Nusa Penida, Spot Wisata Keren di Tenggara Bali

Nusa Penida merupakan spot wisata keren di tenggara Bali. Mari lupakan deretan pantai indah di Bali, mari kita bergeser sedikit ke tenggara pulau Bali tepatnya di pulau Nusa Penida. Disini anda akan menemukan surga baru yang akan menyuguhkan wisata pantai yang sesungguhnya.

Wondefull! adalah satu-satunya kata yang mampu menggambarkan betapa indahnya Nusa Penida. Tempat ini recomended abis buat anda yang ingin menikmati ‘surga di pulau tropis yang sesungguhnya’.

Secara geografis, Nusa Penida merupakan bagian dari gugusan kepulauan Nusa yang terletak di sebelah Tenggara Bali. Kepulauan Nusa ini terdiri dari tiga kepulauan besar yakni Nusa Lembongan, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan. Meski masih ada beberapa pulau kecil lainnya seperti Nusa Batuabah dan Nusa Batu Padasan, namun tiga kepulauan itulah yang berpenghuni.

Diantara kepulauan Nusa Penida dan Pulau Bali dipisahkan oleh Selat Badung, namun anda dapat dengan mudah mengunjungi kepulauan Nusa Penida dengan feri atau kapal dari daratan Bali. Berdasarkan statistik, gugusan kepulauan Nusa yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Jika anda punya banyak waktu, anda dapat mengunjungi Nusa Ceningan yang merupakan pulau terkecil dan terletak di antara keduanya.

Beberapa kegiatan favorit di Kepulauan Nusa Penida meliputi berselancar, menyelam, dan snorkeling. Bosan bermain air? anda dapat menghabiskan waktu dengan trekking di hutan atau menjelajahi hutan mangrove dengan perahu. Ikuti ulasan kami tentang panduan lengkap berlibur di nusa penida. Kami bisa mengatakan bahwa, Nusa Penida adalah tempat terbaik untuk bersantai dan melepaskan stres. Jadi kami sarankan anda untuk mengunjunginya.

Jika anda masih ragu untuk berkunjung ke Nusa Penida, berikut ini kami berikan beberapa alasan mengapa anda harus mengunjungi Nusa Penida. Selain tempatnya yang indah, Nusa Penida adalah tempat yang masih sangat asri dan memiliki masyarakat yang sangat ramah. Disini anda akan menemukan dunia baru yang tak akan anda temukan di tempat lain. Tempat ini juga recomended bagi anda yang memiliki jiwa petualang dan pecinta alam.

Panduan Lengkap Berlibur ke Nusa Penida

● Sangat dekat dengan Bali.

Rugi deh kalo gak mampir ke Nusa Penida saat anda liburan ke Bali. Karena dari Bali, hanya dibutuhkan waktu 40 menit untuk sampai ke Nusa Penida dengan menggunakan kapal cepat dari Sanur.

● Punya banyak spot eksotis.

Nusa Penida adalah tempat teindah yang lebih indah dari yang pernah anda bayangkan. Tebing tinggi yang menghadap ke pantai yang indah, kolam renang alami yang sangat besar dengan pemandangan laut lepas yang memukau.

Laguna yang menakjubkan, dan disini adalah satu-satunya tempat dimana anda dapat melihat Manta Rays yang sangat besar dan berenang bersamanya. Pulau ini benar-benar menakjubkan!

● Pantai dengan karakter ‘beda’ dari pantai lainnya

Secara geologis, Nusa Penida diberkati dengan pantai-pantai yang cantik dan unik. Garis pantai di Nusa Penida merupakan gabungan antara pantai Jurassic di Inggris dan pantai Zakynthos Yunani. Sempurna!

Ada Broken Bay, sebuah tebing batu yang terkikis sempurna sehingga membentuk jembatan alami dimana air laut bebas menerobos dibawahnya.

Ada Angel’s Billabong, ngarai yang tampak tenang berbentuk lubang renang alami. Semuanya sangat mengesankan!

● Tempat yang asri, alami dan sunyi
Nusa Penida adalah tempat terbaik untuk melepaskan stres. Tempat ini masih sangat asri, alami dan jauh dari peradaban. Saat berada di Nusa Penida, anda akan merasa kembali ke masa lalu. Waktu akan berjalan dengan lambat dan alam seakan begitu damai.

Bukit yang hijau dan rindang, angin sepoi-sepoi dan pemandangan laut lepas yang biru membentang. Anda akan dibuat terlena dan malas untuk kembali  pulang.

● Tempat terbaik untuk Berpetualang

Nusa Penida memiliki alam yang masih sangat natural, bahkan beberapa jalannya masih berupa jalan tanah setapak yang sangat licin jika hujan. Beberapa spot wisata nya juga masih berada di alam bebas dan belum tersentuh pembangunan.

Ini adalah tempat terbaik terutama bagi anda yang memiliki jiwa petualang di alam liar. Nusa Penida adalah tempat yang wajib anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Nusa Penida :

1. Crystal Bay

Crystal Bay adalah salah satu kawasan yang paling menakjubkan di Nusa Penida. Kawasan ini terdiri dari pantai berpasir putih, yang memanjang di bagian utara pulau. Pantainya memiliki view yang sangat indah karena menghadap langsung ke Nusa Ceningan yang menakjubkan. Perairan di sini, sama seperti namanya, memiliki air yang sebening kristal.

Turis yang datang ketempat ini akan dibuat tergila-gila dengan keindahan alam bawah laut Nusa Penida. Anda bisa menyelam atau Snorkeling disini. Jika beruntung, anda akan bertemu lumba-lumba dan ikan pari. Ini adalah tempat yang indah dan juga merupakan salah satu bagian pulau yang paling banyak dikunjungi turis. Untuk itu, anda akan menemukan beberapa fasilitas, seperti kafe kecil dan toko minuman dingin.

Karena tidak terlalu ramai, anda bisa menikmati pantai cantik ini dengan leluasa. Anda bisa berselancar sepuasnya atau duduk bermalas-malasan seharian penuh ditepi pantai. Crystal Bay menawarkan ketenangan, kenyamanan, dan kemalasan. Jauh dari hingar bingar suara kendaraan yang melintas. Hanya suara ombak yang berkali kali mencoba meraih daratan. Sebuah pemandangan yang tak bosan untuk dilihat mata.

Tak jauh dari bibir pantai terdapat pulau karang kecil yang diatasnya berdiri sebuah pura. Pemandangan ini tak jauh beda dengan pemandangan yang ada di Pura Tanah Lot. Karena posisinya menghadap ke barat, tempat ini jadi salah satu spot favorit untuk melihat matahari terbenam seperti Tanah Lot.

Lokasi Crystal Bay Nusa Penida:

Untuk menemukan Pantai Crystal Bay tidaklah sulit. Tempat ini sangat terkenal di kalangan pelancong yang datang ke Nusa Penida. Dengan mengikuti penunjuk arah yang ada, anda dapat sampai ke tempat ini.

Akses jalan lumayan bagus meski ada beberapa bagian yang masih rusak. Secara administratif pantai Crystal Bay berada di desa Sakti, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Jarak perjalanan dari pelabuhan Nusa Penida ke Crystal Bay kurang lebih 12 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Harga Tiket Masuk Crystal Bay Nusa Penida Terbaru

Untuk tiket masuk ke Crystal Bay 100% Gratis!!. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sepeda motor Rp 10.000. Pantai Crystal Bay buka setiap hari dari senin hingga minggu selama 24 jam penuh.

* harga dapat berubah sewaktu-waktu, jika ada harga terbaru kami akan segera mengupdate informasinya di halaman ini.

2. Tidur di ‘Rumah Pohon Batu Molenteng’

Ingin merasakan sensasi tinggal di rumah pohon dengan view keren abis? Anda wajib mengunjungi Nusa Penida. Di Nusa Penida anda dapat mengunjungi rumah pohon batu Molenteng yang memiliki pemandangan pantai Atuh yang menakjubkan. Banyak pengunjung yang mengatakan tempat ini memiliki panorama keindahan mirip seperti Raja Ampat di Papua.

Bagaimana tidak, Rumah Pohon ini dibangun disebuah pohon yang menjulang tinggi yang pemandangannya menghadap langsung ke Pantai Atuh. Dari atas Rumah Pohon Batu Molenteng ini,anda dapat melihat pemandangan gugusan kepulauan Nusa Penida yang mirip seperti gugusan kepulauan di Raja Ampat.

Lokasi rumah pohon ini sebenarnya sedikit ekstrem dan menantang karena berada di atas pohon yang tidak terlalu besar. Pohon itu kemudian di potong cabangnya sehingga menyisakan sedikit daun. Untuk memudahkan wisatawan naik ke atas rumah pohon, disediakan tangga kayu yang dilengkapi dengan tali tambang yang berfungsi sebagai pegangan.

Untuk mendapatkan view terbaik, anda dapat duduk di balkon rumah pohon ini. Dari balkon ini akan mendapatkan view yang sangat keren yakni pemandangan pantai Atuh dan gugusan pulau Nusa. Ini adalah spot foto yang sangat bagus dan sekarang sedang hits di kalangan travelers.

View nya sangat Instagramable, jadi tak heran jika banyak orang yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat ini. Tak hanya itu, beberapa orang juga melakukan pemotretan sesi preweding mereka di tempat ini untuk mendapatkan hasil pemotretan yang sangat epik.

View terbaik adalah saat matahari terbenam. Dengan cahaya keemasannya, matahari menyinari gugusan kepulauan Nusa bagaikan bongkahan emas di tengah lautan. Sebuah pemandangan yang menakjubkan.

Lokasi Rumah Pohon Batu Molenteng Nusa Penida :

Anda ingin berkunjung ke Rumah pohon Batu Molenteng? Cara terbaik untuk mencapai spot ini adalah dengan menaiki motor. Perjalanan ke Rumah Pohon Batu Molenteng, memiliki satu rute dengan perjalanan ke Pantai Atuh. Yakni di dukuh Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Nusa Penida, Bali. Tempatnya tak terlalu jauh, hanya sekitar satu jam dari pelabuhan Buyuk.

Untuk bisa sampai ke spot utama, dibutuhkan perjalanan yang cukup menguras tenaga karena anda harus trekking beberapa meter dari tempat parkir. Anda harus menuruni beberapa anak tangga yang terbuat dari tanah dan kapur sebelum akhirnya sampai ke Rumah Pohon Batu Molenteng.

Di sini, anda akan bisa puas bercengkerama dengan keindahan alam yang terlihat dari atas ketinggian rumah pohon, Anda bisa meneruskan rute wisata menuju Pantai Atuh jika ingin bermain-main dengan pasir putihnya.

Harga tiket Rumah Pohon Batu Molenteng Nusa Penida

Untuk bisa masuk ke spot wisata Rumah Pohon Batu Molenteng, anda harus membayar Rp 10.000/orang. Sedangkan ongkos parkir kendaraan sebesar Rp 5.000.

Biaya Menginap di Rumah Pohon Batu Molenteng

Bolehkah menginap di Rumah Pohon Batu Molenteng? Ya, tentu saja anda boleh menginap disana. Meskipun berada di atas pohon, rumah ini memiliki ukuran 4×4 meter dan ruangnya dapat menampung maksimal hingga 5 orang.

Dan bagi anda yang ingin bermalam di Rumah Pohon Batu Molenteng, Biaya sewanya Rp 300.000 per malam. Tidak terlalu mahal tentunya, jika dibandingkan dengan pengalaman dan pemandangan yang akan anda dapatkan saat anda bermalam di Rumah Pohon Batu Molenteng ini.

* harga dapat berubah sewaktu-waktu, jika ada harga terbaru kami akan segera mengupdate informasinya di halaman ini.

3. Broken Beach (Pasih Uug)

Berlanjut ke destinasi wisata berikutnya adalah Broken Beach atau warga lokal menyebutnya Pasih Uug. Kenapa bisa dinamakan Broken Beach? ini karena tempat ini berbentuk sebuah lubang besar di pinggir pantai. Uniknya, lubang ini terbentuk dari amblasnya batu karang.

Legenda Pasih Uug Broken Beach – Nusa Penida

Broken beach adalah salah satu pantai di nusa penida tampak seperti lautan tersendiri yang memisahkan diri dari lautan lepas, air laut masuk melalui lobang goa membentuk kolam raksasa. Dikelilingi dengan tebing batu karang yang terjal dan berlekuk karena terus di hempas ombak, pemandangan di Broken Beach, benar-benar sempurna.

Jika dilihat dari atas, pasih Uug akan terlihat seperti sebuah lubang besar mengangga ditepi pantai, dimana terdapat satu lubang lain yang menjadi pintu masuk air laut menuju dalam lubang besar itu. Itulah alasan mengapa pantai Pasih Uug ini dikenal dengan nama Pantai Patah alias Broken Beach.

Menurut legenda warga lokal, terbentuknya pasih uwug ini bermula dari hilanganya sebuah desa kecil ke dasar samudera Hindia. Dahulu kala, di seputaran pasih uwug di dihuni oleh beberapa keluarga petani. Tempat tinggalnya pun terpencar.

Selain tinggal diatas tanah yang kini menjadi lubang pasih Uug, beberapa penduduk ada yang tinggal ditepi tebing bahkan di seberang tebing yaitu tepatnya di atas batu yang ada di seberang. Konon dulunya meraka menjadi satu daratan dengan posisi lubang besar sekarang ini.

Kisah bermula saat seorang petani yang tinggal di Pasih Uug hendak menanam jagung. Mengingat menanam jagung di Nusa Penida pada umumnya mempergunakan alat yang bernama penyugjugan. Penyugjugan adalah kayu yang ber ujung lancip untuk membuat lubang kecil ditanah yang akan di tanami jagung.

Petani itupun membuat alat tersebut sembari duduk di bawah sebuah pohon besar beralaskan akar pohon tersebut. Tiba-tiba hal aneh terjadi. Saat parang petani itu mengenai akar pohon tersebut, akar pohon yang terkena parang Pak Tani terluka dan mengeluarkan darah.

Melihat darah keluar dari akar pohon tersebut petani itupun terkejut sekaligus penasaran. Ia kemudian memberitahu tetangga dan teman-temannya untuk melihat akar berdarah tersebut.

Datanglah warga yang tinggal diseputar pasih uwug ketempat akar yang berdarah. Tanpa berpikir panjang warga kemudian memotong akar pohon tersebut untuk dimasak dan dimakan.

Kutukan Broken Beach Pasih Uug

Tak berapa lama datanglah seorang pria Tua yang sudah renta dan kumal yang tak dikenal oleh siapapun yang ada diseputaran pasih uwug. Pria itu memberikan nasehat pada semua orang yang ada di pelataran rumah petani itu. Dalam nasehatnya ia meminta kepada warga untuk kedepannya jangan lagi berbuat seperti siang tadi, sembarangan memotong dan membagi-bagi daging sapi milik orang lain.

Sebagian warga yang hadir membentak pria tua itu. Mereka tak terima atas nasehat pria tua itu, karena secara tak langsung pria tua itu telah menuduh warga mencuri sapi miliknya. Untuk menguji kebenaran, apakah benar warga tidak mencuri sapi seperti yang dituduhkan oleh pria tua itu atau tidak. Pria tua itu lalu mengeluarkan sebatang lidi daun kelapa. Ia kemudian menancapkannya ketanah. Setelah lidi tertancap di tanah, pria tua itu berkata.

“Siapa saja yang mampu mencabut mencabut lidi ini, atau lidi ini tercabut olehnya. Itu menandakan jika orang-orang disini jujur dan memang benar tidak mencuri sapiku, ” kata pria tua itu.

Mendengar perkataan pria tua tersebut, warga desa yang hadir di rumah petani itu pun kemudkan saling berebut. Mereka ingin mencabut lidi tersebut. Tapi tak satupun orang yang mampu mencabutnya. Melihat tak ada warga yang mampu mencabut lidi yang ia tancapkan, pria tua itu kemudian berkata.

“Lihatlah, diantara kalian tak ada yang mampu mencabut lidi itu. Karena tak ada yang mampu, itu artinya kalian semua sudah tidak jujur lagi pada diri sendiri. Sekarang lihatlah, aku akan mencabut lidi ini,” tegasnya.

Pria tua itu kemudian mencabut lidi yang ia tancapkan ke tanah. Segera setelah itu, keluarlah air yang mengalir deras hingga membanjiri perkampungan. Tak hanya itu, air laut disebelah barat pasih uwug, juga tiba-tiba mengamuk sehingga menghancurkan daratan dan rumah penduduk yang ada disekitarnya. Lubang besar pun timbul dan seketika itu pula, desa pasih uwug hilang bagaikan ditelan bumi.

Lokasi Broken Beach Pasih Uug

Pria tua itu hilang tanpa bekas, begitu juga dengan warga yang tinggal di seputaran pasih uwug. Mereka juga ikut hilang diterjang air dan gelombang air laut. Warga desa sekitar tempat itu, kemudian menamakan area tersebut dengan nama Pasih Uug atau Pantai Rusak, sebagai bukti bahwa tempat ini pernah dihuni penduduk.
Beberapa tahun yang telah lalu sekitar tahun 1982 -1985 diatas bongkahan batu karang besar yamg ada di seberang barat lubang besar pasih uwug, masih terlihat berdiri sebuah tiang rumah (jineng). Jineng adalah tiang rumah yang selalu ditempatkan ditengah-tengah pekarangan sebagai tempat menyimpan hasil panen. Tapi kini tiang rumah tersebut telah menghilang, mungkin karena termakan usia atau mungkin pula karena ulah manusia.

Lokasi wisata Pasih Uug Broken Beach:
Tempat wisata Pasih Uug Broken Beach terletak di Desa Bunga Mekar, Banjar Sumpang, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Tempat ini berjarak cukup dekat dengan pelabuhan Toya Pakeh, hanya saja, karena kondisi jalannya yang terjal dan tidak mulus, dibutuhkan waktu hingga 50 menit untuk bisa sampai ke spot ini. Sedangkan Waktu tempuh dari dermaga Nusa Penida ke Pasih Uug sekitar 90 menit berkendara.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pasih Uug, ada baiknya kalian menyewa pemandu tour warga lokal agar tak tersesat dan lebih nyaman dan aman. Anda juga bisa menggunakan Google Maps sebagai penunjuk arah untuk bisa sampai ke tempat ini. Hanya saja sinyal di Nusa Penida ini kurang konsisten dan sering hilang timbul. Transportasi terbaik menuju lokasi adalah menaiki motor, terutama bagi anda yang pergi ke Nusa Penida, sendirian atau berdua.

Harga tiket masuk Pasih Uug Broken Beach Terbaru :

Untuk biaya tiket masuk ke Pasih Uug Broken Beach, anda tidak perlu membayar alias Gratis!!! Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5000. Hanya saja tempat wisata ini belum dikelola dengan baik dan masih berupa alam alami.

Angel’s Billabong Nusa Penida

4. Angel Billabong.

Angel Billabong merupakan natural infinity pool atau kolam tanpa batas. Uniknya di Nusa Penida ini, kolam nya asli buatan alam.

Angel Billabong merupakan kolam alami yang tebentuk ribuan tahun lalu, dan kini menjadi tempat bermuaranya air sungai sebelum berakhir di lautan. Warna airnya hijau tosca, dan sangat kontras dengan air laut di sebelahnya yang berwarna biru cerah. Air di kolam alami ini juga sangat jernih dan anda bisa berenang di dalamnya.

Di kiri kanan kolam alami ini, adalah batuan karang yang membentuk tebing. Saat berenang di sini anda akan merasa seperti berada di dunia lain. Jika anda berenang di Angel’s Billabong, anda akan mendapat view yang sangat menarik yakni lautan lepas samudera Hindia.

Hanya saja, saat ombak laut pasang atau bulan purnama, kalian dilarang turun ke bawah. Sangat beresiko karena bisa terseret arus ke tengah samudera.

Di area ini, anda akan melihat batas aman yang dipasang. Batas ini di pasang untuk menghindari adanya kejadian yang tak diinginkan. Dilarang keras untuk melewati batas aman karena anda bisa tertarik ke tengah laut.

Lokasi Angel’s Billabong:

Dari Broken Beach kita hanya perlu trekking sekitar 5 – 7 menit. Kondisi jalanan tidak terlalu sulit. Namun, anda harus ber hati-hati karena jalannya jelek dan banyak batu karang.

Harga tiket masuk Angel’s Billabong:
Anda tidak dipungut biaya untuk menikmati pemandangan ini. Semuanya tersedia Gratis!!!

5. Pantai Kelingking – Kelingking Cliff point.

Pantai Kelingking menjadi spot wisata lain yang wajib anda kunjungi di Nusa Penida. Tempat ini sangat unik karena memiliki bukit berbentuk kelingking atau T-rex yang memanjang ke tepi pantai.

Untuk melihat bukit ini anda harus naik ke atas tebing yang ada di atas pantai Kelingking ini. Dari titik ini anda bisa melihat tebing yang menjorok ke lautan dengan bentuk seperti dinosaurus T-rex.

Bukit dengan Bentuk Dinosaurus T-rex

Usai menikmati pantai kelingking dari atas, kini saatnya turun kebawah. Disini anda anda akan menemukan pantai berpasir putih yang sangat cantik yang dibingkai dengan bukit-bukit coral raksasa.
Sayangnya untuk turun ke bawah, dibutuhkan perjuangan yang ekstra keras, karena jalannya sangat curam dan licin. Hanya beberapa orang yang memiliki jiwa petualang saja yang menyempatkan diri untuk turun kebawah.

Pemandangan pantai kelingking memang sangat cantik. Dibingkai dengan bukit-bukit karang berwarna hijau di sekitarnya, membuat view pantai kelingking sangat eksotis bak berada di pantai di film Jurassic Park.
Sayanganya ombak besar kerap menerjang pantai ini hingga ke tepi tebing sehingga sangat tidak aman apabila digunakan untuk berenang.

Lokasi Kelingking Cliff point:

Spot ini terletak tak jauh dari dari spot wisata lainnya seperti Broken Beach dan Angel Billabong. Tepatnya di dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Banjar Sumpang, Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Jika anda tak ingin menggunakan pemandu lokal, anda dapat bertanya ke penduduk sekitar mengenai letak Pantai Karang Dawa. Karena penduduk sekitar mengenal lokasi ini dengan nama Pantai Karang Dawa.

Harga tiket masuk Pantai Kelingking – Kelingking Cliff point terbaru:

Untuk biaya tiket masuk ke Pantai Kelingking Cliff point anda tidak perlu membayar alias Gratis!!! Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5000.

6. Pantai Atuh

Pantai Atuh adalah salah satu lokasi paling ikonik di Nusa Penida. Lengkungan batu alam yang membentang di atas perairan berwarna pirus yang jernih, akan membuat anda terkagum-kagum begitu anda melihatnya.

Menghadap ke arah timur, Pantai Atuh adalah spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Nusa Penida. Dengan pasir putihanya, pantai ini memiliki view yang sangat epik yakni lengkung tebing batu alami yang berbentuk mirip dinosaurus.

Jika air surut anda dapat berenang dari pantai Atuh menuju tebing batu tersebut. Dari tebing batu itu anda dapat melakukan ‘jump swim’ atau meloncat ke laut dari bibir tebing.

Keindahan Pantai Atuh Nusa Penida

Tak terlalu tinggi hanya sekitar 3-4 meter dari permukaan laut. Pemandangan paling menakjubkan disini bisa anda peroleh dari atas tebing. Karena airnya begitu jernih, dari atas tebing ini anda dapat melihat beberapa ikan karang dan cumi-cumi yang berenang di air.

Lokasi Pantai Atuh :

Pantai Atuh terletak di ujung paling timur pulau Nusa Penida. Tepatnya di dukuh Pelilit, desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kab. Klungkung,Bali.

Untuk menuju pantai ini anda bisa bawa kendaraan sendiri, baik itu dengan sewa mobil ataupun sewa sepeda motor. Agar anda tidak kesulitan menemukan sejumlah objek wisata di Nusa Penida anda bisa menyewa guide atau salah satu warga setempat sebagai pemandu, bahkan untuk mempermudah lagi bisa sewa ojek yang sekaligus sebagai pemandu jalan, atau sewa mobil plus supir.

Pantai Atuh Nusa Penida dapat diakses baik dari sisi kiri atau sisi kanan tebing. Dibutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk melewati anak tangga hingga turun ke pantai dari atas tebing. Anak tangga yang dilalui cukup curam sehingga anda harus berhati-hati.

Harga tiket masuk Pantai Atuh Nusa Penida:

Untuk mengakses Pantai Atuh, anda dapat masuk melalui dua pintu yakni pintu barat dan pintu timur. Jika anda datang dari pintu timur, anda dapat mengunjungi pantai bebas tanpa biaya, bahkan biaya parkir.

Jika masuk dari Timur anda akan dapat melihat pemandangan indah lengkungan pantai Atuh dari atas tebing.
Tapi jika anda datang dari pintu barat, akan ada biaya parkir motor Rp 5,000 dan tiket masuk pantai sebesar Rp 10,000/orang. Dari sini anda akan melihat pemandangan dua tebing tinggi yang berada di tengah laut. Yaitu Nusa Batu Padasan dan Nusa Batu Abah.

7. Air terjun Paguyangan

Lupakan air terjun yang jatuh dari ketinggian tebing, disini anda akan di suguhi dengan air terjun yang mengalir melalui lereng yang bertingkat tepat di pinggir laut.

Menikmati Panorama Eksotis di Air Terjun Peguyangan

Sebelum menuju laut, air terjun tertahan di sebuah lubang cerukan batu karang berbentuk kolam yang tak terlalu dalam. Disini anda dapat berendam dan menikmati ‘spa alami’. Anda akan merasakan sensasi dipijat oleh air yang mengalir deras melalui celah-celah bebatuan dan birai yang dangkal. Tak hanya itu, sambil berendam anda bisa kaligus menikmati indah nya samudra Hindia yang langsung berada di depan kolam.

Tak dapat dipungkiri, Air terjun peguyangan adalah tempat yang sangat cantik. Meskipun untuk mencapainya di butuhkan perjuangan ekstra keras karena harus melewati 765 anak tangga yang curam di tepi tebing.

Anda di harapkan menggunakan pakaian yang sopan serta menggunakan sarung. Bagi wanita yang sedang datang bulan, tidak di anjurkan untuk memasuki area air terjun peguyangan, karena ada pura / pelinggih di samping kolam .

Lokasi Air terjun Peguyangan Nusa Penida:

Desa Batu Kandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Air terjun ini agak sulit untuk ditemukan karena warga lokal juga kurang mengetahui tempat ini. Anda dapat menggunakan Google Map sebagai penunjuk jalan. Atau cara terbaiknya adalah menyewa seorang pemandu lokal dari warga setempat.

Harga tiket Air Terjun Peguyangan:
Untuk masuk ke air terjun ini anda tidak di pungut biaya apapun alias Gratis!!. Hanya saja bagi wisatawan yang ingin naik ke air terjun harus memakai sarung. Bagi wisatawan yang datang namun tak mebawa sarung, anda dapat menyewa sarung pada penduduk sekitar dengan tarif Rp 10.000.

8. Goa Giri Putri – Nusa Penida

Terletak di dalam perut bumi Nusa Penida, Goa Giri Putri menjadi spot yang wisata yang tak terlupakan. Goa ini sangat terkenal karena terdapat pura di dalamnya.

Untuk sampai ke gua, anda harus menuruni tangga ke ruang utama dan ada area meditasi di dalamnya yang dapat anda akses setelah anda diberkati dengan air suci yang dibagikan oleh pemangku setempat.

Eksotisme Berbalut Spiritualitas Goa Giri Putri Nusa Penida

Seperti yang anda bayangkan, ini dalah tempat yang sangat magis namun sangat indah berkat formasi batuan gua yang menakutkan seperti stalagmit dan stalaktit yang melapisi bagian dalam gua.
Pura di dalam Goa Giri Putri ini, diprediksi telah ada sejak jaman Neolitikum (Zaman batu). Di jaman itu, dikatakan bahwa manusia hidup tanpa norma, perasaan dan bahkan aturan. Manusia hidup dengan berpedoman pada hukum rimba. Siapa yang kuat dia yang menang.
Untuk menyelamatkan nyawa dan berkeluarga, goa ini digunakan sebagai tempat berlindung. Dari sinilah goa ini terus digunakan sebagai tempat berlindung dan pemujaan.

Yang unik dari gua ini adalah pintu masuknya yang hanya sebesar ember. Sekilas nampak jika orang dewasa tak akan muat untuk masuk ke pintu gua ini. Tapi setelah dicoba anda akan dapat melaluinya tanpa mendapat hambatan yang berarti.

Terlebih lagi, anda akan semakin terkesima saat masuk ke dalam dan melihat ruangan di dalam goa yang begitu luas dan besar sehingga mampu memuat sekitar 5000 orang.

9. Hutan dan Mata Air Tembeling
Menjauhi pantai dan laut, anda bisa berwisata di hutan tropis di Nusa Penida. Di pedalaman Nusa Penida anda akan menemukan Hutan Tembeling. Sebuah hutan hujan tropis yang masih perawan. Hutan ini adalah rumah bagi berbagai flora dan fauna yang luar biasa termasuk beberapa burung berwarna-warni.

Bagi anda pecinta alam dan petualang, ini adalah salah satu spot wajib kunjung. Spot wisata paling terkenal di hutan Tembeling adalah mata air Tembeling. Mata air ini berada di tengah hutan dengan air berwarna bening ke hijauan.

Berbentuk kolam telaga, mata air Tembeling ini bak kolam renang raksasa di tengah hutan. Mata air Tembeling ini sangat eksotis karena berada di tengah hutan hujan tropis yang masih hijau dan berada diantara tebing-tebing yang tinggi.

Keindahan Mata Air Tembeling yang Tersembunyi di Hutan Nusa Penida

Setidaknya ada lima kolam yang ada di hutan Tembeling ini, namun ada satu yang paling besar dan jadi tujuan utama para pelancong.

Ada kolam yang dikhususkan untuk laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki yang datang ke mata air ini dapat berendam di kolam mata air yang besar, sedangkan untuk para perempuan bisa berendam di kolam telaga yang memiliki ukuran lebih kecil.

Kolam perempuan ini terletak agak jauh dengan kolam utama. Namun, pemandangannya lebih eksotis karena berbatasan langsung dengan pantai Tembeling. Jadi, dari kolam tersebut, Anda dapat langsung menikmati pemandangan pantai dengan deburan ombaknya yang terdengar sangat jelas.

Lokasi Mata Air Tembeling:

Untuk bisa berendam di mata air ini, anda harus berkunjung ke Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, Bali. Para turis juga menyebutnya dengan sebutan natural swimming Tembeling.

Dari Pelabuhan Sampalan, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju Mata Air Tembeling Nusa Penida. Mata air ini berada di sisi tengah Pulau Nusa Penida, jadi cara terbaik untuk bisa sampai ke sini adalah dengan menggunakan sepeda motor. Tapi sepeda motor hanya bisa mengantar anda sampai ke pinggir hutan. Untuk bisa mencapai mata air Tembeling yang berada di tengah hutan, anda harus berjalan kaki menapaki tebing-tebing bebatuan. Dibutuhkan perjuangan ekstra keras untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

Jalannya yang masih berupa jalan setapak dengan kanan kiri tumbuhan hujan tropis yang menghijau. Di beberapa area, anda harus melalui jalan bebatuan yang terjal dan licin. Pengalaman menyusuri jalanan menuju ke mata air Tembeling, menurut para pecinta trekking dan petualangan, adalah sebuah pengalaman yang luar biasa.

Trek yang harus dilalui untuk bisa sampai ke mata air Tembeling, cukup ekstrem. Jalan yang ada memiliki medan yang naik dan turun. Dihimpit dengan jurang-jurang menganga di kanan kiri, membuat perjalanan ke mata air Tembeling semakin menantang.

Perjalanan Menantang ke Mata Air Tembeling

Anda harus benar-benar berhati-hati jika tidak ingin terpeleset dan masuk ke dalam jurang. Tapi kerja keras anda itu akan terbayar lunas ketika sampai ke mata air Tembeling. Tempat ini akan langsung menghilangkan semua rasa lelah anda. Semua akan terbayar lunas!

Harga tiket masuk Mata Air Tembeling:

Biaya tiket masuk ke Mata Air Tembeling 100% Gratis setiap!!!. Anda hanya perlu bersikap sopan dan menjaga kelestarian alam.

10. Manta View Point.

Berkunjung ke Manta view point adalah puncak aktivitas di Nusa Penida. Berenang bersama ikan pari terbesar di dunia (Manta), adalah pengalaman unik yang wajib anda rasakan.

Ikan Pari Manta adalah jenis ikan pari terbesar kedua di dunia. Pari manta dapat tumbuh hingga memiliki panjang 7 m dan berat mencapai 3 ton. Jadi tak heran jika banyak orang berpikir, jika pari manta berbahaya. Tapi jangan khawatir, meski ukurannya besar, Pari Manta sama sekali tidak berbahaya bagi manusia.

Bali manta rays adalah spesies Reef Manta (Manta alfredi) yang merupakan spesies ikan Manta terbesar kedua di dunia setelah Oceanic Manta. Mereka adalah ikan pembersih. Itu artinya mereka hanya memakan plankton, crustasea dan ikan yang lebih kecil. Pari Manta memiliki gigi kecil yang tidak tajam, yang hanya mereka gunakan untuk mengunyah makanan mereka.

Pari Manta juga tidak memiliki ekor beracun sehingga benar-benar aman untuk berenang di dekatnya. Mereka memiliki otak terbesar dari semua jenis ikan bertulang. Untuk itu mereka menikmati berinteraksi dengan manusia, sehingga tidak mengherankan bahwa perenang snorkel dan penyelam sering menggambarkan snorkeling melihat Pari Manta adalah pengalaman terbaik mereka.

Lokasi Mantan View Point :

Lokasi tempat terbaik untuk melihat Ikan manta di Nusa Penida adalah di Manta Bay dan Manta Point yang terletak di sebelah selatan Pantai Kelingking Terkadang mereka juga berenang di sekitar Crystal Bay untuk mencari makan.

Berenang Bersama ikan Manta di Nusa Penida

Cara terbaik untuk mengunjungi Manta View point adalah dengan mengikuti paket tur ke Manta View Point yang disediakan oleh sejumlah agen wisata.

Anda dapat mengikuti tur ini baik dari Bali maupun Nusa Penida.

Namun yang paling mudah adalah bergabung dengan tur dari Crystal Bay atau pelabuhan Toyapakeh di Nusa Penida.

Harga Snorkeling Manta View point Nusa Penida:
Untuk bisa berenang bersama ikan cantik ini, anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Meskipun demikian, hal ini sepadan dengan pengalaman yang akan ada dapatkan.

• Snorkeling satu hari penuh sebesar Rp 1000.000 termasuk penjemputan dari hotel, snack dan makan saing.

• Snorkeling setengah hari dengan 4-5 pemberhentian Rp 200.000 – 300.000

• Snorkeling sepanjang 2 jam dengan 2 pemberhentian Rp 150.000-200.000

Cara Pegi ke Nusa Penida:

Untuk mencapai Nusa Penida anda harus menyeberangi lautan karena Nusa Penida terletak 12 km dari pulau utama Bali. Sayangnya, Anda tidak dapat pergi ke sana dengan pesawat karena tidak ada bandara komersial di pulau itu. Satu-satunya cara untuk bisa sampai ke Nusa Penida adalah dengan naik kapal dari sejumlah tempat di Bali.

● Via Padang Bai

Sebagai pelabuhan utama di bagian timur Bali, Padang Bai menyediakan perjalanan dari daratan Bali ke sejumlah tempat lain seperti Lombok dan Nusa Penida.

Dari pelabuhan Padang Bai ini, anda dapat menaiki kapal feri dengan tujuan Nusa Penida.

Biaya :

– Rp 40.000/orang

• Keuntungan/kerugian:

Karena menggunakan kapal yang memiliki kapasitas dek bawah, anda dapat membawa kendaraan roda dua anda ke Nusa Penida. Untuk kerugiannya, penyeberangan membutuhkan waktu lebih lama daripada kapal cepat. Jadi pilihan ini cocok bagi anda yang memiliki banyak waktu luang

• Jadwal

Kapal feri dari Padang Bai berangkat setiap hari pukul 11 ​​siang. Kapal feri mencapai Nusa Penida tiga jam kemudian, sekitar pukul 12.30 siang.

Transportasi Terbaik untuk Pergi ke Nusa Penida

● Via Goa Lawah

Selain menggunakan kapal feri dari Padang Bai, anda juga bisa menuju nusa penida menggunakan perahu Caspla Bali dari dekat Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Bali.

Biaya:

– Turis Lokal: Rp 50.000 per-orang

– Turis Mancanegara: Rp75.000 per-orang

Keuntungan/kerugian:

Tidak seperti feri yang akan membawa anda ke Nusa Penida selaa 1,5 jam, speedboat kuning Caspla Bali hanya membutuhkan 15 menit untuk sampai di Nusa Penida.

Tapi karena tak menggunakan kapal, anda harus meninggalkan sepeda motor anda di Bali dan menyewa motor di Nusa Penida.

• Jadwal:

Caspla Bali berjalan secara teratur dua kali sehari yakni pukul 7 pagi dan 4 sore. Caspla Bali pergi dari desa Pesinggahan ke Buyak di Nusa Penida. Desa Pesinggahan memiliki dermaga kecil dengan jarak sekitar 8 km di selatan Padang Bai.

● Via Desa Kusamba

Dengan perahu cepat atau tradisional dari Desa Kusamba anda juga bisa sampai ke Nusa Penida

Jika ingin cepat anda dapat naik kapal cepat, Gangga Express. Kapal ini berangkat dari desa nelayan tradisional Kusamba di Klungkung Bali, pada pukul7.30 pagi dan 4.30 pagi. Menaiki kapal ini juga akan membawa Anda ke Nusa Penida.

Dengan membayar Rp100.000, Anda akan memulai perjalanan 15 hingga 20 menit ke permukiman terbesar di Nusa Penida, yakni Desa Sampalan.

Jika anda mencari cara yang lebih penuh petualangan, anda dapat menggunakan perahu tradisional yang berangkat pada pukul 1 siang. Namun, perjalanan ini membutuhkan perut yang kuat karena anda akan menyeberangi lautan yang bergemuruh dalam perahu kecil yang penuh sesak, bersama dengan banyak penumpang lain dan sepeda motor mereka dan kadang-kadang ternak. Tetapi Anda dapat menaikinya gratis.

Cara Terbaik untuk Pergi ke Nusa Penida

● Via Sanur

Sanur tidak hanya menyediakan salah satu matahari terbit yang paling indah di Bali tetapi juga layanan kapal publik yang dapat diandalkan ke Nusa Penida.

Ada beberapa speedboat komuter setiap hari yang pulang pergi Sanur dan Nusa Penida:

• Optasal (9 pagi / 10.30 siang),
• Caspla Bali Boat (11 pagi / 2 siang / 4.30 sore),
• Maruti Express (8.30 pagi / 10 pagi / 4 sore),
• Mola-Mola Express (8.30 pagi / 4.30 sore).

Perjalanan sekitar satu jam dan akan dikenakan biaya mulai dari Rp200.000 hingga 250.000.

Dua hal yang perlu diingat. Pertama, karena anda berlayar dengan fast-boat penumpang, anda tidak dapat membawa sepeda motor anda.

Kedua, pastikan anda tiba di Sanur setidaknya setengah jam sebelum waktu keberangkatan. Mengapa? Karena Sanur adalah dermaga yang paling populer ke Nusa Penida. Meskipun sebenarnya tidak ada dermaga, tapi tiket perahu ke Nusa Penida biasanya sudah terjual sepuluh menit sebelum kapal berangkat.

● Via Tanjung Benoa

Anda juga bisa ke Nusa Penida via Tanjung Benoa dengan menaiki kapal pesiar mewah Quicksilver Cruise.

Jika anda hanya memiliki sedikit waktu luang tetapi bersikeras pergi ke Nusa Penida, atau anda membawa keluarga anda ke Nusa Penida, mungkin anda harus pergi ke Tanjung Benoa dan memesan perjalanan ke Nusa Penida dengan kapal Quicksilver Cruise.

Pelancong yang sendirian mungkin berpikir bahwa berlayar dengan Quicksilver terasa begitu dangkal. Tetapi mereka yang pergi dengan keluarga, mungkin berpikir berbeda karena pemilik kapal akan dengan senang hati mengatur semua kegiatan anda du Nusa Penida dengan aman, mulai dari snorkeling hingga makan.

Karena ini adalah kapal pesiar mewah, biayanya jauh lebih mahal daripada cara lain. Dan untuk pergi ke Nusa Penida anda harus menyiapkan dana Rp 1.500.000 per orang untuk dewasa dan setengah harga untuk anak-anak.

Penginapan dan Akomodasi di Nusa Penida

Meski Nusa Penida masih cukup sepi dibandingkan Bali, namun untuk mendukung pariwisata di Nusa Penida, disana telah dibangun sejumlah penginapan mulai dari yang berkelas hingga low budget.

● Mewah – Crystal Bay Villa and Residence – Anda dapat menginap di salah satu hotel Nusa Penida yang paling mewah dengan harga yang tidak terlalu mahal. Disini anda akan disuguhi hutan pohon palem dengan pemandangan Crystal Bay.

● Mid-budget – Singable Bungalows – Akomodasi yang luar biasa dengan semua kemewahan yang anda butuhkan untuk menginap dengan nyaman, tanpa melupakan kolam renang yang mewah.

● Minim anggaran – Deva Devi Beach Inn – Akomodasi yang murah dan ceria dengan ulasan yang bagus dan sempurna jika anda bepergian dengan gaya namun dengan anggaran terbatas.

Untuk mencapai spot wisata yang ada di Nusa Penida, anda dapat menyewa motor atau mobil.

• Motor/ Rp 7.000 per hari

• Mobil/Rp 400.000 per hari

Bagaimana Anda Tertarik? Yuk.. berkunjung ke Nusa Penida.

Tinggalkan komentar