Pesona Keindahan Wisata Pulau Menjangan Bali Barat

Saat anda berwisata ke pulau Bali, tentunya anda akan memilih untuk liburan ke berbagai macam objek wisata yang sudah terkenal di sana. Seperti pantai Pandawa, pantai Kuta, Jimbaran atau berbelanja buah tangan di Pasar Seni Sukawati yang berada di Gianyar. Tetapi yang menjadi pertanyaan apakah pulau Bali hanya terkenal dengan daerah tersebut? Padahal pulau Bali punya banyak sekali tempat wisata yang juga sangat menarik yang bisa menjadi pilihan untuk anda kunjungi. Salah satunya yaitu wisata di pulau Menjangan Bali Barat.

Pulau Menjangan Bali Barat merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang sangat recommended. Mungkin memang sebagian dari anda belum mendengar tentang keindahan objek wisata ini. Sebenarnya pulau Menjangan sendiri adalah pulau kecil yang berada di pulau Bali di wilayah bagian barat. Menjangan sendiri merupakan nama hewan yang merupakan sejenis rusa liar. Jika dilihat dari namanya, kita tentu bisa menerka bahwa pulau ini dihuni rusa liar atau menjangan. Ada banyak sekali daya tarik dari pulau ini, sehingga anda wajib mengunjunginya saat berlibur ke pulau bali.

Pemburuombak.com

Lokasi Pulau Menjangan Bali Barat

Lokasi dari pulau Menjangan ini berada di Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di bagian sebelah timur laut. Bila saat ini anda berada di pantai Kuta Bali, maka objek wisata ini memang jaraknya cukup jauh. Paling tidak anda harus menempuh 3 jam perjalanan agar sampai ke penyebrangan menuju pulau ini. Walaupun lokasinya terbilang cukup jauh dari pusat kota, tetapi banyak penyelam yang datang ke tempat ini. Lokasi tepatnya di wilayah Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Daya Tarik Pulau Menjangan Bali

Seperti yang sudah diutarakan tadi, sesuai dengan namanya pulau ini memang dihuni oleh menjangan. Salah satu daya tarik utama yang disuguhkan oleh pulau ini adalah indahnya pemandangan alam yang bisa dilihat di bawah laut. Di samping itu, pulau ini juga tidak berpenghuni, sehingga masih terlihat keasliannya. Bahkan karena memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona, maka pulau ini menjadi salah satu tempat terbaik bagi wisatawan untuk melakukan diving.

Saat anda tiba di pulau ini, anda bisa melihat kawasan berupa pantai pasir putih yang sangat indah. Di samping itu, pemandangan air laut yang berwarna biru dengan gradasi hijau membuat sejuk penglihatan anda. Hal yang menjadikan gradasi warna pada air laut ini dikarenakan dasar laut yang memiliki banyak plankton yang tumbuh dengan subur. Di samping plankton, di dasar laut ini juga banyak terdapat terumbu karang yang masih sangat alami dan menjadi habitat bagi para ikan yang berwarna-warni.

Aktivitas Di Pulau Menjangan

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan melakukan berbagai aktivitas seru seperti scuba diving dan snorkeling. Di pulau Menjangan memiliki banyak sekali tempat yang dapat dipilih sebagai tempat snorkeling. Salah satunya di dekat dermaga dan juga pantai. Di kawasan ini anda bisa sepuasnya berenang bersama dengan ikan yang lalu lalang. Namun ketika anda berenang ke bagian tengah, maka anda bisa melihat berbagai macam ikan warna-warni dan juga terumbu karang yang sangat indah.

Salah satu spot snorkeling yang menawarkan keindahan bawah laut yang sangat apik adalah di dekat tebing. Walaupun begitu anda tidak perlu berenang dulu ke dermaga, karena lokasi ini bisa memungkinkan anda dapat melihat pesona alam bawah laut tanpa anda harus berenang. Anda bisa naik kapal selam Odyssey. Anda bisa menjadikan kapal tersebut sebagai pilihan yang tepat untuk berlibur bersama anak-anak. Dengan naik kapal selam ini anda dan anak-anak bisa menyaksikan indahnya kehidupan bawah laut tanpa perlu menyelam.

Di samping wisata bawah lautnya yang mempesona. Saat anda berkunjung ke pulau Menjangan ini anda juga dapat mencoba kegiatan berupa bali rafting yang sangat memacu adrenalin.

Harga Tiket Masuk

Soal harga tiket masuknya anda bisa masuk ke pulau Menjangan ini dengan membayar tiket Rp25.000 per orang dengan asuransi Rp40.000 untuk pengunjung lokal atau domestik. Sementara untuk wisatawan mancanegara atau turis asing, maka bagi yang ingin berkunjung ke pulau Menjangan maka akan dikenakan tarif sebesar Rp400.000 per orang. Jika anda sedang berlibur ke Bali, maka jangan lewatkan untuk menikmati wisata bawah laut yang menakjubkan di pulau Menjangan Bali Barat ini.

Tinggalkan komentar