Mengenal Lebih Dekat Kelingking Beach Secret Point Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau yang lokasinya berada di daerah tenggara Bali. Secara administratif lokasinya terletak di kabupaten Klungkung. Nusa Penida memiliki keindahan alam yang murni. Keindahan alamnya sangat memukau dengan ciri khas pantai berpasir putih, gua kapur, tebing karang, sampai dengan formasi karst di tepi laut. Seperti kelingking beach yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Kelingking beach merupakan salah satu spot wisata populer yang ada di Nusa Penida. Tempat wisata ini terkenal dengan spot diving manta point. Di manta point anda dapat menyelam di bawah laut sambil melihat indahnya ikan manta atau ikan pari terbesar yang ada di dunia. Anda pun juga bisa berenang bebas dengan ikan tersebut.

Data Tarik Kelingking Beach

Seperti yang sudah dibilang tadi pantai kelingking menjadi salah satu secret point yang bisa anda gunakan untuk melihat ikan manta. Bukan hanya menyuguhkan kawasan pantai dengan pasir putih yang cantik, tetapi juga samudra luas yang dapat dilihat dari atas tebing.

Laut biru nya yang mempesona, ombak besar yang menderu dari kejauhan di pantai yang membentuk jari kelingking ini akan menambah eksotisme tempat wisata yang satu ini. Sehingga tidak heran jika wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke sini akan ketagihan.

Walaupun secara umum adalah akses jalan menuju ke pantai Kelingking ini masih kurang memadai. Tapi tetap saja banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Itu karena mereka ingin menikmati keindahan yang disuguhkan destinasi wisata di Nusa Penida ini.

Disamping keindahan pantai Kelingking, ternyata ada pantai lain yang tidak jauh lokasinya dari tempat ini. Namanya adalah pantai Paluang. Disini terdapat pura yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan pura Paluang atau ada juga yang namanya pura mobil. Hal ini karena di sini ada pelinggih yang memiliki bentuk seperti mobil.

Lokasi dan Rute Kelingking Beach

Pantai Kelingking ini lokasinya ada di Nusa Penida. Karena letaknya di tengah laut, untuk bisa sampai ke tempat ini hanya dapat dilakukan lewat jalur laut. Anda bisa mulai berjalan dari pantai Sanur atau Padang Bai yang ada di wilayah Bali TImur.

Bila anda mulai perjalanan dari Padang Bai, anda dapat naik kapal feri dengan biaya kurang lebih Rp30.000. Bila anda memilih memakai speed boat biaya sewanya rp45.000 per orang dan dan bila mulai perjalanan dari padang bisa memakan waktu kurang lebih satu jam lamanya agar sampai ke nusa penida.

Sement,ara itu saat anda memulai perjalanan dari pantai Sanur anda dapat menuju Nusa Penida dengan memakai perahu tradisional. Biayanya Rp40.000 dan ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Sedangkan dari Nusa Penida ke pantai Kelingking membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dengan jarak sekitar 25 km.

Tips Berkunjung ke Pantai Kelingking

Jika anda punya rencana untuk berkunjung ke salah satu surga tersembunyi yang ada di Nusa Penida ini. Sebaiknya anda datang ke pantai Kelingking pagi hari sekitar pukul tujuh. Sebab di jam ini masih sepi pengunjung dan anda dapat menikmati indahnya pantai tanpa banyak gangguan.

Meskipun buka 24 jam, tetapi kegiatan kunjungan wisata yang ada di tempat ini bisa dibilang cukup padat saat libur panjang. Pastikan kondisi tubuh anda fit sebab dalam perjalanan anda akan menemukan medan yang sulit dan terjal.

Selain itu pakai sunblock, jika anda tiba di lokasi siang hari sekitar pukul 11. Karena matahari akan terasa sangat terik dan kulit anda bisa menjadi kering. Sediakan juga botol air mineral yang cukup. Hal ini untuk mengurangi dehidrasi terlebih lagi ketika berkunjung di bulan Juli sampai September karena itu adalah musim panas.

Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin masuk ke kawasan pantai Kelingking nantinya anda tidak perlu membayar tiket masuk atau tiket retribusi. Jadi masuk ke tempat wisata ini Gratis. Memang perjalanan yang ditempuh untuk bisa sampai kelingking beach cukup jauh. Namun semua perjuangan anda tidak akan sia-sia sebab sesampainya di lokasi anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah mempesona.

Tinggalkan komentar