Aktivitas Wisata dan Harga Tiket Masuk Gunung Batur Bali

Gunung Batur adalah salah satu destinasi wisata terpopuler yang ada di Pulau Dewata Bali. Bahkan tempat wisata yang satu ini juga termasuk salah satu ikon Bali. Untuk itu, pastikan anda mengunjungi gunung ini saat berada di Bali. Liburan anda ke gunung paling hits di Bali ini akan terasa lebih menyenangkan dan terencana apabila anda menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pesona Gunung Batur

Gunung Batur adalah gunung berapi aktif yang bisa anda temukan di daerah Kintamani. Jika ditinjau dari cerita yang ada di dalam Lontar Susana Bali, gunung ini konon adalah puncak Gunung Mahameru. Dimana Gunung Mahameru adalah gunung suci yang dipercaya dalam kosmologi agama Hindu Budha. Gunung ini diceritakan dipindah oleh Batara Pasupati sebagai istana Dewi Danu.

Mengingat Batur termasuk gunung berapi, gunung ini sudah meletus berkali-kali. Letusan Batur yang paling dahsyat terjadi di tahun 1926. Kala itu, letusan Batur menghancurkan Pura Ulun Danu Batur dan Desa Batur. Walau demikian, gunung ini tak kehilangan pesonanya. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya wisatawan yang datang mengunjunginya.

Perlu untuk anda ketahui, tempat wisata gunung ini memiliki ketinggian mencapai 1.717 meter. Menariknya, di tengah-tengah jalan menuju puncak gunungnya, anda akan menemukan danau cantik yang bernama Danau Batur. Tak hanya cantik, danau ini juga unik. Hal ini dikarenakan Danau Batur memiliki air yang warnanya bisa berubah-ubah. Perubahan warna air danaunya ini berkat kandungan belerang yang tersimpan di dasarnya.

Aktivitas Wisata

Tak hanya menyajikan keindahan alam, tempat wisata Batur juga menawarkan berbagai kegiatan seru, salah satunya camping. Anda bisa mendirikan tenda tepat di puncak gunung. Namun, perlu untuk anda ketahui bahwa cuaca di siang harinya sangatlah panas karena tak ada pohon sama sekali. Selain itu, cuaca di malam harinya juga sangat dingin dan bahkan diterpa angin yang berhembus cukup kencang.

Adapun aktivitas lainnya yang bisa anda lakukan di gunung ini ialah melihat panorama sunrise. Anda bisa melihat matahari terbit sembari menyeduh minuman hangat. Anda benar-benar akan dimanjakan di gunung ini. Selain itu, anda juga bisa bersepeda downhill. Aktivitas yang satu ini sangat cocok untuk anda yang suka menantang adrenalin. Anda bisa mengayuh sepeda menuruni gunung. Terlebih lagi, ada banyak jalur trek downhill yang bisa anda pilih.

Lebih lanjut, anda juga bisa mencoba sensasi berendam dengan menggunakan air hangat. Hal ini dikarenakan gunung ini memiliki sumber air panas di lerengnya. Rasa lelah selama perjalanan bisa seketika hilang dengan berendam. Untuk itu, anda jangan lewatkan aktivitas ini. Semua aktivitas di tempat wisata hits ini pastikan anda abadikan. Anda jangan sampai lupa untuk berfoto selfie ataupun hunting foto.

Anda tak hanya akan dihadapkan dengan keindahan alam yang memukau saja, melainkan juga berbagai spot foto menarik lainnya. Bahkan anda juga bisa jadikan para petani yang bercocok tanam sebagai subyek fotografi. Selain itu, anda juga bisa mengambil foto orang yang tengah mendayung di Danau Batur, memotret wisatawan lain yang tengah menikmati sunrise, dan masih banyak lainnya. Dijamin hasil jepretan foto anda akan terlihat keren.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk memasuki kawasan tempat wisata Gunung Batur hanya Rp. 15.000 saja. Sementara jika anda ingin menggunakan jasa porter, anda perlu membayar Rp. 250.000. Setelah anda puas mengunjungi gunung ini, anda bisa menjelajahi tempat wisata yang lokasinya berdekatan. Sebut saja tempat wisata Desa Trunyan dan Gunung Abang.

Peta Lokasi

https://www.google.co.id/maps/place/Gn.+Batur/@-8.2401297,115.3687396,15z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2dd1f403c8e8ee3f:0xd38045afa18670b4!8m2!3d-8.2401299!4d115.3774944

Rute

Tempat wisata Gunung Batur beralamat di Kabupaten Bangli, Bali, tepatnya di Batur, Kecamatan Kintamani. Apabila anda naik transportasi umum, anda menggunakan bus dari Denpasar ke Singaraja. Lalu pindah bus yang rutenya Singaraja ke Batu Bulan. Supaya bisa tiba di Desa Toya Bungkah, anda perlu memanfaatkan jasa ojek dengan melalui jalan aspal sepanjang perjalanan. Gunung ini berjarak sekitar 60 km ke utara dari Denpasar. Dengan jarak tersebut, anda nantinya akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam jika menggunakan kendaraan pribadi.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi