Nusa Penida merupakan pulau yang wajib anda kunjungi ketika berwisata ke Bali. Banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Pulau Nusa Penida. Banyak keindahan alam yang tersembunyi dibalik pesona Nusa Penida. Tidak terkecuali Pantai Tembeling, kolam renang alami, dan hutan.

Pantai Tembeling ini tidak sebesar pantai lainnya yang ada di Nusa Penida. Namun panorama yang disediakan juga tidak kalah menarik dan cantik. Mata air Tembeling ini letaknya memang agak tersembunyi. Lalu mengapa disebut dengan pantai? Hal ini dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan laut dan memiliki hamparan pasir yang tidak terlalu luas.

kintamani.id

Keindahan Pantai Tembeling, Kolam Renang Alami, dan Hutan

Mata air Tembeling ini tidak seperti pantai yang lainnya. Biasanya pantai yang ada di Nusa Penida dikelilingi dengan gugusan karang atau jajaran tebing yang curam. Berbeda halnya dengan Pantai Tembeling yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang nan hijau.

Sejarah dari Pantai Tembeling ini adalah konon ada seorang ibu hamil yang kehilangan ternaknya. Kemudian si ibu hamil mencari ternaknya hingga masuk ke hutan tersebut. Lalu ia menemukan mata air yang sangat jernih.

Mengapa dinamakan Tembeling? Hal ini dikarenakan ibu hamil biasa disebut dengan beling, sehingga mata air tersebut dinamakan Tembeling atau Temeling.

Pantai Tembeling menjadi salah daya tarik dari Pulau Nusa Penida. Meskipun belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan destinasi ini, namun mata air Tembeling ini memberikan nuansa yang berbeda.

Pantai Tembeling ini berbeda dengan beberapa destinasi wisata yang ada di Nusa Penida, seperti Pantai Atuh, Pasih Uug atau Broken Beach, dan Crystal Beach atau yang lainnya.

Keindahan yang tidak kalah menariknya adalah terletak diantara tebing dan hutan membuat pemandangannya lebih eksotis. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang instagramable.

Daya Tarik Pantai Tembeling, Kolam Renang Alami, dan Hutan

Daya tarik yang menjadi unggulan Pantai Tembeling adalah letaknya yang cukup jauh dan berada di tengah hutan. Letaknya yang berada di tengah hutan membuat Mata Air Tembeling ini jauh dari keramaian.

Hal ini menjadikan Mata Air Tembeling terhindar dari polusi, suasana yang menyegarkan dan sunyi. Apabila anda ingin merasakan nuansa yang berbeda ketika berlibur ke Nusa Penida, maka anda bisa mengunjungi Pantai Tembeling.

Daya tarik tempat ini adalah nuansa alam tenang dan sangat menyegarkan. Mata air Tembeling berbentuk sebuah kolam dengan diameter kurang lebih 5 sampai 6 meter.

Kolam ini memiliki kedalaman kurang lebih 10 meter sehingga jika wisatawan ingin berenang, maka harus lebih berhati-hati. Apabila anda tidak bisa berenang, maka disarankan untuk tidak lompat ke mata air Tembeling.

Keunikan lainnya adalah di kawasan ini juga terdapat kolam yang mata airnya bisa diminum langsung. Sumber air tersebut tentunya disakralkan oleh warga setempat. Mata air Tembeling memang dibagi menjadi dua kolam yaitu khusus untuk pria dan khusus untuk wanita. Kedalaman kolam pemandian khusus wanita ternyata lebih dalam dibandingkan dengan kolam pemandian khusus pria.

Daya tarik lainnya yaitu ditujukan untuk para pecinta rohani. Di kawasan pantai cantik ini terdapat pura yang bisa digunakan untuk kegiatan spiritual. Beberapa diantaranya adalah Pura Pancuhan Tembeling, Pura Persimpangan Ratu Kanjeng, Pura Taman Panca Gangga, dan Pura Batu Bolong.

Akses Menuju Pantai Tembeling, Kolam Renang Alami, dan Hutan

Apabila anda ingin berlibur ke pantai ini, maka akses utamanya adalah anda perlu menuju ke Pulau Nusa Penida terlebih dahulu. Kemudian anda langsung menuju ke lokasi Mata Air Tembeling ini. Letaknya berada di Br. Salak, Desa Batu Madeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan mengendarai motor. Lalu menyusuri jalan setapak kurang lebih 1 jam. Memang cukup melelahkan untuk sampai ke tempat ini. Namun setibanya di Mata Air Tembeling dijamin rasa lelah anda akan menghilang.

Pantai Tembeling, kolam renang, dan hutan akan memberikan anda suasana yang sangat eksotis dan menakjubkan. Dijamin liburan anda akan sangat mengesankan jika mengunjungi tempat ini.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi