Daftar Objek Wisata Di Buleleng, Tempat Wisata Dengan Suasana Alami

Kebanyakan tempat wisata di Buleleng sangat terkenal karena keindahan alamnya. Tak heran jika para pengunjung yang datang mengunjungi Buleleng selalu merasa ingin menyatu dengan alam. Pesona keindahan alam Buleleng menjadikan tempat-tempat wisata disini banyak menjadi incaran turis lokal dan mancanegara.

Tak hanya memanjakan mata, namun juga membuat hati dan pikiran menjadi lebih segar. Oleh karena itu, Buleleng sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Berikut adalah daftar tempat wisata alam yang dapat dikunjungi di Buleleng :

1. Pantai Pemuteran

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Buleleng yang wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, pantai ini memiliki ombak yang tenang dengan keindahan alam yang atak ada tandingannya. Selain itu, para penduduk local juga sangat ramah dengan para turis. Tak heran jika penduduk local pun mau berkomunikasi dengan para pengunjung.

Pantai Pemuteran juga terkenal dengan terumbu karangnya. Oleh karena itu, tak hanya wisata alamnya yang memanjakan mata, wisata lautnya pun juga sama. Tercatat terdapat 80% jenis terumbu karang di Indonesia dapat ditemukan di pantai ini. Untuk para pengunjung juga dapat menyelam melihat keindahan alam laut pantai ini.

Koleksi terumbu karangnya menjadikan pantai ini pernah mendapatkan penghargaan dari SKAL pada tahun 2003. Para penduduk yang tinggal disekitar pantai juga peduli dengan terumbu karang yang ada. Oleh karena itu, mereka selalu berusaha untuk menjaga dan melestarikannya. Masih ragu untuk mengunjungi ini? Pesona keindahan yang ditawarkan dijamin tidak akan mengecewakan.

2. Air Panas Banyuwedang

Tempat wisata alam lainnya yang ada di Buleleng adalah wisata Air Panas Banyuwedang. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Pemuteran karena sama-sama terletak di Gerokgak, Buleleng, Bali. Suhu mata air panas Banyuwedang mencapai 40 derajat celcius. Namun perlu diketahui bahwa air panas disini adalah air panas berbelerang.

Tempat wisata di Buleleng ini terletak 60 kilometer dari kota Singaraja. Taman Nasional Barat terletak bersebelahan dengan Air Panas Banyuwedang ini. Selain itu, air panas ini juga dijadikan sebagai ikon/simbol keistimewaan wisata alam Banyuwedang. Hal ini karena air panas ini juga merupakan salah satu sumber air panas terbesar.

Para pengunjung sendiri tidak perlu khawatir jika air panas yang ada tercampur dengan air laut. Pasalnya, terdapat bangunan beton yang berfungsi sebagai tanggul ketika air laut pasang. Terdapat pula tanaman bakau di sekeliling pantai untuk mencegah abrasi. Tanaman tersebut menambah keindahan wisata Air  Panas Banyuwedang.

3. Air Terjun Singsing

Objek wisata lain yang dapat dijadikan referensi untuk menikmati wisata alam Buleleng adalah Air Terjun Singsing. Pesona keindahan alam wisata air terjun ini sangatlah menyejukkan mata. Meskipun lokasinya yang cukup menyita waktu, namun pemandangan yang ditawarkan dijamin tidak akan mengecewakan. Akses transportasi yang ditawarkan untuk sampai kesini cukup mudah.

Selain itu, pengunjung juga harus berjalan di atas jalan setapak sejauh 600 meter. Di sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alami perkebunan warga penduduk sekitar. Terdapat dua buah air terjun disini yakni yang paling dekat pertama memiliki ketinggian hingga 100 meter. Sedangkan, untuk kedalamannya sendiri mencapai 3 meter.

Air terjun yang kedua, para pengunjung akan dihadapkan dengan jalan berbatu yang cukup terjal. Namun jangan khawatir, karena air terjun yang kedua memiliki ketinggian dua kali lipat dari yang pertama. Pemandangan yang ditawarkan juga tentunya akan lebih indah. Tak heran jika ini menjadi tempat wisata di Buleleng yang wajib dikunjungi.

4. Bali Handara Kosaido

Bali Handara Kosaido merupakan salah satu objek wisata di Buleleng yang menawarkan pesona keindahan alam alami. Tempat wisata ini terletak di dataran tinggi Sukasada Buleleng. Keindahan alami hamparan rumput hijau menutupi dataran tinggi ini. Selain itu, lokasinya yang terletak 1000 mdpl membuatnya sangat cocok untuk bermain golf.

Hutan tropis yang mengelilingi area ini seolah menambah suasana keindahan alamnya. Pemandangan hutan yang dilengkapi dengan danau Buyan benar-benar mengajak pengunjung kembali ke alam. Suhu udara antara 16 – 20 derajat Celcius menjadikan daerah ini cukup dingin. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa jaket saat berkeliling disini.

Hal lain yang membuat tempat ini menarik adalah disediakannya tempat penginapan disini. Para pengunjung dapat menginap serambi menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Untuk para pecinta golf, tempat ini patut untuk dikunjungi. Hamparan rumput hijau dengan iklim yang menyenangkan akan menemani permainan golf para pengunjung sekalian.

5. Pantai Batu Sungu

Tempat wisata di Buleleng yang dapat dijadikan referensi wisata alam adalah Pantai Batu Sungu. Meskipun pantai ini tak seterkenal pantai Kuta, namun pemandangan yang ditawarkan amatlah indah. Di Pantai ini para pengunjung dapat melihat keseharian para warga pesisir pantai. Gelombang ombak pantai yang dihasilkan cukup tenang menjadikan pantai ini damai.

Pantai yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan ini dapat menjadi destinasi wisata alam yang menyenangkan. Para pengunjung yang datang dapat juga melihat kehidupan warga pesisir secara langsung. Meskipun terkesan sepi, pantai ini sangat cocok untuk melepas penat.

Jauh dari hiruk pikuk keramaian, tempat ini sangat cocok untuk merenung. Ditambah lagi dengan pesona alamnya yang masih asri, pasti liburan disini akan sangat menyenangkan. Itulah mengapa Pantai Batu Sungu merupakan salah satu tempat wisata di Buleleng yang wajib dikunjungi. Tak banyak tempat wisata yang menawarkan pantai seperti ini.

Ulasan mengenai objek wisata di Buleleng di atas dapat menjadi referensi liburan wisata alam di Buleleng. Keindahan pesona alam yang masih alami menjadikan suatu hal yang unik, istimewa dan menyenangkan. Penat yang dirasa karena rutinitas sehari-hari dapat hilang seketika.

Artikel lainnya

Berikut adalah beberapa mobil yang dapat kami sewakan kepada Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

kintamani.id
Nature

Asyiknya Surfing di Pantai Medewi yang Hemat Budget

Aktivas Seru di Bali Seawalker Tanjung Benoa
Artikel

Jalan-Jalan di Dasar Laut Bareng Bali Seawalker Tanjung Benoa

Karma_Beach _Tripbaligo
Artikel

Karma Beach, Liburan Pantai Bernuansa Eksklusif

Pantai Tegal Wangi Jimbaran
pantai

Kecantikan Pantai Tegal Wangi Jimbaran Yang Tersembunyi