Pesona Keindahan Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar

Tempat-tempat keren dan indah untuk dikunjungi di Bali memang tidak pernah ada habisnya. Seperti daerah Gianyar memiliki berbagai macam wisata baru yang menjadi tujuan untuk pariwisata. Salah satunya adalah air terjun Goa Rang Reng Gianyar. Salah satu tempat wisata alam baru yang sangat menarik perhatian dari banyak orang di Gianyar ini patut anda kunjungi. Namanya air terjun Goa Rang Reng, lokasinya berada di wilayah Gianyar yang terkenal sebagai sebuah daerah dataran tinggi. Dengan adanya tempat ini , maka menjadi wisata alam yang cukup dikenal para pecinta alam.

Air terjun Goa Rang Reng Gianyar ini memang belum sepopuler air terjun yang ada di Bali lainnya. Tetapi pesona keindahannya begitu memukau. Uniknya, air terjun yang ada di tempat ini tidak mengucur deras ke bawah seperti air terjun yang pernah kita lihat pada umumnya. Aliran air yang ada di tempat ini menyebar lewat undakan bebatuan, jadi lebih landai dan tidak curam.

Lokasi Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar

Jika anda ingin menikmati indahnya panorama alam sekitar dan merasakan sejuknya air terjun yang ada di Gianyar ini. Maka lokasi dari air terjun Goa Rang Reng ini berada di Banjar Gitgit, Desa Bakbakan, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Air terjun yang cantik ini bisa anda kunjungi dengan jarak tempuh sekitar 31 km dari arah Denpasar. Bila anda datang dari kota Gianyar, maka hanya perlu menempuh jarak 3 km.

Untuk sampai di tempat ini, rutenya tergolong mudah. Perjalanan bisa memanfaatkan kendaraan roda empat dan juga roda dua. Jika anda sudah sampai di tempat parkir, maka anda harus pergi untuk menempuh jalan setapak berupa tanah. Barulah anda bisa sampai ke air terjun Goa Rang Reng ini.

Daya Tarik Air Terjun Goa Rang Reng

Air terjun ini sangat jernih karena berasal dari sumber pegunungan. Sehingga sangat menyegarkan bila anda mandi atau bermain air di tempat ini. Bebatuan yang terkena aliran air ditumbuhi lumut hijau. Paduan warna batu hitam dan hijaunya lumut serta aliran air membuat panorama yang ada di tempat ini menjadi sangat unik dan asri.

Di bagian atas air yang air terjun yang merupakan hulu sungai dan terdapat gua yang bernama Goa Rang Reng. Anda bisa mengunjungi gua tersebut dengan menyusuri batuan kering yang ada di sebelah kiri air terjun. Goa tersebut tembus ke belakang dan membentuk lubang yang bisa ditembus cahaya matahari.

Hulu sungai yang ada di tempat ini umumnya digunakan masyarakat untuk Melukat atau membersihkan diri dari hal negatif. Dengan demikian, lokasinya memang tergolong lokasi yang disakralkan oleh umat yang beragama Hindu. Lokasi air terjun ini adalah tempat suci, jadi pengunjung yang datang ke tempat ini harus menjaga sopan santun. Menjaga perilaku dan perkataan, dan juga harus berpakaian sopan. Pengunjung wanita yang sedang haid sebaiknya tidak diperkenankan masuk ke dalam gua. Sebab untuk menjaga kesucian dari lokasi ini.

Tiket Masuk

Tidak perlu khawatir tentang harga tiketnya, karena tiket masuknya sangat murah hanya Rp5.000 per orang. Dengan membayar Rp5.000 saja, anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang begitu luar biasa. Anda juga bisa mengabadikan momen anda saat liburan di air terjun ini dengan berfoto dan mengunggahnya ke akun sosial media anda.

Waktu Terbaik Ke Air Terjun Goa Rang Reng

Tips bagi anda yang ingin berkunjung ke air terjun Goa Rang Reng ini sebaiknya anda tidak datang saat musim hujan tiba. Sebab sudah bisa dipastikan jalanan yang akan dilalui tentunya becek. Karena jalan menuju ke tempat ini masih berupa tanah asli dan belum di semen. Jangan lupa pula anda bawa kamera, sebab foto-foto yang dihasilkan tentu akan sangat cantik dan menarik. Karena pemandangan di tempat ini memang sangat menakjubkan.

Di tempat ini sudah memiliki beberapa fasilitas yang telah dibangun. Meskipun memang fasilitas yang disediakan di tempat ini masih sangat sederhana, namun sudah bisa mendukung wisata anda di tempat ini. Di tempat ini sudah tersedia warung makan sederhana, lokasi parkir kendaraan dan juga tempat ganti. Walaupun akses dan juga fasilitasnya terbilang belum memadai, tapi anda tak perlu meragukan keindahan wisata Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar ini. Untuk itu, saat ke Bali, mampir ke air terjun ini.

Tinggalkan komentar