Museum ARMA Ubud

Saat berada di Ubud, Bali, wisatawan yang berkunjung ke sana akan merasakan nuansa seni dan nilai kebudayaan yang sangat kental. Masyarakatnya yang mempunyai daya seni yang tinggi membuat Ubud, Bali banyak mempunyai berbagai galeri seni. Salah satu yang paling terkenal adalah museum ARMA Ubud. Anda bisa meresapi budaya Bali di pusat interaktif ini.

Museum ARMA Ubud

Museum ARMA Ubud

Museum ARMA Ubud ini dibangun lebih mirip sebagai pusat budaya.Tujuannya dikhususkan untuk melestarikan berbagai macam seni dan juga budaya Bali yang berhubungan dengan masyarakat. Ketika anda berkunjung ke museum ARMA, anda bisa melihat berbagai macam koleksi lukisan dan juga hamparan kebun yang unik dengan desain khas Bali. Berbagai macam karya seni juga ada di sini.

Sekilas Tentang Museum Arma Ubud

Sejatinya museum ARMA ini merupakan singkatan dari Museum Seni Agung Rai. Museum ini dibangun dengan salah satu tujuan yang mulia dari pemiliknya. Museum ini didirikan Anak Gde Agung Rai. Dia adalah seorang seniman Bali yang sudah mengabdikan hidupnya untuk melestarikan kesenian dan budaya di Bali.

Berdiri di atas lahan yang memiliki kontur tanah yang tidak rata atau naik-turun. Di sekelilingnya terdapat suasana khas alam daerah Ubud yang sangat sejuk. Untuk mengimbanginya, museum ARMA ini dibangun dengan mengaplikasikan desain yang bernuansa kultur dengan budaya Bali yang begitu kental. Sehingga siapapun yang singgah ke sana, maka akan merasakan kesejukan dan kenyamanan. Museum ini memiliki penataan yang begitu rapi dan halaman yang sangat luas dan kebersihannya selalu terjaga. Dengan demikian, pengunjung yang datang akan merasakan kenyamanan layaknya seperti berada di rumah sendiri.

Museum ini memiliki berbagai macam koleksi berupa benda seni yang dibuat dengan cara tradisional sampai dengan kontemporer. Bukan hanya itu, museum ini juga mempunyai koleksi lukisan kamasan klasik yang dibuat dengan media kulit pohon. Ini merupakan sebuah karya seniman Batuan dari tahun 1930-an dan 1940-an. Yang perlu anda tahu bahwa ini menjadi satu-satunya karya klasik yang dapat dilihat di pulau Bali.

Di antara hasil karya klasik dari seniman Jawa pada abad ke-19 adalah Syarif Bustaman dan juga Raden Saleh. Koleksi yang sangat populer di museum ARMA ini yaitu karya para empu yang berada di Bali. Seperti Ida Bagus Made, I Gusti Nyoman Lempad, Gusti Made Deblog dan Anak Agung Gede Sobrat.

Bukan hanya koleksi seniman lokal asli Bali saja yang ada di dalam museum ARMA ini. Namun koleksi buah karya dari seniman asing yang ada di Bali juga dihadirkan di sini. Di antaranya adalah karya Willem Dooijewaard, Bapak pembaharuan seni rupa di Bali, Walter Spies, Rudolf Bonnet dan Willem Gerard Hofker.

Hadirnya museum ini sekaligus juga difungsikan sebagai pusat seni visual serta pertunjukan. Sehingga pengunjung bisa menikmati semua karya seni tersebut dalam satu lokasi.Seperti pertunjukan teater, koleksi lukisan permanen, kelas tari dan musik juga lukisan. Di kawasan ini juga terdapat perpustakaan, toko buku, lokakarya budaya, ruang baca, seminar dan lain sebagainya.

Lokasi Museum Arma Ubud

Bagi anda yang ingin berkunjung ke museum ARMA Ubud lokasinya sangat mudah dijangkau. Lokasinya berada di jalan Pengosekan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jika anda dari kota Denpasar, jaraknya sekitar 30 km atau dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 1 jam.

Untuk bisa sampai ke tempat Museum ARMA Ubud dengan cepat dan nyaman, maka anda bisa memilih alternatif sewa mobil. Tunggu apa lagi, yukk… sewa mobil di Bali saja. Kami akan mengantarkan anda ke tempat-tempat wisata yang menarik di Ubud Bali dengan kenyamanan perjalanan berkualitas dan juga harga sewa mobil yang sangat murah.

Tinggalkan komentar