Atuh Beach - 1, Nusa Penida, cassidyjhunt
Atuh Beach – 1, Nusa Penida, @cassidyjhunt

3. Air Terjun Peguyangan

Peguyangan waterfall ini sudah cukup dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata yang satu ini termasuk paling sulit untuk dikunjungi di pulau Nusa Penida.

Di samping ada ratusan anak tangga dilalui selain itu jalannya curam dan ngerinnya pemandangan yang disuguhkan akan memacu adrenalin. Namun hal inilah yang seringkali menjadi alasan para pengunjung untuk tidak melewatkan sport ini.

Air terjun Peguyangan ini lokasinya berada di Dusun Antapan, Batukandik, Nusa Penida. Airnya menyegarkan dan sangat jernih dengan debit yang sangat kencang hingga 120 liter per detik.

Karena lokasinya yang ada di lereng tebing tepat di tepi laut, anda bisa menikmati indahnya hamparan lautan biru ketika berendam kolam air terjun ini. Tetapi untuk bisa mencapai mata air ini maka anda harus berjuang ekstra keras dan juga hati-hati.

Untuk bisa sampai ke air terjun Peguyangan anda harus melewati anak tangga kira-kira 450 m menurun dan juga terjal. Bahkan kemiringannya sampai 80 derajat. Panjang trek nya sekitar 1 km ini pasti sangat menguras tenaga dan memacu adrenalin. Namun dibalik semua itu, rasa lelah bisa terbayarkan dengan kesegaran dan juga keindahan dari mata air di Peguyangan ini.

Atuh Beach - 1, Nusa Penida, cassidyjhunt
Atuh Beach – 1, Nusa Penida, @cassidyjhunt

4. Seganing Falls

Air terjun seganing nusa penida merupakan salah satu air terjun istimewa yang keindahannya masih tersembunyi. Lokasinya berada di area yang kawasan sekitarnya berupa perbukitan kering dan tidak ada hutan. Biasanya warga setempat menyebut air terjun ini dengan sebutan air terjun Sebuluh.

Air terjun Seganing aida di bawah tebing curam sehingga mengharuskan pengunjung melewati ratusan anak tangga agar sampai disana. Ratusan anak tangga yang dimaksud sangat ekstrim. Hanya terbuat dari kayu dan tali yang dirangkai seperti tangga bambu yang sering dipakai di rumah.

Saat anda liburan ke Nusa Penida, jangan lewatkan keindahan air terjun Seganing ini. Lokasinya berada di dusun Sebuluh, Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Air terjun ini letaknya tersembunyi di bawah tebing curam dan berbatasan langsung dengan lautan.

seganing waterfall, Nusa Penida, gui_mmoraes's
seganing waterfall, Nusa Penida, @gui_mmoraes’s

5. Pantai Kelingking T-Rex

Pantai kelingking merupakan salah satu pantai yang terkenal di instagram yang ada di nusa penida pemandangannya memang tidak mengecewakan bahkan bila dilihat-lihat memang tampak seperti T-Rex.

Sebuah tebing berbukit menjorok ke laut yang seperti bentuk jari kelingking jadi pintu masuk kepantai ini. Sisi bagian barat nya memiliki pantai berpasir yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki dan menyusuri anak tangga yang menguras fisik.

Pemandangan indah pantai Kelingking dari atas adalah pemandangan eksotis tebing Paluang yang sering disebut dengan Karang Dawa. Tebing Paluang merupakan nama pura yang lokasinya tidak jauh dari tebing ini. Sementara Karangdawa nama desanya.

Tebing ini memiliki bentuk yang unik, bila dilihat dari atas akan berbentuk seperti anak ikan paus yang berbaring di tepi laut. Ada juga yang menganggapnya mirip dengan leher Tyrannosaurus Rex atau T-Rex.

Ini merupakan salah satu sisi secret point di pantai Kelingking yang akan menjadi favorit banyak orang. Di sini ada pohon cinta yang yang digunakan pasangan untuk foto prewedding di sini. Meski sekarang pohon ini tinggal batang dan juga rantingnya tetapi masih populer untuk dijadikan sebagai objek foto. Lautan lepas bertemu dengan langit biru menjadi salah satu latar belakang yang indah saat berfoto di tempat ini.

kelingking beach, Nusa Penida, acoupleof_earthlings
kelingking beach, Nusa Penida, @acoupleof_earthlings

6. Manta Bay

Liburan ke Nusa Penida tak puas rasanya bila tak mengeksplor semua keindahan yang ada di sini. Salah satunya adalah Manta Bay Nusa Penida. Manta Point Bali ada di sebelah barat pulau Nusa Penida, lebih tepatnya ada di Tanjung Pandan.

Anda bisa naik kapal feri untuk sampai ke Manta Bay. Selain itu, anda juga bisa menyewa kendaraan berupa motor sewaan untuk bisa melewati jalur yang terjal. Disini anda bisa berenang dan juga snorkeling bersama dengan ikan Manta Rays yang sangat menyenangkan bahkan lebih dari setengah jam lamanya.

Untuk bisa menikmati wisata ini, anda bisa memesan tour lokal di sekitar dengan harga 20 dolar. Bila anda sudah berada di Nusa Penida atau di Lembongan, anda bisa memesannya secara online setelah sampai di lokasi tersebut.

manta bay beach, Nusa Penida, cassimanner
manta bay beach, Nusa Penida, @cassimanner

7. Crystal Bay Beach Nusa Penida

Crystal Bay Nusa Penida adalah sebuah pantai indah berada pantai ini tepatnya ada di Banjar Penida yang masuk bagian Desa Sakti. Jaraknya kurang lebih 15 km dari pelabuhan Nusa Penida dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Wisatawan yang liburan ke Nusa Penida tepatnya ke Crystal Bay ini bisa melakukan berbagai aktivitas seperti scuba diving dan snorkeling. Terumbu karang di tempat ini menjadi rumah ikan berwarna-warni yang membuatnya mendapatkan julukan sebagai surga snorkeling dan scuba diving.

Bukan cuma pemandangan bawah lautnya yang cantik. Pemandangan daratnya juga tak kalah mengagumkan. Hamparan pasir luas dengan garis pantai hingga 1 km dikelilingi gugusan atol kecil dan bukit hijau yang membuat pemandangan menjadi lebih indah.

Ada pula spot menarik yang bisa digunakan untuk melihat keindahan alam di Crystal Bay. Anda bisa naik anak tangga dengan jumlah ratusan yang harus dilalui untuk bisa sampai ke puncak bukit. Anda dapat menyaksikan pemandangan Crystal Bay secara utuh mulai dari adanya pura yang tidak jauh di area pantai, Atol dan pulau Lembongan serta Ceningan.

8. Desa Toyapakeh

Saat ini salah satu kawasan wisata di Nusa Penida yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah Desa Toyapakeh. Desa ini ada di sepanjang pantai dengan keindahan alam yang terjaga dan asri.

Poin utama yang menjadi daya tarik desa Toyapakeh adalah wisata bahari. Termasuk titik penyelaman dengan adanya ikan purba terbesar yang saat ini masih hidup yaitu ikan mola-mola. Ikan ini hanya bisa dijumpai antara bulan Juli sampai dengan November. Jadi sebaiknya anda berkunjung ke desa Toyapakeh diwaktu yang tepat.

9. Angel’s Billabong

Salah satu wisata fenomenal yang ada di Nusa Penida adalah Angel’s Billabong. Angel’s Billabong sendiri berasal dari kata Angel yang artinya bidadari atau malaikat dan Billabong yang maknanya ujung dari sungai buntu. Jadi bisa diartikan Angel’s Billabong Nusa Penida adalah tempat berupa ujung sungai dengan keindahan seperti bidadari.

Ciri khas Angel’s Billabong ini sangat artistik dilengkapi dengan batuan karang yang warna hijau kekuningan dan tampak indah dengan airnya yang jernih. Saat anda liburan ke Nusa Penida dan berkunjung ke Angel’s Billabong, anda pastinya bisa berenang.

Lokasinya yang nyaman dan tenang membuat anda betah lama-lama berenang di sini. Sesekali anda juga bisa mendengar deburan ombak lautan yang menghempas keras. Karena Angel’s Billabong berbatasan langsung dengan laut lepas.

10. Broken Beach

Broken Beach sering dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Pasih Uug. Ini adalah tebing karang dengan ketinggian 200 meter yang menjorok ke bagian laut. Tebing ini sering terkena abrasi laut berabad-abad. Jadi lubangnya mirip dengan gua raksasa dan terbentuk di bagian tengah secara alami.

Lubang inilah yang sering disebut sebagai Pasih Uug  atau pantai yang rusak. Broken Beach muncul dan dikenal masyarakat dan juga turis yang berkunjung ke Nusa Penida. Di sini ada tempat selfie terbaik, tracking yang seru, padang rumput yang luas dan ada hidden spot untuk berfoto.

11. Thousand Island (Pulau Seribu) Viewpoint

Saat anda liburan ke Nusa Penida, anda bisa menyaksikan pulau seribu yang sering disebut dengan kawasan Thousand Island Viewpoint. Di sini anda dapat menyaksikan pulau-pulau kecil dari atas tebing yang tampak sekilas seperti yang ada di Raja Ampat.

Pemandangan yang ditawarkan di pulau seribu ini sangat memukau. Anda bisa melihat tebing batu berukuran besar dan juga batu karang di tengah laut. Air lautnya yang berwarna biru membuat tempat ini semakin memukau.

Saat berada di sini anda ,juga bisa berburu foto instagramable. Karena ada spot foto favorit berupa tebing yang menjorok ke lautan. Sekilas akan tampak mirip seperti saat anda berada di ujung kapal pesiar.

12. Manta Ray Viewpoint

Saat anda sudah puas menikmati indahnya Angel’s Billabong, maka anda bisa berjalan di tikungan menuju Broken Beach. Perjalanan bisa ditempuh hanya dalam waktu 5 menit saja. Namun ditengah perjalanan ada sebuah gapura yang menyajikan pemandangan unik dari sini.

Saat berada di atas bukit menuju pantai Broken Beach maka anda bisa melihat ke bawah laut. Disinilah anda bisa melihat Manta Rays Giant sedang asyik berenang.

Pemandangan dari atas bukit bisa dilihat dengan duduk di tebing dan menyaksikan beberapa ikan Manta Rays yang berenang di sekitar permukaan beberapa waktu. Ini merupakan salah satu penemuan yang cukup mengagumkan. Disini anda bisa melihat pemandangan yang jarang ditemui dan tempat ini diberi nama dengan tebing Manta Ray Viewpoint

13. Kelingking Beach

Kelingking beach mempunyai secret point yang didalamnya memiliki spot diving terkenal yaitu Manta Point. Di kedalaman laut Manta Point anda bisa menyelam dan menyaksikan ikan Manta atau ikan pari besar …

Selain diving, anda juga bisa atau berenang tapi anda harus ingat ini bukanlah pantai bagi perenang pemula. Anda juga bisa berselancar hingga menikmati matahari terbenam. Sampai sekarang Kelingking secret point menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan yang liburan ke Nusa Penida.

14. Kelingking Cliff Lookout

Dari Kelingking Cliff Lookout anda bisa menikmati Kelingking secret point dari berbagai macam sudut yang unik. Dari pada anda hiking dengan menuruni tangga anda, bisa pergi ke bagian kanan tebing ada jalan yang dipakai sepanjang tepi tebing namun tidak ada pagarnya.

Di sini anda bisa menemukan beberapa sudut pandang yang epic dan dapat dibilang lebih baik dibandingkan saat anda mendaki.

Bila anda ingin melihat matahari terbenam, maka di sini adalah tempat yang mengagumkan. Anda bisa melihat sunset dengan pemandangan terbaik di pulau Nusa Penida dan sudut yang unik dari Kelingking secret point beach.

15. Nusa Penida Treehouse (Rumah Pohon)

Rumah pohon Nusa Penida saat ini sedang menjadi salah satu spot yang banyak diminati. Letaknya berada di atas gunung di pulau seribu. Dengan sudut pandang yang dekat dengan pantai Atuh.

Sudah banyak fotografer berbakat yang membagikan tempat ini di sosial media dan membuat banyak orang tertarik untuk datang ke tempat ini. Jika anda ingin melihat sudut pandang pulau seribu Nusa Penida. Maka cukup dengan melihatnya dari rumah pohon ini. Anda cuma mengeluarkan Rp10.000 saja untuk parkir dan tiket masuk yang kurang dari 1 dolar.

Rumah pohon ini memiliki keunikan tersendiri. Bahwasannya anda bisa menyewa rumah tersebut dengan harga yang cukup murah. Mengingat betapa populernya tempat ini dengan berbagai macam pemandangan yang menarik.

16. Banah Cliffs

Banah Cliff adalah sebuah batu bolong unik yang bentuknya mirip seperti donat dengan ketinggian sekitar 200 m. Di atasnya dihiasi tumbuhan hijau yang menjadikan pengunjung takjub karena keindahan yang dimilikinya.

Daya tarik yang sayang untuk dilewatkan adalah air laut jernih dan berombak di tengah Banah Cliff yang berlubang. Saat liburan ke Nusa Penida, ini menjadi lokasi wisata yang wajib anda kunjungi. Lokasinya berada di kawasan desa Batumadeg. Di tengah lautan lepas Samudra Hindia berjarak 35 km dari pelabuhan kapal roro.

17. Diamond Beach Viewpoint

Di sebelah kanan pantai Atuh ada tangga yang mengarah ke atas bukit. Di atas anda dapat menemukan tempat parkir yang hanya menarik Rp10.000 rupiah saja. Mungkin belum banyak orang yang mengetahui Diamond Beach Viewpoint ini.

Tapi Diamond Beach Viewpoint ini adalah sebuah sudut pandang yang epic. Dimana dari sini anda bisa melihat pemandangan indah pantai Atuh dan secara sempurna dari tempat ini.

18. Diamond Beach

Keindahan pantai Diamond sebelumnya hanya dapat dinikmati dari ketinggian di atas tebing bukit. Seperti dari Diamond Beach Viewpoint. Tetapi saat ini anda dapat langsung menuju pinggir pantai. Dengan menapaki tangga demi tangga yang ada pada dinding tebing bukit yang curam.

Pantai diamond menjadi objek wisata baru dengan pemandangan alam yang indah dan instagramable yang ada di Nusa penida. Pasirnya putih bersih dan jarang dikunjungi. Lokasinya juga tersembunyi di balik tebing bukit.

19. Pantai Tembeling, Kolam Renang Alami, dan Hutan

Kolam renang alami Tembeling ini lokasinya memang berada di dalam hutan namun dekat dengan laut. Anda tentu bisa membayangkan bagaimana alam yang sejuk dan juga air yang menyegarkan ada di dalam satu lokasi. Mata air Tembeling berada di sisi barat Nusa Penida yaitu desa Batumadeg.

Warna turquoise yang sangat luar biasa, campuran antara pasang surut air laut dan air kapur. Dikelilingi flora tropis yang rimbun dan suara kicauan burung yang merdu. Mata air Tembeling i,ni terdiri dari kolam untuk laki-laki dan perempuan serta untuk anak-anak.

20. Suwehan Beach

Pantai suwehan merupakan salah satu tempat yang menjadi lambang Nusa Penida. Disini anda akan menemui tebing besar menjulang tinggi dengan air yang jernih tetapi mencolok. Tangga yang curam turun ke pantai dan mungkin ada di juga akan menemui satu atau dua penyu.

Saat terjadi gempa pada 2018 lalu, sempat merusak tangga untuk akses tersebut. Namun di akhir tahun, penduduk sudah memperbaiki nya agar akses menuju pantai ini bisa terhubung kembali.

21. Abangan Hills Viewpoint

Bukit Abangan merupakan salah satu kawasan menarik yang bisa anda kunjungi saat liburan ke Nusa Penida. Jadi bukan hanya pantai saja yang menawarkan wisata menarik. Tetapi pemandangan bukit Abangan juga tidak kalah memukau.

Sepanjang jalan setapak menuju ke Abangan Hills akan disambut ilalang yang dihinggapi kupu-kupu cantik. Ini tentu saja menjadi salah satu daya tarik yang ada di Ambagan Hills.

Di puncak tebing anda bisa merasakan angin yang berhembus kencang dan sejuk serta menatap indahnya Nusa Penida. Apalagi bila anda datang pada waktu bisa melihat sunrise yang sangat cantik.

22. Saren Cliff Viewpoint

Ada sebuah tempat baru yang wajib dikunjungi saat kamu liburan ke Nusa Penida yaitu Saren Cliff Point. Tempat ini bisa menyuguhkan keindahan spesial untuk para pengunjungnya. Seperti namanya Saren Cliff Viewpoint menyuguhkan keindahan alam tebing dengan latar belakang berupa pemandangan indah Samudra Hindia.

Laut biru dikelilingi tebing eksotis yang menjulang tinggi bisa memberi ketenangan dan kenyamanan untuk setiap orang yang berkunjung ke sana. Bagi anda yang suka berfoto selfie, maka tempat-tempat seperti ini pastinya sangat ideal. Sehingga sampai sekarang tempat ini menjadi tempat wisata populer yang ada di Nusa Penida.

23. Gamat Bay Snorkeling

Liburan ke Nusa Penida memang tidak pernah ada habisnya. Buat anda pecinta snorkeling, maka Gamat Bay Nusa Penida adalah spot menyelam, diving dan snorkeling dengan daya tarik serta fasilitas yang lengkap. Seperti beach club dan resto.

Saat ini Gamat Bay jadi objek wisata hits di Bali dan jadi favorit wisatawan di daerah Nusa Penida. Lokasinya di sebelah utara tempat wisata alam Bali Crystal Bay. Saat anda snorkeling di Gamat Bay, maka anda bisa menemukan berbagai macam biota laut yang beragam. Mulai dari berukuran besar hingga kecil. Anda bisa melihat ikan hiu besar, ikan pari sampai ikan mola-mola.

24. Puncak Mundi

Di Nusa Penida ada salah satu pura yang unik, namanya pura Puncak Mundi. Keunikan pura ini berada pada lokasinya yang terletak di puncak tertinggi Nusa Penida. Dengan lokasi tersebut, wisatawan bukan hanya dapat menyaksikan indahnya bangunan Pura. Tapi juga bisa melihat pemandangan indah Nusa Penida dari atas ketinggian.

Kawasan puncak Mundi masih asri dan hijau. Banyak pohon tinggi yang tumbuh dan pengunjung bisa menemui berbagai kera liar di sekitar lokasi pura. Karena kera masih liar, disarankan menjaga barang bawaan. Sbab keusilan kera ini bisa membuat barang anda di ambil secara paksa.

25. Teletubbie Hill Viewpoint

Salah satu bukit yang ada di Nusa Penida ini sangat unik. Bukit Teletubbies adalah namanya. Hal ini diberikan karena lekukan atau gundukan tanah bukit yang menyerupai gunung kecil dan pemandangan hijau di film teletubbies yang sempat populer di tahun 2000 an,

Liburan ke Nusa Penida wajib hukumnya mengunjungi bukit Teletubbies ini tanah dengan ketebalan 50 cm dengan rumputan hijau. Bila dilihat dari kejauhan persis seperti rumah boneka Teletubbies.

26. Pandan Beach

Pantai Pandan yang ada di Nusa Penida memang sudah dikenal luas meskipun lokasinya tersembunyi. Bahkan saat ada pantai ini, suasananya tidak kalah memukau dengan Phi Phi Island yang merupakan wisata populer Thailand.

Untuk bisa sampai ke pantai Pandan, medan yang ditempuh cukup sulit sebaiknya anda persiapkan kondisi fisik supaya tetap fit dan bisa mengikuti jalur trekking ke pantai ini. Pemandangan pasir putih yang terhampar bersih dan luas, disambut air laut jernih menjadi pemandangan yang sangat menyejukkan.

27. Sunset di Tebing Banah

Walaupun harus bersusah payah menuju ke tebing pantai Banah, tetapi perjuangan anda bisa terbayar lunas dengan pemandangan yang disuguhkan. Agar bisa mendapatkan view terbaik, anda dapat melalui jalan setapak menuju ke tebing yang lebih bawah.

Di ujung tebing inilah laut terhampar luas dan semakin membuat kagum akan keindahan yang tercipta. Tak butuh waktu lama, bila anda datang pada waktu sore hari anda bisa menikmati indahnya sunset kala senja. Sehingga keindahan senja seperti ini bisa menghasilkan momen paling romantis.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Liburan ke Nusa Penida

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui, ternyata pulau Nusa Penida lebih besar bila dibandingkan dengan Nusa Ceningan dan juga Nusa Lembongan. Oleh sebab itu, anda mungkin mempertimbangkan untuk menghabiskan 2 hingga 3 malam di pulau ini. Itu juga bila anda ingin menyaksikan semua hal menarik dan destinasi wisata lengkap yang ada tanpa terburu-buru.

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan saat liburan ke Nusa Penida. Nikmati liburan anda dan explore semua keindahan wisata yang ada di Nusa Penida.

Tinggalkan komentar