Pura Luhur Ulu Watu, Tempat Ibadah Umat Hindu Dengan Panorama Yang Exotic

Jika membahas Bali dengan maka tidak akan ada habisnya, semua itu tentu karena Bali memiliki begitu banyak hal unik yang membuat banyak wisatawan tertarik. Salah satunya adalah objek wisata sekaligus tempat ibadah umat hindu, yaitu Pura Luhur Ulu Watu yang memiliki panorama yang indah. Hal itu tentu membuat banyak wisatawan yang datang berkunjung, apa lagi daya tarik dan hal yang dapat dilakukan di sini cukup banyak.

Daya Tarik Dari Pura Luhur Ulu Watu

Pura yang dikenal juga dengan nama Pura Sad Kahyangan Jagat (penyangga poros mata angin pulau Bali) ini terletak di sebuah bukit karang yang tinggi, sehingga sangat indah dan mempesona. Hal inilah yang membuat Pura ini bernama Ulu Watu atau puncak batu karang. Saat mendatangi objek wisata satu ini, wisatawan tidak hanya akan merasakan nuansa religius, namun juga keindahan. Dimana Samudra India yang luas akan tersuguh dengan indah saat ombak menghantam kaki tebing.

Disini wisatawan akan dengan mudah melihat sunset yang indah tanpa perlu terhalang oleh apapun, karena Pura Luhur Ulu Watu ini letaknya cukup tinggi. Jika menghabiskan waktu disini pasti tidak waktu akan berjalan cepat dan perut akan lapar, tenang disini sudah banyak tersedia tempat makan yang enak. Selain itu bagi yang ingin menikmati keindahan tempat ini lebih lama, sudah banyak tersedia tempat menginap yang bervariasi.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Ulu Watu

Jika merasa tertarik mengunjungi Pura Luhur Ulu Watu, lokasinya ada pada desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali. Untuk menuju lokasi cukup mudah karena jalan yang tersedia sudah cukup baik, selain itu selain kendaraan pribadi, kendaraan umum serta rental mobil sudah banyak tersedia. Jika dari Bandara Ngurah Rai hanya perlu memakan waktu sekitar 1 jam saja untuk tiba ke lokasi.

Objek wisata ini mulai dibuka untuk umum pukul 7 pagi hingga jam setengah 6 sore. Untuk harga tiket masuk berbeda, dimana wisatawan dalam negeri sebesar Rp. 10.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 8.500,- untuk anak-anak. Sedangkan untuk turis, dewasa sebesar Rp. 20.000,- dan anak-anak sebesar Rp. 10.000,- terjangkau bukan.

Hal Menarik Yang Dapat Dilakukan Di Pura Luhur Ulu Watu

Selain daya tarik yang mengenai objek wisata ini, masih ada beberapa lagi hal menarik lainnya yang dapat dilakukan. Dimana setiap hal yang dilakukan akan memberikan sensasi yang berbeda dari objek wisata lainnya. Hal inilah yang membuat pura ulu watu ramai kunjungan. Berikut hal menarik yang dapat dilakukan di Pura Luhur Ulu Watu bisa jadi referensi:

1. Pertunjukan Tari Kecak

Hal menarik yang membuat wisatawan mengunjungi ojek wisata ini adalah pertunjukan tari kecak yang dilangsungkan selama 1 jam. Namun untuk dapat melihat pertunjukan tari ini, wisatawan diharuskan membayar biaya masuk Rp. 100.000,- saja. Dimana penari dengan jumlah hampir 100 orang akan melingkar dan menari dengan jarak yang cukup dekat. Sehingga rasa religius akan terasa dengan natural saat menyaksikan pertunjukan sedekat ini.

Pertunjukan di langsungkan setiap hari kecuali hari khusus seperti nyepi, melihat pertunjukan tari memang cukup mengasikan karenanya tiket cepat sekali ludes. Untuk menangani hal tersebut, sudah tersedia pemesanan via online, sehingga tiket sudah dapat dipesan walaupun wisatawan belum tiba di Bali.

2. Berenang

Pura ini memiliki pantai yang terletak tidak terlalu jauh, dimana airnya yang jernih serta ombaknya yang indah membuat siapapun ingin berenang. Jadi sambil mengunjungi wisata religi namun tetap dapat menikmati keindahan pantai yang panoramanya sangat exotic. Wisatawan akan dibuat puas dengan semua objek wisata yang ada, serta tetap dapat nilai sejarah apa lagi jika telah menyaksikan tari Kecak.

3. Berselancar (Surfing)

Tidak lengkap rasanya jika ke Pantai namun tidak melakukan selancar, ombak besar yang ada pada Pura Luhur Ulu Watu ini membuat wisatawan sangat tertarik berselancar. Para penakluk ombak pasti tidak akan tahan saat melihat ombak pada pantai ini. Keindahan wisatawan yang berselancar pun sangat menarik untuk dijadikan tontonan dari atas Pura. Bahkan banyak wisatawan yang mengabadikan momen tersebut dengan kamera.

4. Keindahan Sunset (Matahari Terbenam)

Seperti yang dijelaskan di atas, di tempat ini wisatawan akan dibuat puas saat berniat melihat sunset karena keindahannya akan semakin lebih puas terlihat. Sinar mentari berwarna kuning akan sangat indah jika diabadikan ke dalam kamera. Posisi pura yang ke arah barat membuat wisatawan dapat melihat proses dari matahari terbenam. Dimana matahari mulai menggelap hingga menghilang dapat terlihat dengan puas dan jelas.

5. Keindahan Alam Yang Menggoda

Pura ini berada di atas bukit, dimana terbentang cukup luas keindahan perbukitan hijau yang sangat alami. Selain itu tempat ini merupakan desa adat yang sangat menjunjung tinggi nilai tradisi sehingga akan sangat menarik untuk dilihat. Penggabungan pemandangan hijau dan lautnya yang indah akan membuat siapapun tergoda untuk menetap lebih lama disini.

Keindahan tebing yang mengagumkan inilah yang membuat sunset di tempat ini sangat unik dan menggoda. Selain itu, terdapat sebuah hutan hijau bernama Alas Kekeran yang dikenal dengan penyangga kesucian pura ini sangat exotic. Berwisata ke pura Ulu Watu merupakan pilihan tepat, karena dalam satu objek wisata kelengkapannya cukup luar biasa.

Tips Saat Akan Mengunjungi Pura Ulu Watu

Untuk dapat lebih menikmati semua hal menarik pada objek wisata ini ada baiknya wisatawan memahami beberapa tipsnya. Sehingga berkunjung baik untuk ritual ataupun liburan akan berjalan lancar tanpa masalah. Berikut tips saat akan mengunjungi pura Ulu Watu yang wajib dipahami:

  • Pura ini merupakan tempat suci karenanya saat akan berkunjung kenakan pakaian yang sopan
  • Jangan merubah ataupun merusak apapun yang ada pada Pura
  • Disini terdapat monyet liar yang berkeliaran karenanya jangan memakai perhiasan yang berlebiha, selain itu dilarang memberi makan monyet.
  • Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah pada sore hari, dimana udara dan keindahan ada pada waktu terbaik.
  • Jika berada pada kawasan Pura hanya boleh berfoto.
  • Wanita yang sedang datang bulan tidak diperkenankan untuk memasuki Pura.
  • Jangan buang sampai, baik pada area pura ataupun pantai
  • Petunjuk pemandu harus dipahami dan dipatuhi.

Itulah beberapa hal mengenai Pura Luhur Ulu Watu yang menarik untuk dikunjungi. Walaupun tempat ini merupakan objek wisata, namun jangan dilupakan bahwa tempat ini merupakan tempat beribadah orang hindu. Jadi kesopanan tetap harus dinomor satukan.

Tinggalkan komentar