Blangsinga Waterfall Bali Dengan Pemandian Patih Kebo Iwa

Blangsinga waterfall Bali, mungkin anda pernah mendengar tentang tempat wisata ini. Atau mungkin malah belum pernah mendengarnya sama sekali. Padahal Blangsinga waterfall ini saat ini sedang tengah digandrungi oleh para wisatawan. Tak tanggung-tanggung, ketika masa low season kunjungannya bisa mencapai 200 orang setiap harinya. Bukan hanya menjual keindahan wisata air terjun yang ada di tempat ini. Tetapi Blangsinga terus berinovasi untuk menarik minat kunjungan wisatawan dari dua sisi sungai Petanu.

Saat ini objek wisata Blangsinga Waterfall Bali terus mengalami peningkatan angka kunjungan yang sangat tajam. Karena tempat ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan juga varian objek wisata yang dikombinasi nuansa peninggalan masa sejarah pada peradaban Bali kuno. Apa saja yang membuat tempat wisata ini menarik dan seperti apa peninggalan sejarah yang ada di tempat ini. Jika anda penasaran, mari kita simak lebih jauh mengenai air terjun Blangsinga yang ada di Bali ini.

dtukad-river-club-bali.business.site

Lokasi Blangsinga Waterfall Bali

Jika anda semua masih bingung dan penasaran, sebenarnya dimana lokasi air terjun Blangsinga ini. Blangsinga Waterfall ini tepatnya berada di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali. Ini merupakan sebuah objek wisata tukad atau sungai yang sekarang ini memang sedang digandrungi banyak wisatawan.

Jarak tempuh dari tempat parkir relatif dekat dengan air terjun ini anda hanya perlu menuruni tangga yang berupa batu granit sekitar 100 meter. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini lewat 3 tingkat yang berbeda, yakni tingkat bawah, tengah dan juga atas. Sementara Blangsinga Waterfall merupakan area teratas dari puncak air terjun. Anda bisa melihat seluruh area dari bawah. Area tengah akan menyajikan pemandangan air terjun yang bisa dilihat dari jarak dekat. Sementara di area atas menjadi salah satu area yang paling memanjakan pengunjung. Sebab banyak tersaji spot foto sekaligus juga tempat bersantai.

Daya Tarik Blangsinga Waterfall Bali

Saat sampai di lokasi air terjun ini, ada banyak sekali balancing rocks alias batu yang bertumpuk berjajar yang ada di pinggiran sungai. Ini memberikan kesan unik bagi pemandangan sekitar. Anda juga dapat melihat dan berendam di air suci atau yang disebut dengan holy water. Yang menurut kepercayaan masyarakat di sekitar, air ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Di samping menyajikan keindahan air terjun, objek wisata yang berada di aliran sungai Petanu ini turut menyajikan peninggalan sejarah Bali kuno. Air terjun yang telah menjadi ikon pariwisata ini dulunya ditengarai sebagai tempat pemandian dari Patih Kebo Iwa. Patih Kebo Iwa sendiri adalah panglima militer Bali dalam masa pemerintahan prabu Sri Asta Sura Ratna Bumi Banten dari awal abad ke-14.

Bukan hanya itu saja, di sepanjang aliran sungai yang ada di bagian tebing ini juga memiliki jejak tangan besar yang telah diyakini sebagai jejak tangan dari Patih Kebo Iwa. Ini merupakan saksi bisu dari penyebaran ajaran hindu yang dilakukan oleh Danghyang Nirarta yang juga telah tertera di dinding sungai.

Salah satu diantaranya adalah pura Musen. Memang ada banyak wisatawan yang ingin menapaki peninggalan Bali kuno ini. Sehingga pengelola juga akan terus mengikuti tren dalam mengembangkan tempat wisata ini agar semua wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa puas.

Harga Tiket Masuk

Terkait dengan berapa besar harga tiket masuk agar bisa masuk ke Blangsinga Waterfall ini. Maka harga tiket nya sangat terjangkau. Baik wisatawan mancanegara, lokal maupun wisatawan domestik akan dikenai tiket masuk sebesar Rp10.000. Sementara bagi anak-anak yang masih di bawah usia 7 tahun tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis.

Kedepannya, objek wisata Blangsinga Waterfall Bali ini akan dikembangkan dengan melengkapi berbagai macam fasilitas pendukung yang menjadi daya tarik objek wisata ini. Seperti penyediaan kayak yang bisa digunakan untuk menelusuri peninggalan sejarah dari Bali Kuno ini. Sebab bila memakai perahu karet kondisi dan medannya tentu tidak mendukung. sHal ini karena sepanjang aliran sungai ada banyak sekali bebatuan besar yang menghalangi laju perahu. Selain itu, saat ini juga tengah dikembangkan fasilitas restaurant yang akan semakin melengkapi wisata anda saat berkunjung ke Blangsinga Waterfall ini.

Tinggalkan komentar