Pantai Tulamben Bali Wisata Bawah Laut Yang Memukau

Wisata pantai indah yang ada di pulau Bali memang tidak pernah lelah menyuguhkan keindahan panorama alam yang dimilikinya. Begitu juga dengan salah satu destinasi wisata yang bernama pantai Tulamben Bali ini. Pantai ini selalu memperlihatkan keindahan bawah laut yang sangat eksotis. Sehingga tak heran bila pantai Tulamben begitu terkenal sebagai salah satu spot terbaik untuk melakukan aktivitas berupa snorkeling dan juga diving.

Pantai Tulamben Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan bagi anda para pecinta diving dan snorkeling. Sebab wilayah perairan Tulamben ini memiliki banyak spot menyelam yang sangat memukau. Sehingga menjadikan tempat ini sebagai objek wisata di kawasan Bali Timur yang sangat populer. Jadi bagi anda yang penasaran seperti apa keindahan dari pantai Tulamben ini, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pantai Tulamben Bali Wisata Bawah Laut Yang Memukau
lifestyle.okezone.com

Lokasi Pantai Tulamben Bali

Jika anda masih bingung dan penasaran sebenarnya dimana lokasi dari pantai Tulamben ini. Maka anda tidak perlu susah-susah untuk mencarinya. Pantai ini berada di wilayah Bali Timur yang lokasinya masih masuk ke dalam wilayah administrasi dari kecamatan Kubu. Tepatnya di bagian utara kabupaten Karangasem Bali. Pantai ini menghadap ke Selat Lombok.

Alamat lengkap dari pantai ini adalah di desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali. 104 km jarak yang dapat ditempuh dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Jadi untuk tiba di tempat ini anda memerlukan waktu sekitar 2 setengah jam.

Daya Tarik Pantai Tulamben

Keindahan yang berupa pesisir, tidak seperti pantai-pantai lainnya yang ada di pulau Dewata yang lebih banyak berpasir. Pantai ini memiliki air laut yang tenang, jernih dilengkapi dengan gradasi warna hijau yang kebiruan. Pesona keindahan alam bawah laut pantai Tulamben sudah tersohor ini juga mempunyai visibilitas yang cukup tinggi. Sehingga pantai ini menjadi salah satu objek wisata bahari yang paling populer untuk tujuan snorkeling dan diving.

Bangkai Kapal di Bawah Laut

Pemandangan indah bawah laut pantai Tulamben semakin lengkap dengan adanya bangkai kapal USAT Liberty ketika perang dunia 2. Yang menjadi salah satu spot poin dari penyelaman populer yang ada di kawasan ini. Lokasinya sangat mudah diakses hanya berada pada kedalaman 30 meter dengan jarak sekitar 30 meter dari pantai.

Mulanya kapal ini adalah kapal pengangkut bahan logistik untuk tentara Amerika. Kapal dengan panjang sekitar 120 meter yang telah di torpedo oleh Jepang mulanya terdampar di tepi pantai. Tetapi ketika gunung Agung meletus tahun 1963. Kapal ini terseret ke tengah laut dan tenggelam. Saat ini lokasi karamnya kapal perang ini telah menjadi tempat tinggal untuk ribuan biota laut dan menghadirkan pemandangan yang sangat luar biasa.

Waktu Terbaik Ke Pantai Tulamben

Agar anda bisa menikmati pemandangan indah yang ada di bawah laut, maka ada waktu terbaik yang bisa anda pilih untuk menyelam di tempat ini. Yaitu saat pagi hari dan sebaiknya tidak lebih dari 11.00. Sebab pantai Tulamben berada di bagian timur, sehingga saat pagi hari jarak pandang penyelaman dapat mencapai 30 meter. Selain itu, dengan air jernih nya air laut pada waktu pagi hari akan menambah keseruan anda saat menyelam bersama dengan banyaknya ikan ikan cantik yang ada di pantai ini.

Sebagai salah satu lokasi wisata yang sering dikunjungi penyelam dunia, pantai ini menyediakan banyak sekali peralatan diving dan snorkeling yang bisa anda sewa. Bahkan jika anda ingin menginap dan merasakan seperti apa hidup di kesunyian lingkungan desa. Anda dapat menginap di beberapa bungalow, homestay atau hotel yang ada di sekitar pantai Tulamben ini.

Harga Tiket Masuk

Bagi para pengunjung yang datang dan ingin memasuki kawasan wisata pantai Tulamben Bali. Maka anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Anda cukup membayar tiket parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk kendaraan roda dua atau motor.

Jika anda tertarik untuk menyelam, anda bisa belajar dan untuk satu kali sesi latihan dikenakan biaya Rp500.000 di kolam and Coral Garden Tulamben. Sementara anda akan dikenakan biaya Rp800.000 untuk satu kali sesi latihan di Coral Garden Tulamben dan USAT Liberty.

Sementara itu bagi anda yang belum berani untuk diving anda bisa snorkeling dengan biaya sangat terjangkau yaitu Rp150.000 per orang. Dengan minimal peserta sebanyak 2 orang. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut pantai Tulamben Bali dengan aktivitas snorkeling yang akan didampingi oleh dua pemandu. Sehingga ini bisa menjamin kenyamanan dan keselamatan anda saat snorkeling.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi