Nusa penida adalah pulau yang berada di wilayah tenggara Bali. Secara administratif lokasinya berada di kabupaten Klungkung. Keindahan alam Nusa Penida ini masih murni. Jadi begitu memukau dengan ciri khas pantai yang berpasir putih. Memiliki tebing karang, gua kapur, sampai dengan formasi karst  yang ada di tepi laut. Salah satu spot wisata paling populer adalah pantai Kelingking Nusa Penida.

Pantai Kelingking Nusa Penida ini sangat terkenal dengan spot diving yang sering disebut dengan Manta Point. Saat berada di Manta Point, anda dapat menyelam di bawah laut dan dapat melihat betapa indahnya ikan Manta. anda juga bisa berenang bebas bersama ikan tersebut. Ikan Manta atau sejenis ikan pari yang terbesar di dunia ini dinilai sebagai salah satu ikan yang merupakan spesies langka. Sehingga sebuah kebanggaan tersendiri bila anda bisa berenang bersama dengan ikan Manta tersebut.

Pesona Pantai Kelingking Nusa Penida

Saat berkunjung ke pantai Kelingking yang ada di Nusa Penida ini, maka banyak sekali yang akan anda temui. Pesona wisata laut yang indah, tentu tidak akan membuat anda merasa bosan. Apalagi pantai ini masih sangat asri dan alami. Fasilitas pendukung yang ada di sana memang masih terbilang sedikit. Jika anda ingin menginap, maka anda dapat memilih untuk mendirikan tenda di area pantai. Anda tentu akan merasakan sensasi tersendiri menginap di alam terbuka. Ditemani pemandangan salah satu pantai yang paling eksotis yang ada di pulau Dewata ini.

Di samping pantai Kelingking, yang menjadi daya tarik di Nusa Penida adalah pantai lain yang lokasinya tidak jauh dari pantai Kelingking. Pantai itu bernama pantai Paluang. Di pantai Paluang ini terdapat pura yang masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Pura Paluang. Atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Pura Mobil. Mengapa disebut pura mobil? Hal ini karena di sini ada keberadaan pelinggih yang memiliki bentuk seperti mobil.

Lokasi dan Rute Agar Sampai Ke Pantai Kelingking

Supaya bisa sampai ke pantai Kelingking Nusa Penida, tentunya anda harus mengetahui dimana lokasi tepat dari pantai ini. Lokasinya berada di tengah laut, sehingga untuk bisa menuju ke tempat ini maka anda hanya dapat menempuh nya dengan melewati jalur laut. Anda bisa mulai perjalanan dari Padang Bai atau Pantai Sanur yang berada di wilayah Bali Timur.

Lokasi dari Kelingking secret point ini tepatnya di dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Pantainya berada di bawah tebing dan memang tidak memiliki luas yang cukup. Bukitnya cukup tinggi dan tidak ada akses jalan untuk bisa turun kebawah. Pengunjung hanya dapat menyaksikan pemandangan pantai kelingking di atas bukit Karang Dawa. Walaupun demikian, berwisata ke pantai ini sangat memuaskan. Sebab di Indonesia tidak mudah untuk mencari pemandangan seperti yang ditemukan di pantai Kelingking Nusa Penida ini.

Bila anda mulai perjalanan dari Padang Baik, anda dapat naik kapal Feri dengan membayar sekitar Rp30.000 per orang. Anda juga bisa menggunakan speed boat dengan biaya sewa sebesar Rp45.000 per orang. Namun jika anda memulai perjalanan dari Padang Bai akan memakan waktu kurang lebih 1 jam agar bisa menuju ke Nusa Penida.

Sementara itu bagi anda yang memulai perjalanan dari pantai Sanur, anda dapat menggunakan perahu tradisional dengan membayar sekitar Rp40.000 untuk bisa menuju Nusa Penida. Perjalanan ke Nusa Penida bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu setengah jam perjalanan. Sedangkan dari Nusa Penida sendiri agar bisa menuju ke pantai Kelingking memakan waktu kurang lebih 45 menit, dengan jarak tempuh 25 km.

Infrastruktur yang berada di Nusa Penida memang belum begitu sempurna. Sehingga disini tersedia pilihan transportasi umum yang sangat terbatas. Saran kami saat anda berkunjung ke pantai Kelingking ini sebaiknya menyewa motor supaya lebih fleksibel untuk bisa mencapai destinasi wisata yang ada di Nusa Penida ini.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang berkunjung ke Pantai Kelingking, agar bisa masuk ke kawasan pantai ini tidak perlu membayar tiket retribusi alias gratis. Perjalanan yang ditempuh untuk menuju pantai Kelingking ini memang cukup jauh. Tetapi semua perjuangan anda akan terbayar saat anda melihat pemandangan yang begitu mempesona di pantai Kelingking ini.

Tunggu apalagi, mulai sekarang jika anda berkunjung dan berwisata ke pulau Dewata Bali, jangan lupa masukkan pantai Kelingking Nusa Penida ke dalam list destinasi wisata tujuan anda. Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata yang belum pernah anda rasakan di tempat lain.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi