Wisata Danau Batur, Spot Sunrise Terfavorit di Bali

Bali menyuguhkan berbagai tempat wisata menarik yang banyak dicari wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Adapun salah satu tempat wisata terfavorit di Bali ialah Danau Batur. Danau yang satu ini menampilkan pemandangan yang sangat indah. Tak hanya itu, anda juga akan ditemani dengan hawa udara yang sejuk saat mengunjungi danau cantik ini. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja ulasan lengkap mengenai Danau Batur berikut ini.

Daya Tarik Danau Batur

Saat anda mengunjungi danau yang bernama Batur ini, anda bisa melihat air danau yang berwarna hijau agak kebiru-biruan. Danau ini dilingkupi dengan pegunungan yang indah. Tak mengherankan karena lokasi danau ini masih dalam satu kawasan dengan Gunung Batur. Hawa udara sejuk khas pegunungan pun akan membuat anda merasa nyaman mengunjungi danau ini. Adapun suhu di tempat wisata cantik ini berkisar antara 22 derajat sampai 26 derajat Celcius. Kawasan danau ini sangat pas bagi anda yang ingin istirahat dari hiruk pikuk keramaian kota.

Batur menjadi danau terluas yang ada di Bali. Danau ini memiliki luas 16 kilometer persegi. Danau yang luas ini memiliki kedalaman hingga 65 meter. Lokasi danau ini ada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Mengenai asal muasalnya, danau ini merupakan danau kaldera aktif yang muncul akibat peristiwa letusan Gunung Batur. Saat ini, secara alami kaldera tersebut sudah terisi air dan berubah menjadi danau.

Danau yang satu ini tak hanya cantik, akan tetapi juga unik. Hal ini dikarenakan bentuk danaunya mirip dengan bentuk bulan sabit. Ukurannya sekitar 7 km dengan lebar 2,5 km. Selain itu, warna air danaunya juga bisa berubah-ubah karena kandungan belerang di dalamnya. Dari lokasi danau ini, anda bisa melihat sunrise secara jelas. Keindahan dan keunikan yang dimiliki wisata ini membuat UNESCO menetapkannya sebagai Global Geopark Network.

Aktivitas Wisata

Danau Batur menawarkan berbagai aktivitas seru untuk semua wisatawan yang datang berkunjung. Adapun salah satunya ialah berkeliling menggunakan perahu. Anda bisa lebih menikmati suasana di sekeliling danau dengan menggunakan perahu. Anda bisa sewa perahu yang ada. Tak perlu khawatir, anda nantinya juga akan ditemani warga sekitar. Selain itu, anda juga bisa memancing. Di danau ini terdapat beraneka jenis ikan yang siap anda tangkap.

Kawasan tempat wisata danau ini juga menyajikan sensasi pemandian air panas. Spot wisata pemandian air panas ini bernama Batur Natural Hot Spring atau yang juga dikenal dengan istilah Toya Bungkah. Tak hanya itu, anda juga bisa menikmati berbagai sajian lezat dengan harga murah. Di dekat area danau memang ada banyak restaurant dan rumah makan yang bisa anda sambangi. Untuk penginapan, kawasan danau ini sudah dilengkapi dengan beragam pilihan hotel. Pastikan anda memilih menginap di hotel yang memperlihatkan pemandangan danau secara jelas.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk mengunjungi Danau Batur terbilang murah. Hal ini dikarenakan anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 15.000 saja. Lain halnya jika anda ingin menyewa perahu untuk berkeliling danau, anda perlu membayar Rp. 500.000. Harga sewa perahu tersebut masih bisa ditawar. Dengan kisaran harga tersebut, anda bisa sewa perahu dengan kapasitas 10 orang.

Peta Lokasi

https://www.google.co.id/maps/place/Danau+Batur/@-8.2549961,115.3673728,13z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2dd1f680e7f40cad:0x605760d5a99c0414!8m2!3d-8.258816!4d115.408195

Rute

Danau Batur berlokasi di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, lebih tepatnya di Desa Penelokan Utara. Kawasan wisata danau ini berjarak 65 km dari pusat Kota Denpasar. Selain itu, lokasi danau ini juga masih berada dalam kawasan Desa Penglipuran Bangli. Untuk anda yang ingin menuju lokasi danau cantik di Bangli ini, anda bisa melewati Gianyar. Rute tersebut bisa ditempuh apabila anda mulai perjalanan dari bandara Ngurah Rai Bali.

Lain halnya jika anda memulai perjalanan dari Singaraja, anda bisa langsung menuju danau ini dengan melewati Desa Kubutambahan. Jaraknya hanya sekitar 58 km dan bisa ditempun dengan waktu 1,5 jam saja. Nantinya anda akan melewati medan jalan yang berkelok-kelok. Tanjakan dan turunan juga akan anda hadapi. Untuk itu, pastikan anda selalu berhati-hati selama perjalanan menuju lokasi tempat wisata Danau Batur.

Tinggalkan komentar