Tanah Lot bali

Berkunjung ke pulau dewata Bali, tak lengkap rasanya jika tak mampir ke Tanah Lot Bali. Destinasi wisata yang satu ini, menjadi salah satu ikon wisata paling terkenal di pulau Bali. Perpaduan antara eksotisme alam dan spiritual, menjadikan Tanah lot bak surga dunia yang penuh dengan daya magis nan menawan.

 

tanah lot bali
Tanah Lot bali, Sumber @vera_kolesnikova

Mau ke Tanah Lot Bali, yuk..  Simak Apa yang menarik dari tempat ini?

Selain pemandangan alamnya yang indah karena terletak di bibir pantai, keberadaan Pura yang terletak di atas batu karang besar, juga menjadi daya tarik tersendiri yang tak mampu terpisahkan dari Tanah Lot Bali. Selain itu ada pula Gua Ular Suci dan Gua Air Suci, yang bisa kamu kunjungi saat berada disana.

  • Pura diatas karang

‘Pura Luhur Tanah Lot’ begitulah warga setempat menyebutnya. Pura ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Hindu di Bali dan hingga kini masih terus dijaga kesakralan nya. Selain memiliki daya spiritual yang mampu menenangkan jiwa, Pura Luhur Tanah Lot Bali juga memiliki pemandangan yang menakjubkan karena terletak di atas batu karang besar di tepi laut.

Untuk bisa melihat keindahan Pura Luhur Tanah Lot Bali, kamu bisa berjalan kaki saat air sedang surut. Namun, saat air pasang, jalan tersebut akan tertutup air sehingga membuat Tanah Lot bali terlihat seperti sebuah pulau karang yang indah di tengah laut dari kejauhan.

Di atas “pulau karang” tersebut, berdiri dua pura yang berada di dua lokasi berbeda. Satu pura yang dikenal dengan Pura Luhur Tanah Lot Bali terletak di atas bongkahan batu karang besar. Pura ini dibangun untuk memuja Dewa Laut demi memohon keselamatan dan kesejahteraan dunia, serta keseimbangan antara laut dan bumi. Di sebelah baratnya, terdapat Pura Batu Bolong yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Pura ini digunakan umat Hindu untuk menggelar upacara Melasti atau upacara keagamaan lainnya.

Pura ini menjadi tempat wisata paling terkenal di Bali dan seperti magnet yang terus menarik wisatawan untuk mengunjungi Bali.

  • Gua Ular Suci

Tempat lain yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bali adalah Gua Ular Suci. Ya, gua ini diberi nama Gua Ular Suci karena ada banyak ular laut yang tinggal di sekitar gua.

Menurut cerita masyarakat setempat, ular laut tersebut adalah jelmaan dari selendang perdiri pura yang bernama Dang Yang Nirartha. Beliau adalah seorang Brahmana suci dan sakti dari Jawa yang mengembara ke Bali. Konon ular suci yang ada di Tanah Lot Bali ditugaskan sebagai penjaga pura.

Jenis ular yang ada di gua ini adalah ular laut yang berbahaya dengan kulit belang hitam putih, berekor putih pipih, dan berbisa. Meski ular yang ada cukup berbahaya, namun pengunjung di izinkan untuk berfoto bersama ular suci dengan syarat ditemani oleh pawang dengan membayar secara sukarela pada sebuah kotak yang telah disiapkan.

  • Gua Air Suci

Tepat di depan Gua Ular Suci, ada Gua Air Suci yang mampu mengalirkan mata air yang berasal dari tengah laut. Uniknya, meskipun berada tepat di bibir pantai, air yang keluar dari gua ini memiliki rasa yang tawar. Ketika air diminum, rasanya sangat segar dan tidak ada rasa asin sedikit pun. Gua sumber air tawar ini disebut Tirta Pabersihan dan air yang keluar dari gua ini sangat dikeramatkan oleh umat Hindu disana. Selain digunakan untuk keperluan ibadah umat Hindu, wisatawan diperbolehkan untuk bisa meminum air suci tersebut atau sekeadar membasuh tangan dan wajah.

Masyarakat percaya bahwa meminum air suci tersebut bisa memberikan banyak khasiat, seperti menyembuhkan segala macam penyakit dan meningkatkan kesuburan pasangan suami-istri.

  • Golden Sunset

Daya pikat lain dari Tanah Lot adalah memiliki lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Banyak wisatawan datang ke tempat ini saat sore hari hanya untuk menikmati keindahan alam matahari terbenam.

Bagi kalian yang ingin menikmati golden sunset di Tanah Lot Bali, datanglah ketempat ini sekitar pukul 5 sore. Tepat saat cahaya merah keemasan dengan lembayung ungu dari matahari terbenam menyinari pura memberikan panorama eksotis nan romantis yang mampu menenangkan jiwa.

Tertarik Berkunjung ke Tanah Lot? Berikut Estimasi Biya yang Harus Kamu Keluarkan.

Bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung atau berencana berkunjung ke Tanah Lot Bali, pasti mulai berpikir mengenai berapa banyak uang yang harus kamu persiapkan untuk bisa sampai disana.

Sebenarnya, biaya untuk bisa berwisata ke Tanah Lot Bali cukup murah, karena secara umum, ketika memasuki pintu gerbang ticketing di Tanah Lot Bali, kamu hanya akan dikenakan biaya masuk + parkir kendaraan.

Berdasarkan Perda Kabupaten Tabanan no. 22 th 2011, berikut harga harga tiket masuk Tanah Lot Bali 2018

Wisatawan Dalam Negeri (domestik)

– Dewasa : Rp 10.000,-

– Anak-anak : Rp 7.500,-

Wisatawan Luar Negeri (asing)

– Dewasa : Rp 30.000,-

– Anak-anak : Rp 15.000,-

Biaya Parkir Kendaraan

– Sepeda Motor : Rp 2.000,-

– Mobil : Rp 5.000,-

– Bus : Rp 10.000,-

Cukup murah bukan? Tapi jika kamu merupakan pelancong mandiri dan tidak terikat dengan paket wisata, kamu akan membutuhkan perincian dan planning wisata yang lebih jelas dan baik, karena  sarana transfortasi umum untuk menuju ke tempat wisata Tanah lot Bali dan objek wisata berdekatan atau disekitarnya, cukup sulit dicari. Apalagi jika kamu menginap di sekitar wilayah Kuta atau Ubud.

Jadi, cara terbaik untuk bisa menikmati semua destinasi wisata di Tanah Lot Bali adalah dengan menyewa mobil. Dengan uang Rp. 500 ribu saja kamu sudah bisa menyewa mobil beserta drivernya selama setengah hari penuh (12 jam) untuk menikmati semua destinasi wisata di Tanah Lot Bali.

Alternatif lain yang bisa kamu pilih selain menyewa mobil adalah menggunakan taksi. kami menyediakan berbagai paket sewa mobil,  Ini pilihan yang cocok bagi kamu yang berlibur ke Tanah Lot Bali seorang diri, meskipun ini bukan cara terbaik karena akan membuat biaya transportasi mu membengkak.

 

Tinggalkan komentar