Keunikan Pura Goa Giri Putri di Nusa Penida yang Tak Boleh Dilewatkan

Unik dan penuh kejutan, itulah kata-kata yang tepat untuk pulau Dewata yang mempesona dengan berbagai macam kecantikannya. Salah satunya berada di Nusa Penida. Keindahan Nusa Penida memang tidak diragukan lagi, di sini ada berbagai macam destinasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Pura Goa Giri Putri yang menyimpan keunikan tersendiri di dalamnya.

Lokasi Pura Goa Giri Putri berada di ketinggian 150 m di atas permukaan laut dan panjangnya sekitar 262 meter.  Pintu masuk gua ini hanya selebar 80 cm saja. Penasaran seperti apa keunikan dan keindahan dari pura ini?

Sejarah Pura Goa Giri Putri

Pura ini diprediksi ada sejak zaman neolitikum. Di zaman ini manusia hidup tanpa norma, perasaan dan juga peraturan. Mereka hidup sebagai ancaman untuk manusia lain. Pada masa ini hukum rimba berlaku, siapa yang lebih kuat dialah yang bertahan di dunia ini.

Agar bisa menyelamatkan nyawa dan juga berkeluarga, maka gua ini dipakai sebagai salah satu tempat berlindung. Kemudian saat zaman sudah berubah dan semakin besar dan luas, goa ini dipakai sebagai tempat meditasi dan juga sebagai fungsi spiritual. Goa ini baru ditemukan tahun 1990 dan ketika ditemukan sampai sekarang, pura ini dibuka untuk umum.

Nama Giri Putri diberikan pada goa terbesar yang ada di Nusa Penida ini berdasarkan dari beberapa alasan. Kata Giri artinya bukit dan Putri artinya wanita. Kata ini diberikan berkaitan dengan hasil sebagai pemujaan dewa siwa yang memanifestasikan dewi yang mempunyai sifat melindungi, merawat, serta mencintai manusia.

Daya Tarik Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Saat liburan ke Bali, pura dan berbagai macam sarana peribadatan bisa dengan mudah anda temui salah satunya adalah Goa Giri Putri ini. Di dalam goa anda bisa menemukan saluran air, stalagtit, stalagmit, kelelawar dan juga ular. Di dalam goa ini ada 4 area utama yang dipakai sebagai area persembahyangan.

Disamping itu, air yang ada di dalam goa juga dipakai sebagai air suci dan digunakan untuk upacara. Untuk bisa masuk ke dalam goa, masuk lewat jalur yang kecil. Jalurnya hanya sebesar 80 cm, bahkan orang dewasa sepertinya tidak akan mampu masuk kedalam. Tetapi itu hanya kelihatannya saja. Faktanya saat anda mencoba masuk anda bisa hambatan yang berarti.

Jika anda sudah melewati jalan masuk yang sempit, anda juga harus melalui puluhan anak tangga agar bisa sampai ke tempat persembahyangan utama. Anak tangga tersebut dihiasi dengan patung dua naga yang ada pada dinding tangga yang memberikan kesan megah. Permukaan anak tangga licin jadi mengharuskan para pengunjung agar berhati-hati.

Bila anda datang saat hari raya umat Hindu. Maka anda bisa melihat dengan langsung seperti apa apa upacara Kuningan dan Galungan yang dilaksanakan di dalam pura ini.

Di dalam pura ini terdapat sumber mata air alami yang bisa dipercaya untuk menyembuhkan penyakit. Disamping sebagai tempat beribadah, tirta Pengelukatan atau mata air alami dalam goa ini sering dibawa pulang untuk menyembuhkan orang yang sedang sakit. Caranya dengan melakukan melukat. Ini adalah tradisi pembersihan pikiran dan juga jiwa secara spiritual yang sudah dilakukan turun-temurun oleh umat Hindu.

Fasilitas yang Ada

Pura ini belum mempunyai fasilitas lengkap bahkan ketika masuk ke dalam goa mungkin akan merasa panas dan pengap untuk minum anda bisa ambil dari mata air dekat goa sementara untuk bekal lainnya anda bisa membawanya sendiri dari rumah.

Lokasi Pura Goa Giri Putri

Bila anda ingin tahu dimana letak pura di Nusa Penida ini, tepatnya berada di dusun Karangsar. Desa Pakraman Suana, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Jalan untuk menuju goa sebenarnya cukup landai, tetapi anda harus berhati-hati karena saat turun hujan jalanan nya akan becek dan juga licin.

Tiket Masuk Goa

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pura Goa Giri Putri, saat ingin masuk ke dalam goa anda tidak akan dikenakan tiket masuk. Tetapi anda harus memakai kain. Bila anda tidak membawa kain, anda bisa menyewa kain di tempat parkir dengan harga Rp10.000 per kain.

Tinggalkan komentar