Berburu Foto Instagramable di Bukit Putung Karangasem

Saat kita berbicara mengenai keindahan pariwisata yang ada di kabupaten Karangasem, Bali memang tidak pernah ada habisnya untuk ditelusuri keindahannya. Objek wisata yang tersebar mulai dari pusat kota hingga ke pelosok desa. Semuanya menyuguhkan eksotisme alam yang sangat mengagumkan. Salah satu wisata alam yang ada di Karangasem yang sedang hits dan instagramable banget adalah bukit Putung Karangasem.

Jika mendengar sekilas tentang nama bukit Putung Karangasem ini kedengarannya memang agak unik dan aneh di telinga anda. Pasalnya nama bukit Putung memang diberikan karena asal usul tempat ini. Seperti yang diartikan oleh bahasa Bali , kata Putung diambil dari kata putus. Artinya tidak punya keturunan. Legendanya pada zaman dulu, ada warga yang tinggal di tempat ini dan terkena kutukan oleh seorang dukun yang merasa dicurangi. Dukun sakti ini dibunuh para warga karena kekayaan dukun ingin dirampas para warga. Sebelum ajal nya, dukun yang merasa dikhianati telah mengutuk warga bukit agar kelak semua warga laki-laki tewas dan tidak ada satupun dari mereka yang tersisa. Dan habislah keturunan warga yang ada di bukit ini, dengan kata lain Putung.

Lokasi Bukit Putung Karangasem

Jika anda masih penasaran di mana lokasi tepatnya dari bukit Putung ini. Sebenarnya bukit putung ini berada di dataran tinggi Banjar Dinas Putung, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem. Jika anda ingin menuju tempat ini, jarak dari Kota Kabupaten Amlapura adalah sekitar 19 km. Sementara jarak dari Denpasar yaitu sekitar 52 km.

Bukit Putung termasuk kedalam peta wisata Bali Timur. Sementara itu ada juga tempat-tempat wisata terdekat dari desa yang ada di Duda Timur. Yaitu desa Sidemen yang menyuguhkan keindahan sungai Telaga Waja dengan atraksi arung jeram atau rafting. Pemandangan keindahan alam sawah, Pura Besakih dan pemandangan indah dari gunung Agung. Yang menjadi tujuan pendaki bagi mereka yang gemar dengan wisata petualangan.

Daya Tarik Bukit Putung

Lokasi Bukit Putung yang berada di dataran tinggi bisa membuat anda menyaksikan keindahan alam indah dari atas bukit. Ditambah pula dengan alamnya yang sangat sejuk serta udara yang segar yang menjadi ciri khas pegunungan. Pemandangan alam yang hijau bersemi menjadikan pikiran anda yang datang ke bukit putung ini semakin refresh. Dari atas bukit, anda bisa melihat keindahan gugusan bukit hijau dan pemandangan alam laut dari jauh. Anda juga bisa melihat lembah yang bisa menghibur pikiran anda dari berbagai kejenuhan dan hiruk pikuk perkotaan.

Keindahan bukit Putung ini telah berhasil menarik perhatian seorang pelukis yang berkebangsaan Italia, namanya adalah Cristiano. Pelukis ini kemudian menuangkan indahnya bukit Putung di dalam lukisan kanvas. Dan menjadikan bukit ini semakin dikenal sampai ke mancanegara dengan adanya keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di tempat ini juga ada spot foto yang wajib diabadikan, yaitu sebuah gubuk di dekat tepi bukit. Waktu terbaik bagi anda untuk mengabadikan foto yang ada di gubuk ini adalah ketika langit senja atau ketika matahari terbit di pagi hari.

Fasilitas Bukit Putung

Wisata bukit Putung yang telah dibangun sejak tahun 1975 an ini dulu terkenal dan menjadi salah satu ikon pariwisata yang ada di kabupaten Karangasem. Lokasi wisata ini mempunyai area seluas 1 hektar. Selain itu, fasilitas fasilitas pendukung seperti 2 unit bungalow, restoran dan fasilitas pendukung lapangan tenis juga areal parkir semakin melengkapi tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin berkunjung ke bukit Putung maka tiket masuknya cukup murah. Anda hanya perlu membayar Rp10.000 saja untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini. Tempat yang menarik untuk dikunjungi dan dipadukan dengan hijaunya pegunungan dan birunya laut dari kejauhan. Menjadikan objek wisata bukit Putung menjadi sebuah tempat wisata instagramable dan akan dikenal dunia luas.

Bila anda menginginkan pengalaman baru dan bosan bermain di pantai ketika berkunjung ke Bali. Maka indahnya bukit Putung Karangasem ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin mencoba suasana baru saat liburan.

Tinggalkan komentar