Pesona alam di Bali memang mampu membuat siapa saja merasa kagum. Dengan hawa udara yang segar, wisata alam di Bali membuat wisatawan merasa betah berlama-lama mengunjunginya. Sebut saja air terjun Wana Ayu. Wisata alam ini sangat memikat hati pengunjung dengan keindahannya yang memanjakan mata. Tak hanya itu, aliran air terjunnya juga jernih dan menyegarkan. Pastikan anda tak melewatkan air terjun ini ketika menyambangi Pulau Dewata Bali.

tripadvisor.com.tw

Air Terjun Wana Ayu

Wana Ayu menambah deretan wisata air terjun yang lagi hits di Bali, seperti air terjun Tukad Cepung dan Kanto Lampo. Sama halnya wisata alam yang populer lainnya, air terjun ini juga menyimpan daya tarik tersendiri. Perlu untuk anda ketahui, Wana Ayu termasuk air terjun baru yang ada di Bali Utara. Wisata baru ini juga dikenal dengan sebutan Padang Bulia waterfall. Sebagai wisata baru, kawasan Wana Ayu memang masih asri dan menawarkan suasana yang tenang.

Air terjun dengan ketinggian 35 meter ini memiliki debit air yang besar. Pesona air terjun ini juga didukung dengan kolam penampungan alami yang ada di bawahnya. Kolam ini memiliki kedalaman sekitar pinggang orang dewasa. Aliran air yang menghiasi Wana Ayu itu sendiri berasal dari mata air pegunungan. Tak heran jika airnya terasa segar dan jernih. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam yang indah dan tenang, anda bisa jadikan Wana Ayu sebagai pilihan.

Selain berenang dan bermain air, anda juga bisa hunting foto keren di air terjun Wana Ayu. Hal ini dikarenakan Wana Ayu menawarkan beragam spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang keren. Dijamin hasil jepretan foto anda di Wana Ayu akan terlihat instagrammable. Maka dari itu, anda jangan sampai lupa membawa media fotografi untuk mengabadikan momen liburan anda di air terjun Bali yang cantik ini.

Lokasi

Wana Ayu adalah salah satu air terjun di Bali yang lokasinya tersembunyi. Air terjun ini bisa anda temukan di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, tepatnya di Dusun Runuh Kubu, Desa Padang Bulia. Lokasi Wana Ayu sebenarnya tak berjarak cukup jauh dari pemukiman warga, akan tetapi anda harus melewati jalan setapak dan anak tangga. Untuk bisa sampai di lokasi pun, anda juga harus melewati semak-semak. Oleh karena itu, pastikan anda selalu berhati-hati saat menuju Wana Ayu.

Bagi anda yang suka berpetualang, pastinya akan merasa sangat antusias untuk menuju Wana Ayu. Selama perjalanan pun, anda juga bisa sekaligus hunting foto. Hal ini dikarenakan Wana Ayu menawarkan pesona alam yang memanjakan mata di sepanjang perjalanannya. Meski tak mudah dijangkau dan lokasinya agak tersembunyi, rasa lelah anda akan terbayar sudah setelah sampai di Wana Ayu. Keindahan dan kesegaran wisata alam ini akan membuat siapa saja merasa bersemangat kembali.

Fasilitas

Perihal fasilitas, Wana Ayu belum dilengkapi fasilitas yang memadai. Tak mengherankan karena Wana Ayu memang masih baru. Untuk itu, pastikan anda membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri dari rumah. Bawa juga handuk dan pakaian bersih yang kering. Meski fasilitasnya tak memadai, bukan berarti liburan anda tak menyenangkan. Anda tetap bisa merasakan liburan yang berkesan di Wana Ayu.

Harga Tiket Masuk

Air terjun Wana Ayu bisa anda kunjungi secara gratis. Mengingat Wana Ayu termasuk wisata baru, maka retribusi tiket masuknya masih belum diberlakukan. Meski begitu, anda juga diperkenankan untuk memberikan donasi seikhlasnya untuk nantinya digunakan dalam pengelolaan wisata. Dengan tarif tiket masuk yang masih gratis, pastikan anda menyempatkan diri untuk mengunjungi wisata air terjun yang mengagumkan ini.

Untuk mengunjungi Wana Ayu, anda bisa mendatanginya kapan saja. Hal ini dikarenakan Wana Ayu buka selama 24 jam setiap harinya. Dengan jam operasional yang selalu buka, anda bisa kunjungi Wana Ayu sepuasnya. Anda juga tak perlu ragu mengunjungi Wana Ayu karena takut sudah tutup. Melihat beragam daya tarik yang dimilikinya, pastikan anda menjadikan air terjun Wana Ayu sebagai salah satu pilihan wisata yang perlu dikunjungi bersama keluarga, sahabat maupun pasangan.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi