Desa Toyapakeh Nusa Penida Desa Wisata Biota Langka Perairan Bali

Kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu Desa Toyapakeh Nusa Penida. Tempat ini memiliki keindahan alam yang masih terjaga. Wisata bahari adalah daya tarik dari tempat ini.

Salah satunya menyelam dengan ikan langka yang hanya dapat dijumpai di bulan Juli hingga November. Jadi pastikan anda berlibur di waktu yang tepat. Jika tidak, anda akan kehilangan momen yang langka ini.

Asal Mula Desa Toyapakeh Nusa Penida

Nama Toyapakeh terdiri kata Toya dan Pakeh. Arti dari Toya yaitu air dan Pakeh memiliki arti asin. Didengar dari sejarahnya, desa ini didirikan oleh pendatang yang ingin bersilaturahmi saat berdirinya kerajaan klungkung.

Sehingga tempat ini didominasi oleh penduduk dari suku Banjarmasin, Jawa, Bali dan Bugis. Sehingga mayoritas penduduknya menganut agama Islam.

Daya Tarik Desa Toyapakeh Nusa Penida

Tempat ini masuk ke dalam lokasi wisata yang strategis. Oleh sebab itu, memiliki penawaran destinasi yang beragam. Banyak poin atau spot yang dapat dinikmati oleh wisatawan asing maupun lokal.

Saat berkunjung ke tempat ini anda akan disuguhi dengan banyak hal yang menakjubkan. Ketahui daya tarik apa saja yang dapat anda nikmati di salah satu wisata Nusa Penida.

Pemandangan Pantai

Tempat wisata yang satu ini memiliki pemandangan pantai yang mempesona. Pantainya tidak kalah menarik dengan pantai lainnya. Di sini anda dapat menikmati hembusan angin untuk melepas lelah dan penat. Pasir putih yang ada di pantai ini mampu membuat anda merasa nyaman. Selain itu, ombak yang ada di pantai cukup tinggi.

Selain bersantai dan berenang anda dapat bersenang-senang dengan voli pantai. Penduduk setempat menyediakan  lapangan di sekitar pantai untuk menarik wisatawan. Di tempat ini, anda akan merasakan kenikmatan berlibur yang sebenarnya.

Candi Buddha Bawah Laut

Melihat candi di dataran sudah hal yang biasa. Namun akan terasa berbeda saat anda berkunjung disini. Di bagian penyelaman Toyapakeh, ada titik yang menjadi daya tarik. Di sini anda akan menemui candi Buddha yang posisinya berada di bawah laut. Di sekitarnya juga terdapat banyak patung. Di candi ini sengaja dijadikan proyek pemeliharaan terumbu karang.

Pertanian Rumput Laut

Sebagian besar penduduk Desa Toyapakeh adalah seorang nelayan. Selain memiliki kegiatan menangkap ikan, warga juga melakukan kegiatan budidaya rumput laut. Pertanian rumput laut ini yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Karena di perkotaan anda tidak bisa menemukan hal ini bukan?

Biota Laut Khas Perairan Bali

Laut Toyapakeh merupakan lokasi penyelaman yang memiliki biota laut yang unik dan khas. Selain banyaknya macam terumbu karang yang dapat anda jumpai, tempat ini juga khas dengan jenis ikan yang langka. Seperti ikan blue trigger, ikan giant travelly dan ikan mola-mola. Ikan mola-mola termasuk ikan yang sangat langka.

Anda hanya dapat menemuinya antara bulan Juli sampai November. Sehingga banyak penyelam yang datang di bulan tersebut hanya untuk mengabadikan fotonya. Sebagai penyelam profesional akan merasa kurang jika belum menyelam bersama ikan jenis perairan Bali yang satu ini.

Lokasi Menuju Desa Toyapakeh Nusa Penida

Tempat wisata Nusa Penida yang satu ini terletak di pantai barat Pulau Nusa Penida. Tepatnya di selat Badung yang membelah Pulau Nusa Penida dan Bali. Tempat ini berdekatan dengan Pulau Nusa Ceningan yang terpisah oleh laut. Saat anda ingin berkunjung ke tempat ini gunakan transportasi laut.

Jika anda menggunakan speed boat hanya membutuhkan waktu kira-kira 30 menit saja. Jika menggunakan speed boat terlalu mahal, anda dapat gunakan kapal ferry yang relatif murah. Kapal pesiar Quicksilver Cruise juga dapat anda gunakan untuk pergi ke sini dengan budget Rp 400.000.

Tiket Masuk dan Fasilitas Desa Toyapakeh Nusa Penida

Ketika anda berlibur di tempat ini anda tidak akan dipungut biaya. Masuk ke tempat wisata ini gratis seperti anda berlibur ke pantai lainnya. Meski demikian fasilitas yang tersedia disini perlu anda bayar sendiri. Misalnya makanan hingga penginapan atau hotel.

Bagi anda yang menginginkan souvenir untuk oleh-oleh juga tersedia toko souvenir. Berlibur di Desa Toyapakeh Nusa Penida akan terasa berbeda.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi