Tempat Camping di Danau Tamblingan, Tiket Masuk, dan Fasilitas Yang Tersedia. Terkadang menikmati alam tidak cukup hanya dengan mengunjungi suatu objek wisata, namun Anda juga harus mencoba untuk menyatu di dalamnya. Salah satunya yakni dengan kegiatan camping atau berkemah. Di Bali, tepatnya daerah Bedugul, ada tiga buah danau yang bisa Anda kunjungi untuk kegiatan camping yang menyenangkan. Salah satunya yakni di Bumi Perkemahan Danau Tamblingan.

Lokasi Tempat Camping Di Danau Tamblingan

Bumi Perkemahan Danau Tamblingan umumnya masih terletak di daerah Bedugul, tepatnya di desa Munduk kecamatan Banjar. Danau ini sering disebut sebagai danau kembar dengan danau Buyan, karena letaknya yang cukup berdekatan (sekitar 7,8 km saja). Sayangnya, tidak ada jalan tembusan dari danau Buyan ke danau Tamblingan, kecuali Anda ingin melakukan trekking yang menantang.

tempat camping di danau Tamblingan
tempat camping di danau Tamblingan

Ada banyak jalur untuk menuju tempat camping di danau Tamblingan. Jika Anda berangkat dari bandara Ngurah Rai, maka Anda mungkin butuh sekitar 2 jam perjalanan. Ikuti jalan raya Bedugul untuk menuju ke Singaraja, lalu naik ke arah perbukitan hingga Anda menemukan papan bertuliskan danau Tamblingan. Selanjutnya Anda akan melewati desa Pancasari, desa Wanagiri, dan desa Munduk untuk sampai di tempat berkemah.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk masuk kawasan danau Tamblingan, Anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp.10.000 per orang. Sangat murah bukan? Dengan uang sebesar itu, Anda bisa mendirikan tenda sambil menikmati pemandangan eksotis danau Tamblingan. Di danau ini, ada juga fasilitas persewaan trekking danau dengan perahu. Jadi selain berkemah, Anda juga bisa menyusuri danau dengan fasilitas yang disediakan. Adapun biaya untuk menyewa perahu dan trekking danau berkisar antara Rp.350.000 per 30 menit (1/4 perjalanan danau) dan Rp.450.000 per 1 jam (1/2 perjalanan danau).

Untuk jam operasional, tempat camping di danau Tamblingan ini dibuka selama 24 jam. Jadi Anda bisa datang kapan saja, entah saat pagi, siang, atau malam hari. Sebagai tambahan catatan, Anda mungkin harus datang di sore hari jika ingin melihat keindahan sunrise dan kabut pagi di kawasan ini. Dengan datang di sore hari, Anda bisa mempersiapkan diri untuk mendirikan tenda dan berjuang untuk udara malam yang dingin disana.

Simak Juga : 28 Daftar Lokasi camping terbaik di bali

Mengapa Anda Harus Camping di Danau Tamblingan

1.    Tempat yang jauh dari keramaian kota

Tujuan berkemah di alam artinya menjauh dari hiruk pikuk kota, dan di danau Tamblingan inilah Anda bisa mendapatkannya. Berbeda dari tempat berkemah lainnya yang cukup ramai saat weekend, di danau Tamblingan ini bisa dibilang cukup sepi. Jadi Anda bisa memanfaatkan keuntungan ini untuk menyendiri dan menghilangkan penat dengan menyatu bersama alam.

2.    Bisa membawa kendaraan dekat tenda

Keuntungan lain dari tempat camping di danau Tamblingan ini yaitu tidak butuh tempat parkir. Jadi setelah Anda membayar tiket masuk, Anda bisa membawa kendaraan motor atau mobil Anda dekat dengan tenda. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan mengeluarkan atau membawa logistik sampai ke lokasi kemah.

3.    Ada beberapa perahu yang bisa disewa dan juga bisa memancing disana

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa perahu nelayan lokal yang disewakan di lokasi ini. Anda bisa menyewanya untuk mengelilingi danau. Namun biasanya, perahu-perahu ini digunakan untuk keperluan objek foto, dan yang paling sering adalah foto pre-wedding. Selain kegiatan tersebut, Anda juga bisa mencari ikan di danau ini. Anda bisa membawa pancing dari rumah untuk menangkap ikan. Dan jika Anda beruntung mendapatkan ikan, maka Anda bisa membakarnya dengan api unggun di malam harinya. Menyenangkan bukan?

4.    Ada beberapa pura suci di sekitar danau

Tidak hanya menawarkan keindahan pegunungan dan danau yang asri, namun Anda juga bisa melihat cagar budaya di sekitar danau ini. Ya, ada beberapa pura yang dibiarkan alami dengan sedikit perawatan. Jadi ini menambah kesan yang alami dari tempat camping di danau Tamblingan. Adapun macam-macam pura tersebut meliputi: Pura Dalem Tamblingan, Pura Endek, Pura Ulun Danu dan Sang Hyang Kangin, Pura Sang Hyang Kawuh, dan banyak lagi.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mendirikan tenda di danau ini? Pemandangan yang eksotis, udara yang sejuk, dan banyak fasilitas alam bisa Anda nikmati di tempat camping di danau Tamblingan ini. Bahkan ini juga jauh dari keramaian kota dan masih asri. Jadi Anda pasti tidak ingin melewatkannya bukan?

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi