Nusa Penida merupakan tempat yang menyediakan berbagai destinasi wisata menakjubkan. Jika di Bali terdapat Bukit Uluwatu, maka di Nusa Penida terdapat Tebing Banah yang sangat eksotis. Mengapa dikatakan eksotis?

Bukit Banah atau biasanya yang disebut dengan Pantai Banah sebenarnya tidak memiliki pantai, melainkan sebuah tebing yang menjulang tinggi dengan pemandangan laut yang begitu eksotis dan mengagumkan.

Itulah mengapa banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto instagramble. Keunikan dari Bukit Banah ini adalah sebuah lubang yang trerletak di bagian bawahnya sehingga membuat tebing ini semakin cantik.

Keistimewaan-Tebing-Banah-Sebagai-Spot-Foto-Instagramable (1)

Keistimewaan Tebing Banah Nusa Penida

Tebing Banah merupakan batu kapur yang terletak di atas permukaan laut dengan ketinggian mencapai 200 meter. Jika diperhatikan dengan seksama, maka tempat wisata ini tidak memiliki pantai sama sekali.

Hal ini dikarenakan tebing-tebing yang menjulang tinggi menggelilingi kawasan ini dan berbatasan langsung dengan lautan.

Namun tempat wisata ini tetap dinamakan Pantai Banah. Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang begitu menakjubkan dari atas tebing.

Lalu apa keistimewaan dari Tebing Banah ini? Beberapa keistimewaan yang dihadirkan oleh tempat ini adalah pemandangan yang sangat elok dan cantik. Pemandangan ini merupakan perpaduan dari tebing bukit dan hamparan laut yang sangat luas.

Tebing bukit yang berukuran kecil dengan lubang di bawahnya sering disebut dengan Tebing Banah. Tebing ini terletak di atas permukaan air laut yang biru. Pemandangan ini tampak lebih ikonik dan dapat dijadikan sebagai spot foto.

Pemandangan yang bersifat alami ini memberikan kesan asri dan juga menyejukkan. Dijamin anda tidak akan kecewa jika mengunjungi tempat wisata ini.

Keistimewaan lainnya dari tempat ini adalah bisa dijadikan sebagai spot diving atau menyelam. Para wisatawan bisa melakukan diving di tempat ini. Terkadang ikan pari Manta muncul di dekat tebing.

Tidak hanya keindahan di atas permukaan laut saja yang menjadi daya tarik para wisatawan, tetapi keindahan bawah laut juga mengagumkan. Apabila anda berminat untuk melakukan diving, maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan terumbu karang yang begitu cantik.

Tidak heran jika banyak orang yang ingin mengunjungi tempat ini. Kombinasi hamparan laut biru ditambah dengan tebing ikonik membuat pemandangannya sangat mengesankan.

Tempat wisata yang terletak di sebelah Selatan Pulau Nusa Penida ini memiliki keistimewaan lainnya yaitu pemandangan sunrise dan sunset. Anda bisa menikmati sunrise yang berada di ufuk timur.

Pemandangan ini sangat cocok untuk diabadikan sehingga perlu dipotret. Kemudian pada waktu sore, anda bisa menikmati sunset di ujung barat. Semburat merah senja yang berada di sebelah barat akan terpantul oleh air laut. Pemandangan tersebut tentunya sangat menarik dan begitu eksotis.

Berwisata ke Pantai Banah merupakan pilihan yang tepat bagi para pecinta alam. Anda bisa menguji keberanian dengan melewati tebing-tebing curam dan terjal. Apabila anda seseorang yang gemar fotografi, maka pemandangan di Tebing Banah merupakan objek yang tepat.

Letak Tebing Banah Nusa Penida

Mengenai lokasinya, letak destinasi wisata ini berada di wilayah Banjar Salak, Desa Batumedeng, Kecamatan Nusa Penida, Kecamatan Klungkung, Bali. Letak pantai ini juga berdekatan dengan tempat wisata lainnya, seperti Mata Air Tembeling.

Jalur Menuju Tebing Banah Nusa Penida

Setelah mengetahui lokasi Pantai Banah, maka anda bisa mengunjunginya tanpa tersesat. Sebelumnya anda harus naik Fast Boat dari Pantai Sanur menuju ke Nusa Penida. Kemudian menuju Pelabuhan Toyo Pakeh. Dari Pelabuhan Toyo Pakeh ini, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Banah. Perjalanan menuju Pantai Banah tidak semudah yang dibayangkan.

Dari Toyo Pakeh kurang lebih 100 meter, anda akan melalui tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem. Kurang lebih setelah 1 kilometer, maka anda akan melalui jalanan yang berlubang dan agak rusak. Jalan yang anda lalui merupakan tantangan yang haris dihadapi. Oleh karena itu, anda perlu berhati-hati ketika melewati jalur ini.

Jalur menuju tempat wisata Banah memang tidak mudah dan cukup melelahkan. Namun semua itu akan terbayarkan jika anda sudah berada di atas Tebing Banah. Rasa lelah anda akan tergantikan dengan kesejukan dan pemandangan alami lautan biru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *