Pura Di Bali – Daftar Pura Terbesar Yang Wajib Diketahui Wisatawan

Bali memang sudah terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan menakjubkan. Hal tersebut yang membuat wisatawan lokal maupun wisatawan asing sering melakukan liburan ke Pulau Bali. Tidak hanya keindahan pantainya saja yang menjadi daya tarik, namun di Bali juga banyak bangunan pura yang tak kalah menarik. Jumlah pura yang ada di Bali sangat banyak, sehingga membuat Bali dijuluki sebagai pulau seribu pura. Bagi yang penasaran dengan pura yang ada di Bali, berikut adalah daftar pura di Bali terbesar :

1. Pura Luhur Uluwatu

Keunikan Pura Luhur Uluwatu adalah bangunan pura ini di bangun di atas ujung batu karang. Pura ini terletak di ujung tebing karang yang dapat dibilang sangat curam. Perlu diketahui bahwa tebing karang tersebut memiliki tinggi sekitar 70 meter di atas permukaan laut.

Bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan dari matahari terbenam, maka pura ini sangat cocok digunakan sebagai tempat menikmati keindahan matahari terbenam. Selain itu, saat berada di Pura Luhur Uluwatu ini, wisatawan dapat melihat keindahan Samudera Hindia.

Pura di Bali yang satu ini berlokasi di wilayah Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Letak dari Pura Luhur Uluwatu ini sangatlah strategis karena letaknya berdekatan dengan Pantai Pandawa dan tempat wisata Garuda Wisnu Kencana. Apabila wisatawan berangkat dari Jimbaran Bali maka nantinya akan menempuh jarak kurang lebih 15 km untuk dapat sampai ke pura ini.

Setiap harinya di Pura Luhur Uluwatu ini selalu ada pertunjukan seni tari Kecak. Pertunjukan tersebut digelar setiap pukul 18.00-19.00. Untuk wisatawan yang ingin menonton tari Kecak di Pura Luhur Uluwati, wisatawan diwajibkan membayar tiket sebesar Rp. 100.000,-.

2. Pura Tanah Lot

Perlu diketahui bahwa Pura Tanah Lot ini sangat populer bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Setiap harinya pura ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Bangunan pura ini dibangun di atas batu karang berukuran besar di area lepas pantai. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pura ini adalah saat menjelang matahari terbenam.

Hal tersebut dikarenakan, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam dengan siluet Pura Tanah Lot ini. Lokasi pura di Bali yang satu ini adalah di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan Bali. Letak dari pura ini berdekatan dengan tempat wisata populer di Bali seperti Seminyak, Canggu dan Legian.

3. Pura Ulun Danau Beratan Bedugul

Keunikan dari pura yang satu ini adalah pura ini dibangun di tengah danau dan seakan-akan terlihat seperti mengambang di tengah danau. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Saat wisatawan sampai di area pura ini, maka wisatawan akan melihat air danau yang jernih.

Perlu diketahui bahwa Danau Beratan Bedugul ini dikelilingi dengan bukut-bukit yang indah. Selain itu di sekitar pulau juga terdapat kebun-kebun yang tertata rapi. Pura Ulun Danau Beratan Bedugul ini terletak di dataran tinggi, jadi pura ini sering diselimuti kabut. Wisatawan nantinya dapat menyewa perahu untuk berkeliling disekitar danau.

Lokasi pura ini sangat strategis yaitu di Kawasan Tempat Wisata Bedugul, Kabupaten Tabanan Bali. Perlu diketahui bahwa letak pura yang satu ini berdekatan dengan Kebun Raya Bali. Jadi wisatawan yang sedang berkunjung di Kebun Raya Bali, alangkah baiknya untuk mampir ke pura yang satu ini.

4. Pura Taman Ayun Mengwi

Dalam Bahasa Indonesia, Taman Ayun berarti taman yang indah. Perlu diketahui bahwa Pura yang satu ini mempunyai halaman yang luas dengan desain tembok pagar yang sangat khas Pulau Bali. Selain itu, di dalam pura ini juga ada kolam air yang mengelilingi area pura.

Bagi wisatawan yang ingin melihat arsitektur kuno Bali, maka datang saja langsung ke Pura Taman Ayun Mengwi ini. Lokasi dari Pura Taman Ayun Mengwi ini adalah di jalan Ayodya, Mengwi, Kabupaten Badung. Pura yang satu ini lokasinya berdekatan dengan tempat wisata populer seperti Pantai Lovina dan Air Trjun Git-Git.

5. Pura Taman Saraswati Ubud

Bangunan pura yang wajib dikunjungi wisatawan yang sedang berlibur ke Bali adalah Pura Taman Saraswati Ubud. Pura di Bali yang satu ini mempunyai kolam taman bungai teratai yang sangat indah. Banyak wisatwan yang sering berfoto dengan latar belakang Pura Taman Saraswati Ubud ini.

Perlu diketahui bahwa untuk masuk area pura ini, wisatawan tidak akan dipungut biaya alias gratis. Selain itu setiap pukul 19.30 akan ada pentas seni tari Bali di Pura Taman Saraswati Ubud ini. Pura ini berlokasi di jalan Kajeng sebelah utara jalan raya Ubud Bali.

6. Pura Goa Lawah Klungkung

Perlu diketahui bahwa pura yang satu ini merupakan salah satu pura penting bagi umat Hindu yang berada di Bali. Salah satu keunikan dari pura ini adalah bangunan pura ini dibangun di depan goa yang di dalam goa tersebut dihuni ribuan kelelawar.

Wisatawan tidak perlu khawatir dan takut dengan adanya kelelawar ini, karena goa ini sudah dijamin keamanannya. Lokasi dari Pura Goa Lawah Klungkung ini adalah di Desa Pesinggahan, Kabupaten Klungkung, Kecamatan Dawan.

Bagi wisatawan yang ingin berlibur di Pura ini jangan lupa mampir juga di Pantai Pasir Hitam. Perlu diketahui bahwa dari pantai tersebut, wisatawan dapat melihat Pulau Nusa Penida. Karena letak dari pantai tersebut sangat berdekatan dengan Pura Goa Lawah Klungkung, yakni di sebelah selatan pura.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang beberapa daftar pura terbesar yang wajib untuk diketahui para wisatawan. Jadi untuk para wisatawan yang ingin berlibur di Bali, wajib untuk mengunjungi bangunan pura di Bali. Hal tersebut dikarenakan, pura yang ada di Bali memiliki keunikan tersendiri yang tidak akan ditemui di tempat lain.

Tinggalkan komentar