Menelusuri Keunikan Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Saat anda berkunjung ke pulau Bali anda tidak harus selalu berenang di pantai. Anda juga bisa melakukan wisata religi dengan mengunjungi pura suci yang ada di Bali. Pulau Dewata Bali memang dikenal dengan sebutan pulau seribu pura. Ada begitu banyak pura unik yang dapat dijumpai di sini. Salah satunya adalah pura Goa Giri Putri Nusa Penida. Keunikan yang dimiliki dari pura ini adalah lokasi pura yang menarik. Alih-alih dibangun seperti pura yang lain pura ini berlokasi di dalam goa.

Gua-gua yang ada di Bali banyak dipakai sebagai tempat sembahyang dan juga lokasi untuk ritual keagamaan. Begitu pula dengan pura Goa Giri Putri Nusa Penida yang di dalamnya terdapat sebuah pura suci. Ini adalah salah satu gua yang terbesar di wilayah Nusa Penida.

Daya Tarik Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Goa Giri Putri berada di ketinggian 150 m diatas permukaan laut dan memiliki panjang 310 m. Hingga saat ini, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Disamping kunjungan dari para umat yang ingin melakukan sembahyang. Para wisatawan yang datang baik wisatawan domestik dan juga wisatawan mancanegara ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ritual keagamaan yang dilakukan. Dan juga suasana sakral yang ada di dalam gua.

Nama Goa Giri Putri berasal dari kata giri artinya bukit atau gunung. Sementara kata putri artinya wanita. Di dalam agama Hindu, goa Giri Putri merupakan bentuk simbolis kekuatan dewa. Sebab gua suci ini adalah tempat pemujaan Siwa yang merupakan manifestasi dewi yang sifatnya melindungi, merawat dan mencintai manusia. Dengan demikian, nama Giri Putri disematkan sebagai nama gua ini.

Disamping sebagai tempat sembahyang, umat Hindu juga mempercayai bahwa air yang mengalir dari sumber mata air yang terdapat di dalam pura ini memiliki kekuatan alami. Mereka percaya air itu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena lokasi gua ini suci dan sakral, maka bagi wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan memasuki area gowa. Pengunjung juga harus mengenakan selendang dan sarung saat masuk ke dalam goa, serta menjaga tingkah laku dan ucapan mereka.

Di dalam goa ini terlihat stalaktit dan juga stalakmit yang menghiasi semua ruangan di dalam gua. Sehingga hal ini menambah kesan yang indah dan sangat luar biasa. Di dalamnya sudah ada penerangan lampu kecil di beberapa lokasi. Tetapi masih ada beberapa tempat gelap, sebab tempat ini dipakai sebagai tempat untuk meditasi.

Di ujung goa ada kursi panjang yang terbuat dari batu dengan berbagai macam patung dewa di hadapannya sebagai salah satu tempat pemujaan. Biasanya upacara keagamaan dilakukan di sini. Setelah anda berjalan 100 meter, terlihat pintu keluar goa yang lebar dan tidak sempit seperti pada pintu masuk.

Lokasi dan Rute Goa Giri Putri

Lokasi dari Pura Goa Giri Putri ini tepatnya berada di dusun Karangsari, Desa Pakraman Suana, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Jalan untuk menuju goa ini cukup landai tetapi anda harus berhati-hati karena saat turun hujan jalanan bisa menjadi becek dan sangat licin. Pura ini berada kurang lebih sekitar 7 km ke arah timur pelabuhan Buyuk, Nusa Penida. Atau sekitar 10 hingga 15 menit jika anda berkendara memakai mobil. Saat anda tiba di Nusa Penida dengan menggunakan fast boat tentu anda akan bersandar di pelabuhan Buyuk. Sehingga saran kami anda kunjungi pura ini terlebih dahulu, sebab lokasinya sangat dekat dengan pelabuhan.

Harga Tiket Masuk

Bagi para pengunjung yang datang ke Pura Goa Giri Putri ini anda tidak akan dimintai tiket masuk. Tetapi anda diminta untuk mengisi buku tamu dan disampingnya terdapat kotak donasi. Jika anda ingin masuk ke pura ini, maka anda harus menggunakan kain. Jika anda tidak membawa kain, maka anda bisa menyewa di area tempat parkir dengan harga Rp10.000.

Tips terbaik untuk berkunjung ke Pura Goa Giri Putri Nusa Penida ini adalah jangan datang ketika hari besar keagamaan. Sebaiknya sebelum berkunjung ke tempat ini anda bertanya dulu kepada teman atau tour guide dan sopir yang anda pesan. Sebaiknya anda gunakan alas kaki yang nyaman dan aman saat masuk goa.

Tinggalkan komentar