Museum Gunung Api Batur, Wisata Edukasi yang Murah Meriah

Tak hanya wisata alam, Bali juga memiliki berbagai destinasi wisata lainnya. Adapun salah satu wisata yang bisa anda temukan di Bali ialah Museum Gunung Api Batur. Museum ini termasuk tempat wisata edukasi yang banyak dikunjungi wisatawan, terlebih saat akhir pekan dan musim liburan tiba. Bagi anda yang ingin mengunjungi museum ini, ada baiknya anda simak dulu ulasan lengkap berikut ini.

Museum Gunung Api Batur

Museum Gunung Api Batur diresmikan pada tanggal 10 Mei 2007 lalu. Tempat wisata museum ini menyuguhkan panorama yang cantik. Lebih menarik lagi karena museum ini dibalut dengan hawa udara yang sejuk. Museum megah ini berdiri di lahan seluas 1,09 hektar. Di sekeliling museum ini berupa dataran tinggi mencapai 1.717 meter di atas permukaan laut. Dengan mengunjungi museum ini, anda bisa melihat pesona Gunung Batur yang indah. Selain itu, anda juga bisa memandang keindahan Danau Batur.

Jika anda lihat dari luar, museum ini memiliki tampilan yang terkesan biasa. Namun, apabila anda masuk ke dalamnya, anda bisa melihat berbagai koleksi yang lengkap. Saat anda memasuki kawasan wisata museum ini, anda bisa menemukan beraneka macam batuan yang didapat dari gunung berapi. Bahkan beragam jenis batuan tersebut telah dilengkapi dengan penjelasan secara detail. Dengan begitu, anda tak hanya bisa melihat saja, melainkan juga mempelajarinya.

Tak hanya itu, museum ini juga menyimpan berbagai peralatan yang dipakai oleh ilmuwan dalam meneliti gunung berapi. Ada juga kumpulan foto gunung berapi di Indonesia lengkap dengan penjelasannya, tak terkecuali Gunung Batur. Bahkan mitologi yang berkaitan dengan tempat wisata Gunung Batur juga bisa anda temukan di museum ini. Meski sudah ada penjelasannya, anda masih akan ditemani oleh petugas yang siap menjelaskan tentang pemahaman sekaligus kesadaran masyarakat lokal terhadap Gunung Batur.

Petugas akan memberitahukan semua hal yang berkaitan dengan Gunung Batur, baik itu dari segi ilmu pengetahuan maupun agama. Dengan begitu, mereka bisa menjalin kerjasama dalam mengatasi segala hal yang terjadi karena bencana Gunung Batur meletus. Dengan anda mengunjungi museum ini, anda bisa belajar dan mengetahui semua hal yang berkaitan dengan Gunung Batur.

Aktivitas Wisata

Tak hanya bisa melakukan kunjungan dalam rangka berwisata, anda juga bisa belajar ilmu geologi secara lebih mendalam di museum ini. Selain itu, anda juga bisa menyaksikan secara dekat film dokumenter mengenai perkembangan Gunung Batur. Film dokumenter tersebut juga memperlihatkan sejarah-sejarah letusan Gunung Batur yang pernah terjadi. Perlu diketahui, Gunung Batur sudah meletus sebanyak 26 kali sejak 1804 hingga 2000.

Lebih menarik lagi karena anda juga bisa melihat aktivitas Gunung Batur secara jelas dengan memanfaatkan teropong dari ruang pengamatan. Museum itu sendiri memiliki 2 gedung yang terbagi menjadi 4 lantai. Di museum ini ada ruang bioskop, panel Batur Global Geopark, ruang rapat, ruang pantau aktivitas Gunung Batur, dan masih banyak lainnya. Semakin lengkap lagi karena museum ini juga menunjukkan proses terbentuknya Danau Panelokan.

Harga Tiket Masuk

Anda tak perlu ragu mengunjungi Museum Gunung Api Batur karena harga tiket masuknya terbilang murah. Untuk memasuki tempat wisata museum ini, anda hanya perlu membayar Rp. 10.000 per orang. Dengan tarif tiket masuk yang murah, museum ini rutin dikunjungi pelajar. Tak hanya itu, museum yang satu ini juga sudah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Peta Lokasi

https://www.google.co.id/maps/place/Museum+Geopark+Batur/@-8.2837608,115.362357,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2e7a60b2e206e1f5:0x64a356000c1f085c!8m2!3d-8.2837608!4d115.3645457

Rute

Museum Gunung Api Batur berada di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, tepatnya di Jalan Raya Penelokan, Batur Selatan. Apabila anda datang dari pusat Kota Denpasar, anda bisa menempuh 2 jalur perjalanan, yaitu jalan By Pass Ida Bagus Mantra ke kota Bangli dan lewat Ubud. Untuk menuju lokasi museum ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, mobil travel, ataupun bus pariwisata.

Lokasi Museum Gunung Api Batur berjarak sekitar 77 km dari Bandara Ngurah Rai, 57 km dari pusat Kota Denpasar, 23 km dari Kota Bangli, 50 km dari Pelabuhan Padang Bai, 18 km dari Pura Besakih, 18,5 km dari Desa Penglipuran, dan 54 km dari Kota Singaraja. Pastikan anda masukkan museum ini ke dalam daftar liburan anda.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi