7 Desa Wisata di Bali yang Eksotisnya Tiada Dua

Tripbaligo – Pulau Bali memang terkenal akan keindahan destinasi wisatanya. Tidak heran, jika hampir semua tempat di sana dapat dijadikan objek rekreasi bagi wisatawan lokal maupun internasional. Begitu pula dengan desa wisata di Bali yang telah mendunia. Mau tau apa saja? Mari ikuti penjelasan Berikut.

Desa Wisata di Bali

Berikut ini akan dirangkum tentang 7 desa wisata di Bali yang pastinya akan membuat Kamu tidak sabar ingin segera mengunjunginya. Destinasi tersebut tentunya dapat memanjakan mata para wisatawan. Yaitu:

Desa Ubud Bali

Desa Wisata di Bali

Daya tarik dari desa wisata ini adalah pemandanganya yang sangat indah dan masih alami asli ciptaan Tuhan, sehingga sangat digemari oleh wisatawan. Di samping itu, letaknya yang memiliki banyak tempat wisata juga menjadi keuntungan tersendiri bagi penduduknya.

Desa Ubud juga menjadi pusat kesenian di Bali yang disukai oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Kesenian tersebut antara lain seni ukir, tari, patung, lukis, anyam, teater dan masih banyak yang lain. Sehingga, desa ini memiliki predikat sebagai desa wisata bertaraf internasional.

Desa Penglipuran Bali

Desa Wisata di Bali

Desa Penglipuran memiliki luas lahan kira-kira sebesar 112 hektar. Dari lahan tersebut, hanya 9 hektar saja yang digunakan sebagai pemukiman penduduk dan sisanya adalah perkebunan milik warga di sekitar. Desa ini sangat populer di Bali, karena kekayaan budayanya masih sangat lestari.

Yang menjadi daya tarik dari desa ini adalah uniknya rumah-rumah penduduk yang masih menggunakan bahan bangunan alami seperti kayu, bambu dan daun sebagai atap. Juga, kebersihan di sana sangat diperhatikan. Maka tidak heran jika suasananya sangat nyaman dan indah.

Desa Batubulan Bali

Desa Wisata di Bali

Desa ini hampir tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan untuk menonton pertujukan tari tradisional khas Bali. Biasanya pertunjukan yang ditampilkan adalah tari seperti barong, legong dan kecak. Maka dari itu, desa ini selalu ramai.

Di samping hal tersebut, banyaknya kerajinan seni yang ada membuatnya semakin diincar para wisatawan untuk berburu oleh-oleh khas Bali. Misalnya, gantungan kunci, seni patung, ukiran dan lukisan.

Terletak di Kecamatan Petang Kabupaten Badung Provinsi Bali terkenal akan agrowisatanya yakni Bagus Agro Pelaga berada di Gunung Catur Puncak Mangu. Selain itu, juga masyhur akan keindahan alam yang masih natural.

Suasana sejuk dan dingin akan membuat wisatawan betah berlama-lama di sana untuk menikmati pemandangan sekitar. Di desa ini juga terdapat banyak tanaman yang bisa dilihat. Selain itu, ada banyak kegiatan dan penginapan bisa disewa untuk Kamu sekeluarga.

Desa Pinggan Bali

Desa Wisata di Bali

Desa ini berlokasi di dekat Gunung dan Danau Batur Bali. Udara di sana sangat segar dan sejuk, sehingga cocok untuk refreshing. Tidak heran jika semua wisatawan betah untuk berlama-lama di sana.

Salah satu objek wisatanya yakni Danau Batur sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai taman bumi atau global geopark nertwork. Jika Kamu suka wisata alam di pedesaan, desa ini bisa dijadikan alternatif liburan yang mengesankan sekaligus menjadi spot foto terbaik dan menarik.

Desa Jatiluwih Bali

Desa Wisata di Bali

Desa wisata di Bali berikutnya adalah Desa Jatiluwih. Lokasinya sangat sejuk dan segar, sehingga menyejukkan mata serta pikiran. Desa wisata ini cocok bagi wisatawan dari perkotaan. Selain itu, wisata ini bahkan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Baca juga :

Suasana Desa Jatiluwih akan memanjakan mata. Di sana menyuguhkan pemandangan sungai, sawah dan juga rumah pedesaan sangat sederhana. Selain itu, pemandangan khas pedesaan semakin tergambar dengan aktivitas para petani yang ada di desa tersebut.

Desa Kertalangu Bali

Desa Wisata di Bali

Desa budaya Kertalangu adalah salah satu destinasi wisata di Bali dengan taraf internasional. Desa ini memiliki budaya serta warisan adat istiadat yang masih terjaga. Bahkan, saat ini sering dikunjungi sebagai objek wisata yang sangat cocok untuk edukasi anak-anak.

Lokasinya berada di Ngurah Rai Denpasar Bali. Letaknya tidak jauh dari pusat kota, membuat desa ini semakin populer dan dikunjungi banyak wisatawan. Selain itu, memiliki luas lahan kurang lebih 80 hektar. Daya tariknya adalah perkebunan dan persawahan yang masih sangat hijau.

Desa Tenganan Bali

Desa Wisata di Bali

Desa wisata di Bali yang terakhir adalah Desa Tenganan. Ini adalah salah satu dari tiga desa di Bali yang masuk ke dalam susunan Bali Aga, dengan menerapkan konsep desa tradisional dan masih terjaga dari dahulu hingga saat ini.

Selain itu, Desa Tenganan juga masih menerapkan sistem tradisional dalam transaksi jual beli mereka. Di antaranya sistem tukar menukar barang atau barter. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri, sehingga wisatawan mancanegara ingin melihatnya.

Demikianlah pembahasan tentang desa wisata di Bali yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bagi Kamu sekalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk berkembang menjadi desa wisata.

Tinggalkan komentar