Kuta

kapSiapa yang tak kenal dengan pantai Kuta Bali. Pantai yang satu ini memiliki nama yang telah mendunia dan sangat terkenal di kalangan wisatawan baik luar maupun dalam negeri.

Salah satu pantai yang sangat eksotis dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Berada di teluk berbentuk sabit dengan air dangkal berwarna biru kehijauan, Kuta menjadi tempat wisata favorit bagi para peselancar dan para pemburu ‘golden sunset’.

Dengan ombak yang sesekali menyentuh pasir putih bersih hingga membentuk bukit-bukit pasir yang bergelombang di sepanjang pantai, Kuta menjadi destinasi wisata di Bali yang wajib di kunjungi.

Tertarik mengunjungi Kuta? Berikut panduan kecil yang kami susun untuk membantu anda menjelajahi Kuta. Temukan hal-hal menarik disana dan nikmati liburan anda.

Kuta – Panduan Lengkap Menikmati Liburan di Pantai Kuta

pantai Kuta

Sejarah Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta di Bali sudah memiliki sejarah penting sejak abad ke-14. Pantai cantik itu telah dikenal oleh para pedagang sejak 1336 M, terutama sejak Gajahmada dan pasukannya dari Majapahit, mendarat di bagian selatan pantai ini.

Karena sering menjadi lokasi persinggahan, pelan-pelan daerah ini menjadi pelabuhan kecil. Warga pun menyebut kawasan di Banjar Segara Kuta ini dengan nama Pasih Perahu yang berarti pantai perahu.

Sebelum menjadi kawasan wisata, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. Pada abad ke-19, salah seorang pedagang warga Denmark Mads Lange, datang ke Bali untuk mendirikan basis perdagangan di Kuta. Mads Lange terkenal pandai bernegosiasi sehingga bisa merebut hati raja-raja Bali dengan Belanda.

Kuta semakin diperhitungkan setelah penulis Hugh Mahbett menerbitkan buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata.

Buku ini bertujuan untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku tersebut kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.

Padahal tahun 1960-an Pantai Kuta masih sunyi. Para wisatawan pun belum banyak dan mereka dengan santainya telanjang di pantai. Menurut Horst Henry Geerken, menjelang akhir 1960-an, Kuta menjadi tempat favorit kaum hippies. Mariyuana, dan obat-obatan lain banyak dijual di sini. Namun setelah tahun 1970-an, turis sudah tidak bisa lagi bebas dan mulai ada larangan turis telanjang di pantai. Namun tetap saja Pantai Kuta difavoritkan.

Waktu itu hotel-hotel tidak banyak sebaliknya Kuta dipenuhi penginapan yang dimiliki penduduk lokal. Di sepanjang Pantai Kuta waktu itu masih terdapat perahu nelayan.

Perkembangan pantai Kuta Bali

Tapi kemudian Kuta tumbuh semakin pesat sebagai tempat wisata andalan setelah bandara pindah ke Kabupaten Singaraja di kawasan Bali Selatan, Kuta semakin dipenuhi bagunan dan akomodasi untuk kegiatan wisata.

Pada tahun 2002 dan 2005 pantai Kuta sempat sepi akibat insiden bom Bali I dan II. Banyak negara melarang warganya untuk datang di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, pariwisata ke Pantai Kuta kembali bangkit dan terus mengalami perbaikan-perbaikan.

Apa yang menarik di Pantai Kuta Bali?

Pantai Kuta adalah ikon dan landmark Bali. Berkunjung ke Bali tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Kuta.

Sebagai salah saru tempat wisata pantai yang ada di pulau Bali , Pantai Kuta wajib masuk kedalam daftar paket tour di Bali yang anda pilih, mengapa? Berikut alasannya:

Kuta Memiliki pantai yang indah

  • Pertama pantainya yang indah. Daya tarik utama pantai Kuta adalah pantainya yang indah. Dengan hamparan pasir putih yang sangat luas, dan air laut berwarna biru tosca, membuat siapapun yang melihatnya ingin langsung menenggelamkan diri ke lautan. Di pinggir pantai, pasir putih bersih terhampar luas sejauh mata memandang dengan deburan ombak yang datang dan pergi menyapa. Di sore hari suasana akan berubah menjadi sangat romantis dan rileks bersama tenggelamnya matahari yang memancarkan semburat warna kuning keemasan dari kaki langit. Perpaduan yang sangat sempurna antara birunya lautan dan senja. Anda dijamin tidak akan menyesal duduk berlama-lama di pantai Kuta hanya untuk menyaksikan ‘golden sunset’.

Sepanjang pantai kuta merupakan pasir putih

  • Selain pantainya yang indah, pantai Kuta juga memiliki pasir putih terbersih di Bali. Karena pasir pantainya yang putih bersih, pantai Kuta menjadi tempat berjemur favorit para wisatawan mancanegara. Bagi wisatawan domestik, pemandangan turis dari berbagai negara sedang berjemur dengan hanya memakai bikini bisa menjadi pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan menakjubkan ini bisa anda lihat secara gratis di Pantai Kuta setiap hari. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi Pantai Kuta, setidaknya sekali seumur hidup!

Kuta Merupakan tempat terbaik melihat matahari terbenam “Golden Sunset”

  • Masih soal viewnya yang cantik, pantai Kuta merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari Terbenam Melihat sunset di Pantai Kuta wajib hukumnya jika berkunjung ke Bali. Sunset di pantai Kuta sangat eksotis karena matahari akan terbenam berlahan-lahan seolah-olah tenggelam masuk ke dalam lautan. Mulai dari matahari yang sempurna bulat, perlahan masuk ke dalam laut seperempat bagian, setengah bagian dan seterusnya sampai matahari benar-benar menghilang ditelan lautan, menyisakan bias sinar kuning keemasan di ufuk Barat. Pemandangan yang sangat cantik dan membekas di jiwa!

Gratis jika kita Masuk ke pantai kuta

  • Yang paling menarik dari Pantai Kuta adalah biaya masuknya yang 100% gratis tanpa biaya. Kabar baiknya lagi adalah, pantai ini buka 24 jam jadi anda bisa menikmati suasana pantai kapanpun yang anda mau. Tertarik pergi ke Kuta? Ikuti paket tour di Bali atau dapatkan tiket wisata promo ke Bali.

Lokasi Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta terletak di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Propinsi Bali, Indonesia. Sebelah Utara ke Kota Denpasar, sebelah Selatan ke Bandara Ngurah Rai, Nusa Dua, sebelah Timur ke Pantai Sanur, sebelah Barat Laut Indonesia, Selat Bali.

Jika kalian datang dari Bandara Internasional Ngurah Rai, diperlukan perjalanan kurang lebih 15 menit untuk menempuh jarak 4,5 kilometer agar bisa sampai ke lantai Kuta.

Meskipun sebenarnya cukup dekat, tapi terkadang perjalanan macet sehingga waktu perjalanan bisa molor hingga 45 menit.

Jika dari arah Denpasar bisa langsung menuju ke Pantai Kuta jarak tempuh sekitar 10 km bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Untuk bisa sampai ke pantai Kuta, anda dapat menggunakan mobil, motor atau menggunakan taksi, bahkan anda juga bisa berjalan kaki dari Bandara Ngurah Rai dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Bagi anda memilih menggunakan bus, anda perlu berhenti di area central parkir Kuta, kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik suttle menuju Pantai Kuta, Bali.

Jika anda seorang wisawatan dari luar Bali tetapi tidak ingin menggunakan kendaraan umum, tenang saja anda bisa sewa mobil di Bali atau mengikuti paket tour di Bali.

 

Harga tiket masuk Pantai Kuta Bali 2018

Biaya masuk ke Pantai Kuta adalah Gratis!!. Anda hanya perlu membayar biaya parkir bila datang menggunakan motor atau mobil.

• Untuk motor biaya parkir Rp 2000,-

• Untuk mobil biaya parkir Rp 5000,-

Pantai Kuta buka 24 jam selama 7 hari penuh kecuali saat hari besar keagamaan seperti Nyepi maka aktivitas di pantai akan di liburkan.

Aktivitas di Pantai Kuta Bali

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Kuta mengingat pantai Kuta merupakan pantai favorit para wisatawan. Aktivitas di pantai Kuta bisa anda temukan selama 24 jam penuh karena area pantai terbuka untuk umum.

Berenang di Pantai Kuta Bali

Berenang dan bermain air menjadi aktivitas favorit para wisatawan. Air laut Pantai Kuta yang sangat bening dan jernih, akan menggoda siapapun untuk menyentuhnya.

Gak bisa berenang? Jangan khawatir, Pantai Kuta memiliki banyak penjaga pantai dan tim penyelamat yang bersiap siaga di posisinya. Setidaknya ada 40 penjaga pantai yang tersebar di berbagai titik.

Berselancar di Pantai Kuta Bali

Berselancar adalah aktivitas lain yang bisa kalian lakukan di Pantai Kuta Bali. Berselancar menjadi aktivitas favorit terutama bagi para turis dari luar negeri. Ombak pantai kuta yang tidak terlalu tinggi dan datang pergi secara teratur sangat cocok untuk berselancar.

Ombak di pantai Kuta termasuk ombak terbaik di dunia untuk berselancar meski bukan nomor 1. Jadi jangan heran jika anda akak melihat banyak orang membawa papan selancar.

Belum mahir berselancar, tenang! anda dapat belajar berselancar sebagai pemula di tempat kursus surfing seperti Rip Curl Surf School, Surfer girl surfing school, dan Odysseys.

Bahkan jka anda tidak memiliki papan selancar, anda dapat menyewanya dengan harga Rp 50.000 hingga Rp. 150.000 per jam.

Berjemur di Pantai Kuta Bali

 

Letak pantai Kuta yang berada di wilayah tropis, membuat pantai cantik ini menjadi kawasan favorit para wisatawan asing untuk berjemur. Suhunya yang hangat dan terpapar sinar matahari langsung hampir di sepanjang tahun, membuat para turis asing tergila-gila dengan kehangatan pantai Kuta.

Bagi anda wisatawan domestik, anda juga bisa ikut berjemur untuk menghitamkan kulit. Jika tidak, melihat wisatawan asing berjemur, juga sudah menjadi hiburan tersendiri.

Bermain Pasir di Pantai Kuta Bali

 

Bermain pasir bisa menjadi aktivitas murah meriah yang bisa anda lakukan di Pantai Kuta Bali. Cukup memilih spot yang tepat, anda sudah bisa mengkreasikan diri dengan pasir pantai Kuta yang bersih dan lembut

Aktivitas ini sangat menyenangkan terutama bagi anda yang datang bersama anak-anak atau teman .

Bermain Voli Pantai di Pantai Kuta Bali

Bosan bermain air dan pasir, kini saatnya melakukan olahraga pantai. Yap! di pantai Kuta anda bisa mencoba kebolehan anda bermain voli pantai.

Olah raga ini sangat cocok dilakukan di Pantai Kuta Bali karena garis pantainya yang luas dan bersentuhan dengan air laut menjadi tantangan sendiri.

Bagi pengunjung ingin serius atau tantangan lebih tersedia juga lapangan khusus voli pantai. Jika memiliki anggota team cukup, anda bisa mencari lawan tanding agar bebih bersemangat.

Bermain Layangan di Pantai Kuta Bali

 

Angin di Pantai Kuta yang cukup besar, sangat cocok jika digunakan untuk bermain layang-layang. Aktivitas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Pantai Kuta.

Angin sepoi-sepoi dan pasir pantai luas sangat bersahabat untuk bermain layangan.

Ingin bermain layangan di pantai Kuta? Anda bisa membelinya langsung di pantai Kuta. Penjual layang-layang beserta perlengkapannya banyak ditemui disekitar jalan di Pantai Kuta. Harganya pun tidak terlalu mahal dan bisa ditawar, jadi aktivitas satu ini sangat patut untuk dicoba saat berada di Pantai Kuta.

Menikmati matahari terbenam

Tak seperti di pantai Sanur yang terkenal dengan keindahan matahari terbitnya. Di pantai Kuta, pengunjung akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang sangat eksotis dan romantis.

Dibandingkan dengan pantai lainnya di Bali, Pantai Kuta adalah tempat terbaik untuk melihat sunset karena matahari secara perlahan akan terbenam seakan terbenam ke tengah laut.

Pemandangan ini adalah buruan para fotografer profesional dan anda juga bisa mengabadikannya dalam jepretan kamera karena viewnya sangat Instagramable dan layak share.

Mencoba wahana Bali Slingshot (5GX)

Ingin merasakan sensasi terlempar ke udara dengan kecepatan hampir 200 km/jam, anda wajib mencoba Bali Slingshot.

Wahana ekstrem ini sangat memacu andrenalin dan hanya bisa anda temukan di Pantai Kuta, Bali. Meski cukup extreme, wahana ini dijamin aman.

Tertarik mencobanya, anda akan dikenai tarif tergantung pada berapa banyak orang yang bergabung di permainan tersebut.

• Untuk dua orang, harga tiket Rp 350.492 per orang
• Jika ada tiga orang yang menaikinya, harga tiket turun menjadi Rp 256.401 per orang

Lokasi permainan ini berada di batas antara Kuta dan Legian. Tepatnya ada di Jalan Raya Legian 99, Legian, Bali. 5GX Bali buka dari pukul 11.00 WITA sampai larut malam atau pukul 03.00 dini hari WITA.

Pijat tepi pantai Kuta Bali

Sembari berjemur menikmati indahnya pantai, anda dapat memesan pijat yang ditawarkan oleh ibu-ibu penduduk setempat. Dengan durasi minimal 30 menit hingga batas waktu sesuai keinginan para pemesan. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda karena di pijat di pinggir pantai.

Sambil berjemur dan menikmati angin sepoi-sepoi di pinggir pantai, pijatan para ahli tersebut akan membuat anda merasa sangat rileks dan nyaman hingga mengantuk. Anda boleh tertidur hingga tidak sadar bahwa pijatan telah selesai.

Untuk menggunakan jasa pijat di tepi pantai Kuta, harga standar yang diterapkan adalah Rp 50.000. Namun, harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Membuat tato

Ingin mencoba membuat tato, pantai Kuta memiliki banyak ahli tato yang bisa anda coba.

Banyak sekali contoh pilihan gambar ditawarkan lengkap dengan harganya. Jika Anda cocok para pembuat tato ini akan mulai melukis di bagian tubuh yang anda inginkan.

Pada umumnya tato dibuat tidak permanen, akan hilang dalam beberapa hari. Jadi anda tidak perlu kuatir tato tersebut menempel di kulit selamanya.

Mengepang rambut

Aktivitas ini terdengar aneh dan unik, namun demikianlah kenyataan. Para ibu-ibu di pantai Kuta, biasa menawarkan jasa kepang rambut pada turis yang datang.

Sambil bersantai menikmati suasana pantai Anda bisa meminta tolong mereka untuk mengepang kan rambut anda. Banyak jasa menawarkan kepang rambut dengan berbagai gaya. Tinggal pilih gaya kepang seperti apa.

Untuk menggunakan jasa kepang rambut, bagi anda wisatawan domestik, anda harus merogoh kocek Rp 50.000,-

Untuk wisatawan mancanegara, jasa pengepang rambut ini membanderol dengan harga Rp 100.000,- per orang.

Wisata budaya

Meskipun Pantai Kuta sangat identik dengan wisata airnya, Pantai yang terletak di Kabupaten Badung itu kerap menggelar wisata budaya seperti Kuta Carnaval yang menampilkan kultur budaya, berbagai makanan tradisional dan fashion carnival khas Bali.

Selain itu, umat Hindu juga kerap mengadakan kegiatan upacara di Pantai Kuta seperti upacara Melasti, Nangluk Merana (tolak bala) dan Nguyuh. Anda juga bisa menyaksikan pawai Ogoh-Ogoh yang digelar sebelum hari raya Nyepi.

Wisata malam

Karena buka 24 jam, Pantai Kuta menjadi pusatnya wisata malam. Hiburan malam dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Pantai Kuta mulai dari live music, diskotik, bar, pub, kafe.

Tempat-tempat seperti ini selalu ramai terutama oleh wisatawan mancanegara yang menghabiskan malam mereka untuk mencari hiburan.

Hiburan malam di sekitar Kuta, Legian termasuk karakteristik hingar-bingar. Jadi jika anda mencari suasana tenang bukan pantai Kuta tempatnya. Anda dapat berkunjung ke Pantai Suluban yang masih perawan dan jauh dari hingar bingar wisatawan.

Wisata Belanja

Ingin oleh-oleh dari Bali, anda dapat mencarinya di sekitaran Pantai Kuta Bali. Disepanjang jalan menuju pantai Kuta, banyak pedagang yang menjual oleh-oleh khas Bali yang siap anda bawa pulang.

Di ujung Selatan pantai Kuta Bali, juga ada pasar seni yang menyediakan beragam souvenir. Disana tersedia bermacam pernak-pernik cantik dan unik terbuat dari kerang dan bintang laut hasil kerajinan masyarakat Bali.

Berkunjung ke Monumen Panca Benua (Monumen Ground Zero)

Masih ingat dengan tragedi Bom Bali I yang menggemparkan dunia. Bom yang meledak di kawasan Legian, Kuta Bali itu, mencuri perhatian dunia karena menelan banyak korban baik turis asing maupun warga lokal.

Untuk menghormati mereka yang menjadi korban tragedi ini, masyarakat Bali membangun Monumen Panca Benua sering disebut Monumen Ground Zero.

Monumen ini dibangun untuk mengenang tragedi bom Bali I terjadi pada 12 Oktober 2002 dan diresmikan 2 tahun kemudian. Pengunjung dapat melihat nama-nama korban dari kejadian tersebut yang terukir di sebuah plakat besar.

Monumen Ground Zero terletak di area Paddy’s CAfe, Legian , Kuta, Bali. Tempat ini masih sering dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai negara terutama dari keluarga korban.

Jika anda ingin melihat bagaimana kejamnya para teroris itu memporak porandakan Bali, anda dapat berkunjung ke monumen ini.

Akomodasi dan Hotel di Pantai Kuta Bali

Sebagai salah satu pantai tujuan utama para turis dari mancanegara, pengelola Pantai Kuta Bali melakukan semua yang terbaik agar Pantai Kuta Bali tetap terjaga keindahannya dan pengunjung merasa nyaman.

Untuk itu Pantai Kuta dilengkapi dengan lahan parkir yang luas, kamar mandi umum, payung pantai, dan tempat penyewaan berbagai kelengkapan aktivitas pantai seperti papan selancar, tikar, tersedia kios minuman dan makanan.

Untuk urusan penginapan anda tidak perlu khawatir karena di Pantai Kuta balibanyak sekali hotel dan berbagai jenis penginapan yang tersedia dalam berbagai pilihan dengan dengan fasilitas baik, mulai dari harga murah sampai premium.

Di sepanjang jalan menuju pantai banyak sekali penginapan, homestay, resort sampai hotel bintang 5. Bagi backpackers juga tersedia hostel untuk bermalam.

Ayo! tunggu apalagi, kemasi barangmu dan segera dapatkan tiket promo wisata di Bali atau pilih paket tour ke Bali sesuai keinginanmu. TripBaliGo menyediakan berbagai paket wisata dengan dengan harga murah namun kualitas gak murahan. Terdapat berbagi jenis tinggal sesuaikan dengan bujet dan selera anda!. Ayo buktikan!

Tinggalkan komentar