Kolam Air Panas Penatahan, Berendam Dengan Air Panas Alami – Jadwal Berkunjung, Lokasi Dan Tiket Masuk

Selain pantainya yang indah, Bali juga memiliki objek wisata alami yang wajib dikunjungi. Salah satu objek wisata alami Bali adalah air panas yang sudah pasti mampu merilekskan badan dan membuat fikiran jauh lebih santai. Wisata air panas Penatahan, kolam air panas yang terkenal di Bali memiliki khasiat mampu menyembuhkan penyakit kulit, semua itu tentu karena sumber air panas alami bukan buatan mesin. Sehingga akan sangat baik untuk tubuh, tidak heran hal tersebut membuat tempat ini ramai kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Keunikan Yang Ada Pada Objek Wisata Air Panas Penatahan

Bukan hanya karena dipercaya mampu menyembuhkan penyakit saja yang membuat ramai air panas Penatahan, kolam air panas yang fasilitasnya banyak lalu keindahan sekeliling yang sangat mempesona. Air panas Penataan dikelilingi hamparan sawah hijau, sehingga akan membuat nyaman siapapun yang memandangnya. Suasana tenang dengan semilir angin, nyaman sangat cocok untuk yang telah lelah beraktivitas di perkotaan yang padat.

Hal unik yang sangat jarang ditemukan pada wisata air panas lainnya adalah, mata air dari air panas Penatahan muncul dari bawah pohon beringin, menarik bukan. Selain itu karena area pemandian air panas ini ada pada dalam sebuah Pura, sehingga kesan religi akan terasa. Sehingga kenyamanan akan jauh lebih dapat dinikmati.

Lokasi Kolam Air Panas Pentahan

Air panas Penatahan, kolam air panas yang berlokasi pada desa Penatahan, Penebel, Tabanan, Bali ini cukup mudah untuk dilalui. Jika memulai perjalanan dari pusat kota Tabanan hanya perlu menempuh sekitar 13 km saja. Sedangkan jika dari Denpasar, waktu tempuh sekitar 25 km dan yang paling jauh hanya 35 km saja, yaitu jika perjalanan dimulai dari Bandara. Belum ada angkutan umum yang mengakses menuju lokasi, karena untuk menuju lokasi hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun rentalan.

Jadwal Berkunjung Dan Harga Tiket Masuk Kolam Air Panas Pentahan

Sama halnya dengan objek wisata lainnya yang memiliki jadwal dipebolehkannya kunjungan, kolam air panas ini dibuka pukul 7 pagi hingga jam 8 malam. Air panas yang dikenal juga dengan nama pemandian Yes Panes ini memiliki beberapa fasilitas kolam sehingga harga untuk tiket masuknya pun berbeda-beda. Selain berbeda sesuai jenis kolam, wisatawan lokal dan mancanegara pun berbeda harga tiketnya. Untuk wisatawan lokal dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,- sedangkan wisatawan mancanegara sebesar Rp 100.00,- berbeda jauh ya.

Air panas Penatahan, kolam air panas yang dibagi ke dalam dua jenis, yaitu kolam private dan umum. Dimana tentu saja harga berbeda pula, untuk kolam private harga tiket sebesar Rp. 25.000,- dan Rp. 10.000,- untuk kolam umum per jamnya. Sedangkan untuk parkir dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 20.000,- untuk mobil. Semua biaya yang dikeluarkan akan terbayar dengan keindahan dan fasilitas yang mumpuni di kolam Air Panas Penatahan ini.

Objek Wisata Di Kolam Air Panas Penatahan

Di pemandian ini terdapat objek wisata yang membuat wisatawan selalu datang berkunjung. Dimana dalam kolam air panas ini tidak hanya tersedia dari 1 kolam saja, seperti yang telah disinggung di atas. Selain jenis kolam yang tersedia, ada juga objek wisata lain yang difavoritkan wisatawan jika ke kolam air panas Penatahan. Berikut objek wisata di kolam air panas Penatahan yang dapat dapat dijadikan referensi:

1. Kolam Private

Objek wisata favorit wisatawan yang pertama adalah kolam private, dimana terdapat 8 kolam private pada air panas Penatahan ini. 4 kolam private berada di atas sedangkan 4 lagi dibagian bawah, untuk memperlengkapi fasilitas, di setiap kolam disediakan meja untuk menaruh segala macam kebutuhan wisatawan. Untuk mempercantik dekor kolam, setiap sudutnya terdapat pancuran air panas yang terlihat indah. Kolam atas disekat dengan dinding bambu yang mengelilingi, sedangkan di kolam bawah menggunakan tembok sebagai penyekat.

2. Kolam Umum Pertama

Selain kolam private ada 3 lagi kolam umum yang disediakan oleh wisata ini, dimana wisatawan dapat menyesuaikan menurut keinginannya. Kolam umum pertama ini memiliki ukuran yang paling kecil, namun menjadi favorit wisatawan. Semua itu karena kolam ini letaknya dekat dengan sungai yang memiliki pemandangan alam yang indah dipandang.

3. Kolam Umum Kedua

Jika kolam yang pertama cukup kecil, kolam umum kedua ini memiliki luas yang lebih besar. Dimana pancuran air panas dengan interior bambu akan memancurkan air dengan suku sekitar 38-40°C. Kehangatan dari kolam ini yang menjadi favorit wisatawan, dimana tubuh akan terasa sangat rileks dan tenang.

4. Kolam Umum Ketiga

Kolam yang terakhir ini memiliki ukuran yang paling besar namun kedalaman hanya sekitar 1 meter saja, karenanya tempat ini menjadi favorit anak-anak. Terletak di bagian paling atas dan area yang cukup luas sehingga membuat suhu di kolam ini cukup hangat dan tidak terlalu panas. Sehingga anak-anak akan aman jika berendam disini.

5. Tempat SPA

Setelah selesai berendam dengan air panas tentu akan semakin lengkap jika mengunjungi tempat SPA di kolam ini. Wisatawan akan dibuat nyaman dengan fasilitas yang diberikan disini, karena setiap ruangan dipisahkan oleh sekat bambu. Tentu sekat bambu membuat desain interior yang indah dipandang.

Selain itu ada juga fasilitas jet dan blower di dalam SPA, sehingga wisatawan tidak perlu risau merasa kepanasan. Berkunjung ke air panas Penatahan tentu sangat kental dengan budaya tradisional namun tetap saja tidak kuno dan dilengkapi dengan fasilitas modern seperti SPA.

Itulah hal mengenai air panas Penatahan, kolam air panas alami yang memiliki begitu banyak fasilitas. Selain itu walaupun tidak meninggalkan unsur budaya tradisional namun tetap dikemas dengan unsur modern yang membuat tempat ini unik.

Tinggalkan komentar