Berkeliling Kebun Raya Bedugul Dengan Botanical Garden Terluas

Sebagai sebuah pulau yang punya begitu banyak destinasi wisata yang bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi para wisatawan. Pulau Bali memang selalu menghadirkan keindahan alam yang terbaik untuk bisa dinikmati semua orang. Salah satunya adalah keindahan alam yang berada di kebun raya Bedugul Bali ini. Disamping bisa digunakan sebagai tempat berwisata dan juga rekreasi, para wisatawan juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai berbagai macam jenis tumbuhan. Karena kebun raya yang ada di pulau Bali ini menjadi salah satu botanical garden yang paling luas di Indonesia.

Kebun raya Bedugul ini juga sering disebut dengan kebun raya Eka Karya Tabanan. Ini merupakan salah satu hutan lindung yang ada di pulau Bali yang memiliki fungsi yang penting  sebagai paru-paru udara. Memiliki udara yang sejuk dan cocok sekali jika digunakan sebagai tempat piknik untuk keluarga tercinta. Kebun ini luasnya 157,5 hektar di ketinggian 1240 m diatas permukaan laut. Sehingga wajar saja bila objek wisata ini selalu berkabut dan memiliki hawa dingin.

wisatahotelbali.com

Lokasi Kebun Raya Bedugul

Botanical garden yang ada di Bedugul ini berada di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Jika berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai maka jaraknya adalah sekitar 62,6 km atau anda mempunyai waktu sekitar 1 jam 14 menit. Sementara itu anda harus menempuh jarak 40 km dari objek wisata pantai Lovina yang ada di Singaraja Buleleng.

Apa Yang Menarik Dari Kebun Raya Bedugul?

Sebagai salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan untuk menghilangkan stres dan pikiran yang penat dengan pekerjaan yang menumpuk di kota. Maka kebun raya botanical garden Bedugul ini memang menjadi salah satu lokasi yang tepat. Ada beberapa spot menarik yang ada di tempat wisata ini. Seperti kebun mawar, candi bentar, ramayana boulevard, pemandangan danau beratan, rumah kaca kebun kaktus, rumah tradisional Bali. Taman air, taman anggrek, taman begonia dan ada banyak lagi spot menarik yang lainnya.

Di kebun raya ini ada lebih dari 2000 jenis tanaman yang bermacam-macam. Di antaranya adalah tumbuhan langka. Sampai saat ini kebun raya yang ada di Bedugul Bali telah menjadi objek wisata favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Memiliki area yang sangat luas, sehingga para pengunjung yang datang ke tempat ini disarankan untuk memakai kendaraan roda empat. Agar bisa menyusuri setiap lokasi yang ada di kebun raya ini. Bila anda memakai kendaraan roda dua tentunya kendaraan anda harus diparkir di tempat parkir. Tidak memungkinkan bagi anda untuk berkeliling lokasi hanya dengan berjalan kaki. Kecuali bila memang anda hanya ingin berjalan santai sambil menikmati indahnya pepohonan hijau di kawasan kebun raya ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk anda yang ingin menikmati keindahan kebun raya yang ada di Bedugul ini. Maka biaya masuk bagi wisatawan domestik adalah Rp6.000. Sementara untuk wisatawan asing harga tiketnya sebesar Rp17.000. Untuk biaya parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp3.000 dan parkir kendaraan roda empat Rp6.000. Selain itu, anda juga akan dikenakan biaya bila mobil anda masuk ke kawasan kebun raya dengan tarif sebesar Rp11.000. Biaya tiket ini sudah termasuk kontribusi untuk pemda Tabanan dan juga asuransi PT Jasa Raharja Putera.

Tips Berwisata Ke Botanical Garden Bedugul

Ada beberapa tips wisata yang bisa anda lakukan saat ingin berkunjung ke ke kebun raya ini. Karena cuaca yang berada di kawasan Bedugul ini umumnya sulit untuk diprediksi. Maka para pengunjung dianjurkan untuk selalu menyiapkan baju hangat, jas hujan, atau payung sebelum anda berkunjung ke objek wisata kebun raya ini.

Kebun raya Bedugul banyak sekali ditumbuhi dengan berbagai macam jenis tanaman. Sehingga sebagai pengunjung yang baik maka anda dilarang untuk merusak tanaman di tempat ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sebab dengan selalu menjaga kebersihan di tempat wisata maka anda juga akan turut membantu untuk menjaga lingkungan sekitar. Sehingga tempat wisata yang anda kunjungi tetap terjaga kebersihan dan keasrian nya.

Tinggalkan komentar