Menikmati Istana Air Tirta Gangga Water Palace Karangasem

Bali memang tak pernah ada habisnya dalam menyuguhkan keindahan pariwisata yang ada. Salah satunya adalah objek wisata Tirta Gangga water palace Karangasem. Dulunya ini adalah sebuah taman air Kerajaan Karangasem yang berada di wilayah Bali Timur. Sekarang ini Tirta Gangga Karangasem digunakan sebagai salah satu destinasi wisata di wilayah Bali Timur. Tempat wisata ini memang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan khususnya wisatawan Indonesia. Tetapi mayoritas wisatawan yang berkunjung ke taman Tirta Gangga ini adalah wisatawan asing.

Objek wisata Tirta Gangga water palace Karangasem, Bali ini dulunya adalah tempat persinggahan seorang Raja Karangasem. Tetapi saat ini objek wisata taman air Tirta Gangga sudah banyak diminati wisatawan Indonesia. Apa saja yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini? Mari kita lihat seperti apa pesona keindahan dari istana air Tirta Gangga yang ada di Karangasem bali ini.

Daya Tarik Wisata Tirta Gangga Water Palace Karangasem

Saat anda berkunjung ke taman Tirta Gangga yang berada di Karangasem ini anda akan disuguhkan 3 hal utama. Yaitu taman Tirta Gangga Karangasem, patung, kebun dan juga kolam air. Lokasi dari Tirta Gangga Karangasem sendiri terletak di tengah area sawah dan air yang ada di taman ini asalnya dari mata air Rejasa. Taman ini masih kepunyaan kerajaan Karangasem.

Semua bangunan tersebut mempunyai makna yang tersirat. Taman dengan luas 1,2 hektar ini dibangun dengan bentuk memanjang dari barat ke timur pada area persawahan. Kondisi dari kawasan Tirta Gangga ini sangat sejuk karena lokasinya berada tepat di bawah kaki gunung Agung.

Gunung Agung sendiri merupakan gunung tertinggi yang berada di Bali. Kesejukan dan juga keasrian taman Tirta Gangga membuat wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan nyaman. Taman Tirta Gangga ini pas sekali bagi anda yang ingin melepas lelah. Baik lelah pikiran maupun lelah fisik karena aktivitas sehari-hari yang padat dan melelahkan.

Saat memasuki pintu gerbang utama, anda akan disambut beberapa patung yang seakan-akan berbaris seperti prajurit. Anda bisa berjalan di atas kolam lewat jalan setapak dari batu yang disusun berderet mirip dengan jembatan. Batu yang tersusun itu berbentuk segi enam. Disamping berjalan mengitari area kolam, anda juga bisa berfoto selfie di tempat ini. Bagian kolam ini memang paling cocok untuk berfoto karena pemandangan kolam yang natural. Patung-patung di kolam juga bisa mempercantik background foto yang akan menambah karakter foto anda.

Tak jauh dari kolam ada taman kecil dengan menara air yang punya ketinggian 10 meter. Bentuknya seperti atap pura dengan bentuk berlapis-lapis. Di samping kolam renang yang berisi patung, wisata Tirta Gangga juga mempunyai kolam renang yang memperbolehkan pengunjung berenang di sana.

Kolam yang bisa digunakan untuk berenang para pengunjung adalah kolam Air Sanih. Di dalam kolam Air Sanih ini airnya begitu jernih karena berasal dari sumber langsung. Lokasi untuk berenang antara anak-anak dan dewasa dibedakan karena kedalaman kolam renang ini juga berbeda.

Lokasi dan Rute Menuju Tirta Gangga Water Palace Karangasem

Objek wisata Tirta Gangga Bali ini lokasinya berada di Kabupaten Karangasem. Salah satu kabupaten yang berada di wilayah Bali Timur. Bila anda sedang menginap di wisata Kuta, anda bisa menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil untuk sampai ke Tirta Gangga Bali. Alamat lengkap Tirta Gangga Bali berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Dari bandara internasional Ngurah Rai sekitar 75 km dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam.

Tiket Masuk Tirta Gangga Water Palace Karangasem Bali

Supaya anda bisa memasuki kawasan objek wisata Tirta Gangga anda dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 tiap orang. Bila anda ingin berenang, anda akan dikenakan tarif tambahan Rp6.000 untuk tiap orang. Tentunya harga tiket masuk ini sangat murah bukan. Dengan membayar tiket masuk yang terjangkau, anda sudah bisa berfoto-foto dengan background yang cantik, berenang dan menikmati keindahan alam yang berada di Tirta Gangga.

Mulai sekarang saat anda berkunjung atau berwisata ke Bali, jangan lupa anda masukan wisata Tirta Gangga water palace Karangasem, Bali sebagai salah satu daftar destinasi wisata yang akan anda kunjungi di Bali. Anda tentunya tak akan menyesal dengan berkunjung ke Tirta Gangga ini. Karena selain anda bisa menikmati keindahan panorama alamnya anda juga bisa mempelajari tentang sejarah kerajaan Karangasem.

Tinggalkan komentar