Daftar Tarian Bali – Tarian Bali Salah Satu Kesenian Dari Bali

Siapa yang tidak mengenal pulau dewata yang digadang-gadang merupakan Meksikonya Indonesia. Taukah bahwa selain suguhan panorama alam, kesenian dari bali juga memiliki daya hipnotis yang cukup kuat di Indonesia hingga di dunia internasional.

Kesenian dari Bali memang tidak sekedar tarian tradisional khas yang dimiliki Pulau Dewata, namun energi historisnya juga memiliki nilai yang tinggi, yang mampu memberi daya magnet wisatawan asing maupun lokal.

3 Makna Tarian Dalam Kesenian Bali

Pada hakikatnya tarian di Pulau Dewata selain merupakan Kesenian dari bali yang memiliki makna yang berbeda  yaitu

  • Tari Wali yaitu kelompok tarian yang bermakna Sakral atau bagian dari ritual Upacara keagamaan.
  • Tari Bebali tarian yang memiliki makna sebagai tarian pengiring dalam acara keagamaan
  • Balih Balihan tarian yang memiliki makna sebagai tarian murni atau sebagai hiburan.

Daftar  Khas Tarian Tradisional Bali

Macam ragam kesenian dari bali, namun kesenian yang akan dibahas kali ini adalah kesenian tarian bali yang sangat terkenal dalam dunia wisata. Diantaranya ada 9 tarian yang cukup melegenda dan menjadi sumber ikon Pulau Dewata ini. Untuk lebih jelas daftar tarian tersebut dapat dilihat dibawah ini :

1. Tari Trunaya

Tarian yang mengandung arti pemuda ini memiliki arti tentang seorang pemuda atau laki-laki yang hendak ingin mencari perhatian seorang wanita atau memikatnya. Makna tersirat dari gerakan tari yang sangat maskulin dan sangat bernilai seni.

2. Tari Barong

Kesenian dari bali yang satu ini merupakan  tarian bali yang memerankan sosok tokoh. Tari barong tarian yang satu ini menceritakan tentang kebajikan dan kejahatan yang diperankan dengan ikon Barong dan Rangda.

3. Tari Legong

Dan untuk makna dari tari legong adalah gerakan lemah gemulai. Kesenian dari bali yang satu ini penarinya menggunakan kipas dan khasnya tarian ini diiringi gamelan tradisional Khas Bali yang dikenal dengan Semar Pegulingan.

4. Tari Kecak

Tari Kecak adalah Kesenian dari bali, yang sangat populer dikalangan wisatawan  domestik maupun lokal. Karena mahsyurnya tarian ini menjadi ikon paling sering di tampilkan. Jika menyaksikan tarian ini di Bali seluruh mata akan terkagum melihat sorot mata dan suara yang bergerak sesuai arah mata yang terbelalak.

5. Tari Pendet

Penyambutan atas turunnya para dewa ke dunia adalah makna dari tarian pendet ini. Kesenian dari bali yang satu ini menjadi tarian penyambut dalam acara resmi di daerah maupun acara resmi kenegaraan.

6. Tari Baris

Dan kalau tarian yang satu ini merupakan  tarian  yang memiliki arti ritualitas dan bernilai keramat pada masyarakat di bali yang mayoritas menganut agama Hindu.

7. Tari Panji Semirang

Para penari di tarian ini menunjukkan amarah namun tetap diiringi senyum dengan mata yang galak dan terbuka lebar. Kesenian dari bali ini menceritakan pengembaraan Raden Panji.

9. Tari Puspanjali

Puspanjali memiliki arti Menghormati bagai bunga. Makanya jangan heran mengapa wisatawan selalu disematkan bunga di telinganya. Kesenian dari bali ini  menunjukkan penghormatan bagi siapa saja pengunjung di Pulau Dewata.

9. Tari Margapati

Dan Kesenian dari bali yang ke 9 ini memiliki arti jalan kematian. Sebagaimana artinya tarian ini menunjukkan gerak tarian layaknya pemangsa yang siap menerkam

Tarian Bali Sebagai Salah Satu Kesenian Eksotisme di Pulau Dewata

Beberapa tarian bali diatas adalah salah satu kebudayaan di Bali. Kesenian dari bali merupakan kebudayaan Bali yang di kemas dalam tari tarian yang kontras dengan decakan musik yang menyatu dengan iringan penari yang menyiratkan nilai magic tersendiri. Oleh sebab itu tari tarian yang berasal dari bali selalu menarik untuk dinikmati.

Popularitas deretan tarian tarian Bali merupakan kultur budaya yang bernilai tinggi. Eksotisme tarian ini menjadi pilihan teratas sebagai salah satu destinasi hiburan yang paling banyak ingin dikunjungi. Eksotisme bukan saja karena nilai yang terkandung namun pagelaran tarian di bali memberi warna tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Panggung Panggung Pertunjukan Tarian di Bali

Untuk bisa langsung menikmati nuansa magic tarian tarian di Bali, langsung dapat dinikmati dengan mengunjungi Wisata di Pulau Dewata tersebut. Tarian akan terlihat lebih nyata dan biarkan mata menikmati kekaguman akan Kesenian dari bali ini. Namun perlu diketahui panggung panggung yang memang akan mempertunjukkan tarian tarian yang sangat menarik di bali ini adapun panggung panggung tersebut adalah :

1. Uluwatu

Di panggung ini pertunjukan tari kecak adalah lokasi yang paling di dominasi wisata asing.  Nilai histori tari kecak di Panggung Uluwatu ini akan diiringi dengan pemandangan sunset sebagai background stage pertunjukan menjadikan tarian kecak memang memiliki nilai budaya kesenian yang sangat tinggi.

2. Tanah Lot

Dan untuk di menikmati tarian bali di Lokasi ini pengunjung akan menyaksikan pagelaran tarian diatas batu karang besar dan view air laut yang pasang. Ekspektasinya seperti berada di tengah laut. Menyaksikan kesenian dari bali di space ini akan sangat mengagumkan.

3. Batu Bulan

Pesona tarian di lokasi ini sangat strategi dan dapat diakses oleh pengendara mobil maupun motor. Pagelaran panggung akan di penuhi dengan paparan seni pahat patung yang bercitarasa bali banget.

4. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Lokasi pertunjukan tari bali di tempat ini adalah yang paling banyak dikunjungi hal ini disebabkan karena lokasinya yang berdekatan dengan Bandara udara Ngurah Rai. Jika pengunjung melalak sampai ke space ini pasti akan menyaksikan keunikan patung garuda Wisnu Kencana yang sangat melegenda.

 

Tinggalkan komentar