Bukit Teletubbies Nusa Penida dan Keindahannya yang Mempesona

Nusa Penida adalah salah satu pulau di Indonesia yang terletak di sebelah tenggara Bali. Pulau ini dipisahkan oleh Selat bandung. Di tempat ini terdapat objek wisata yang banyak ditawarkan. Di daerah Nusa Penida terdapat sebuah bukit unik yang menjadi destinasi wisata. Penduduk setempat memberi nama bukit ini dengan sebutan Bukit Teletubbies Nusa Penida. Nama ini diberikan lantaran terdapat lekukan atau gundukan tanah perbukitan yang persis menyerupai gunung kecil dan pemandangan yang hijau seperti pada film Teletubbies. Bukit Teletubbies Nusa Penida ini diselimuti oleh tanah yang memiliki tebal kurang lebih 50 cm. Sehingga tanah tersebut ditumbuhi rerumputan yang menambah aksen kesejukan apabila mata memandang.

Dilihat dari jarak kejauhan, bukit ini memang seperti rumah boneka Teletubbies yang populer di tahun 2000 an. Sebelum nama bukit Teletubbies disematkan, bukit ini diberi nama Bukit Pohon Gamal, karena terdapat banyak tumbuhan gamal yang biasa dimanfaatkan untuk pakan ternak oleh penduduk setempat. Tempat wisata ini semakin populer, terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang. Apabila anda mengunjungi tempat ini, anda dijamin takjub akan keindahan alam yang terlihat. Rasa lelah akan hilang seketika saat memandang panorama yang satu ini. Di tempat ini banyak pengunjung yang datang melakukan banyak kegiatan wisata mulai dari duduk sembari menikmati keindahan alam dengan beralaskan tanah atau rumput sampai berfoto-foto ria.


Cara Menuju Lokasi Bukit Teletubbies Nusa Penida

Untuk bisa mengunjungi tempat yang indah ini, anda bisa berangkat dari Pelabuhan Padang Bali atau Sanur. Setelah itu, sesampainya di Nusa Penida, anda bisa melanjutkan perjalanan anda dengan menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju perbatasan Desa Tangglad dan Desa Sekartaji, Nusa Penida. Lebih baik anda menggunakan kendaraan roda dua untuk lebih amannya. Jaraknya hanya sekitar 25 km ke Pelabuhan Kapal Desa Kutampi. Bagi pengunjung yang ingin ke tempat ini, dianjurkan berkunjung pada musim penghujan karena rerumputan disana akan semakin terlihat hijau dan menambah keasrian yang sangat menyejukkan hati. Berbeda jika anda datang pada saat musim kemarau, kemungkinan rumput-rumputnya akan mengering dan tanah terlihat gersang.

Foto dengan Latar Belakang Bukit Teletubbies Nusa Penida

Indahnya pemandangan yang disuguhkan tempat ini tampaknya sangat disukai pengunjung untuk berlomba-lomba mengabadikan foto terbaiknya. Banyak para pengunjung khususnya remaja yang berfoto selfi maupun foto bersama rekan atau keluarganya. Ternyata tidak hanya mereka saja, pasangan yang ingin menikah ternyata juga tertarik untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat foto preweddingnya. Memang keindahan di bukit ini  sangat terlihat mempesona, apalagi mereka yang bisa mengatur tata letak objek di balutan mata kamera. Jadi sangat pantas apabila foto prewedding diambil di tempat ini. Di atas gundukan bukit akan terlihat pemandangan rumah penduduk setempat yang nampak kecil jika dilihat dari kejauhan. Disana kita juga dapat menikmati pemandangan lautan Suehan  yang menambah keindahan tempat ini. Lingkungan yang alami mampu membuat diri menjadi lebih tenang dan nyaman. Udaranya yang masih bersih juga mampu menyehatkan tubuh karena pasoka oksigen yang masih banyak.

Harga Tiket untuk Wisata Bukit Teletubbies

Sebelum tempat ini terkenal sebagai tempat wisata, penduduk setempat tidak terlalu memperhatikan banyaknya manfaat dari tempat ini. Mereka hanya menggunakan tempat ini sebagai tempat mencari pakan ternak saja. Tetapi saat ini penduduk telah sadar dan memanfaatkan tempat ini sebagai objek wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga sudah tidak heran lagi apabila saat ini lokasi Bukit sudah banyak dicari para wisatawan. Biasanya para wisatawan yang berkunjung itu setelah mereka mengunjugi Pantai Suehan karena letaknya yang berdekekatan.

Karena masih alami, fasilitas yang disediakan di tempat ini belum terbilang lengkap. pengelola wisata hanya menyediakan area parkir untuk kendaraan roda dua maupun mobil. Untuk mengenai jam berkunjung ke bukit ini, penduduk setempat membuka tempat wisata setiap hari kecuali di hari Raya Nyepi, hari dimana mayoritas penduduk setempat memperingati Tahun Baru Hindu. Harga tiket untuk bisa masuk tempat ini pun terbilang cukup terjangkau, hanya dengan Rp 10.000 anda bisa dengan leluasa menikmati panorama yang mengesankan di Bukit Teletubbies.

Tinggalkan komentar