Air Terjun Peguyangan, Destinasi Wisata Antimainstream di Nusa Penida

Guyangan waterfall atau air terjun Peguyangan adalah salah satu destinasi wisata populer yang ada di pulau Nusa Penida. Lokasinya tidak jauh dari pantai barat yang ada di pulau Bali dan menjadi satu kepulauan dengan pulau Bali. Nusa Penida merupakan pulau yang sebagian besar masih alami, memiliki alam yang tenang, sehingga tak heran banyak orang yang ingin berlibur ke Nusa Penida.

Kalau anda ingin liburan ke Nusa Penida yang penuh tantangan dan anti mainstream, anda bisa berkunjung ke air terjun Peguyangan. Tetapi air terjun ini hanya diperuntukkan bagi anda yang punya nyali besar. Apabila anda phobia ketinggian, maka jangan pernah mencobanya sebelum berlibur ke peguyangan sebaiknya anda dalam kondisi sehat.

Air Terjun Peguyangan Langsung Terjun ke Laut

Peguyangan Waterfall Nusa Penida adalah salah satu air terjun yang airnya bisa langsung terjun ke laut lepas. Dari atas air terjun ini ada gapura yang sangat instagramable bagi anda yang hobi untuk berburu foto selfie. Bukan hanya itu saja, gapura ini juga populer sebagai tempat untuk sesi foto prewedding.

Indahnya latar belakang foto akan semakin artistik dengan pemandangan berupa tebing dan taman hijau. Serta air terjun Tembeling yang ada di sekitarnya.  Di sekitar air terjun ini ada mata air jernih yang sangat segar dan juga menyehatkan. Disamping segar, mata air ini juga dianggap suci bagi penduduk setempat. Anda juga boleh minum atau mencuci muka dengan menggunakan mata air tersebut.

Di samping adanya mata air, ada juga kolam alami yang berada di dekat tebing. Lokasinya berbatasan langsung dengan ujung tebing. Kolam ini menyuguhkan view yang bisa dinikmati langsung yaitu pemandangan indah laut lepas.

Kolam alami ini bisa dipakai untuk berenang. Di bawah mata air tersebut juga ada pura yang merupakan milik penduduk setempat. Pura tersebut sering dipakai untuk sembahyang dan juga digunakan dalam upacara adat keagamaan.

Kalau anda suka fotografi maka anda bisa mengambil foto di gapura yang ada di atas air terjun ini. Foto yang diabadikan pastinya akan tampak semakin artistik dengan pemandangan tebing yang hijau dan indahnya air terjun.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Peguyangan

Lokasi dari Peguyangan waterfall ini berada di bagian selatan Nusa Penida. Tempatnya berada di desa Batukandik, Nusa Penida. Supaya bisa sampai ke air terjun, anda harus menyebrang lebih dulu memakai speed boat yang berasal dari pantai Sanur. Atau bisa juga lewat pelabuhan Padangbai.

Sementara biaya penggunaan speed boat adalah Rp100.000. Tarif ini tidak terlalu mahal bila anda ingin merasakan pengalaman perjalanan yang yang sangat seru dan menantang. Jadi biaya sebesar itu tentu tidak jadi masalah demi menikmati keindahan alam yang menakjubkan ini.

Bila anda sudah tiba di kawasan Peguyangan jangan kaget saat anda harus melewati anak tangga. Bahkan jumlahnya lebih dari 870 anak tangga. Hal ini disebabkan karena lokasinya berada di samping tebing dan menghadap ke laut.

Untuk menuju ke tempat itu, anda tentu akan melewati kondisi yang curam. Namun hasil jerih payah anda akan terbayarkan saat anda menyentuh dinginnya air terjun yang ada di Peguyangan ini.

Tips Liburan ke Peguyangan Waterfalls

Di sekitar air terjun ini ada mata air yang disucikan bagi penduduk setempat. Oleh sebab itu, perempuan yang sedang haid dilarang mendekati mata air karena di bawah mata air ada pura. Hal ini dilakukan dalam rangka menghormati tempat ibadah dan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga anda wajib menaati peraturan yang ada.

Disamping itu, anda juga diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan bertingkah sopan. Jika anda menemukan sampah di sekitar air terjun atau sekitar mata air, sebaiknya dipungut dan dibuang ke tempat sampah yang sudah disediakan.

Agar bisa mendapatkan pengalaman menarik dan menantang, tentunya perlu tenaga yang ekstra. Anda yang ingin liburan ke air terjun Peguyangan harus ekstra hati-hati. Sebaiknya patuhi semua peraturan yang ada agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bersikap sopan dan jangan seenaknya. Bila ingin berfoto jangan sampai merusak keindahan alam yang ada.

Tinggalkan komentar