Wisata Taman Ujung Karangasem Pilihan Lokasi Prewed Paling Cantik

Karangasem adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Bali Barat. Di sini terdapat taman Ujung Karangasem yang memiliki julukan sebagai taman Soekasada Karangasem. Tempat ini tentunya wajib menjadi salah satu destinasi wisata anda ketika berkunjung ke Bali. Tempat wisata ini merupakan tempat bersejarah yang sangat menarik. Jadi di Bali anda bukan hanya bisa berkunjung ke pantainya yang eksotis. Tetapi anda bisa mengunjungi tempat wisata bersejarah yang populer sebagai tempat foto prewedding yang sangat cantik.

Taman Ujung Karangasem Bali ini dikenal luas dan dikenal sebagai salah satu lokasi foto prewedding favorit yang ada di Bali. Taman ini juga dikenal sebagai istana air peninggalan dari kerajaan Karangasem pada masa penjajahan Belanda. Taman Ujung disebut sebagai water paleis yang artinya adalah istana air.

Lokasi Taman Ujung Karangasem

Taman wisata ini tepatnya berada di Banjar Uug, Desa Tumbu. Kecamatan Karangasem, Karangasem Bali. Jarak tempuh untuk bisa sampai ke lokasi ini menggunakan kendaraan sekitar 80 kilometer. Sekitar 2 jam 6 menit dari wisata Bali di dekat Bandara Ngurah Rai.

Sejarah Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung ini memiliki desain arsitektur yang mengagumkan. Tak heran bila para calon pengantin memilih lokasi ini sebagai lokasi berlangsungnya foto prewedding favorit mereka. Taman yang dikenal dengan sebutan taman Soekasada ini telah dibangun sejak tahun 1909. Atas permintaan raja kerajaan Karangasem yang bernama I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar sebagai Anak Agung Agung Ketut Karangasem Anglurah.

Proses pembangunan taman ini dilakukan menggunakan jasa dari arsitektur belanda Van Den Hentz. Dan juga arsitektur dari Cina yang bernama Lotto Ang. Walaupun demikian, bangunan yang sering disebut dengan istana air ini dibuat dengan desain arsitektur khas daerah Bali. Pembangunannya awal mulanya digunakan sebagai perluasan kolam daerah yang dibangun tahun 1901.

Waktu yang dibutuhkan untuk pembangunan istana air ini cukup lama. Istana ini baru selesai tahun 1921. Selanjutnya istana yang sudah tercatat sebagai hak milik pribadi keluarga Kerajaan Karangasem ini telah dibuatkan prasasti marmer. Dengan tulisan dua bahasa yaitu bahasa melayu dan bahasa bali.

Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan istana air ini memang semakin tergerus. Pada permulaan pembangunannya taman ini mempunyai luas hingga 400 hektar. Tetapi sekarang luas komplek istana air ini hanya sekitar 10 hektar. Berkurangnya lahan istana ini dikarenakan sebagian besar wilayahnya telah dibagikan pada rakyat ketika masa reformasi tanah.

Disamping itu, taman ini juga pernah mengalami kerusakan parah pada tahun 1963 karena letusan gunung Agung yang tertinggi di pulau Bali. Selanjutnya Pemprov Bali melakukan perbaikan di tempat ini. Termasuk proses renovasi yang dilakukan tahun 2000, proses ini dilakukan tanpa mengubah desain asli bangunan yang ada di sana.

Daya Tarik Wisata Taman Ujung

Taman Ujung memiliki daya tarik wisata yang begitu menarik dan instagramable. Tempat ini populer sebagai tempat foto prewedding dengan suguhan keindahan alam dan tatanan rapi. Serta arsitektur bangunan yang unik. Di tempat ini ada anak tangga untuk naik menuju lokasi yang diatasnya terdapat pilar tanpa atap. Sehingga disini anda bisa melihat keindahan pemandangan yang disuguhkan.

Melihat ke arah tenggara, maka anda bisa menikmati pemandangan hamparan laut biru. Dan saat menengok ke arah timur anda akan disuguhi pemandangan indah nan unik serta keunikan arsitektur taman Soekasada. Keindahan alam bukit hijau yaitu bukit Bisbis juga akan menyambut anda.

Arsitektur dari taman Ujung adalah paduan arsitektur gaya Bali dan Eropa. Di sini terdapat kaca berwarna warni yang menjadi karakter identik dengan arsitektur yang umumnya dilihat di gereja yang ada di Eropa. Uniknya bila ada di dalam ruangan kamar peristirahatan raja, anda akan melihat kolam bunga Tunjung di balik jendela.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata Taman Ujung Karangasem Bali ini anda yang membawa kamera DLSR untuk berfoto tiketnya sebesar Rp50.000. Waktu operasional dari taman ini adalah mulai dari jam 08.00 pagi hingga pukul 17.00 WITA. Tiket untuk orang dewasa yang ingin masuk ke taman Ujung tiketnya Rp10.000 per orang. Untuk foto prewedding Rp600.000 per orang parkir mobil Rp5.000 dan parkir motor Rp2.000.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi