Wisata Bersejarah Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Pura Goa Lawah adalah salah satu tempat suci untuk umat Hindu dan juga sebagai tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke Bali. Hampir setiap hari di tempat ini ada pengunjung yang datang untuk bersembahyang. Atau sekedar berfoto bagi para wisatawan asing non Hindu. Sebagai salah satu dari pura paling penting yang ada di Bali. Goa Lawah memang bukan menjadi tempat yang tersembunyi. Tetapi ada pemandangan yang tak biasa di kompleks pura Hindu Bali yang dibangun di sekitar lokasi goa ini.

Apa yang menjadikan pura Goa Lawah ini menarik untuk dikunjungi? Jika anda penasaran, maka anda harus datang ke goa lawah dan melihat sendiri apa yang menakjubkan yang bisa anda temui di tempat itu. Ini pasti akan menjadi salah satu pengalaman wisata yang menarik bagi anda. Saat merasakan berkunjung ke wisata sejarah yang ada di Bali yang memberikan sensasi liburan berbeda dari tempat wisata biasanya.

Daya Tarik Wisata Pura Goa Lawah

Pura yang bernama Goa Lawah ini mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pura lainnya yang ada di Bali. Sebab di dalam pura ini terdapat sebuah goa yang dihuni ribuan kelelawar. Nama Goa Lawah sendiri terdiri dari kata goa dan juga Lawah. Sementara kata lawah sendiri berarti kelelawar.

Pemandangan ini mungkin akan terlihat sedikit mengerikan walaupun masih berada pada waktu siang hari. Goa Lawah sendiri merupakan salah satu pura yang memiliki peran sebagai pelindung roh-roh gelap yang berasal dari lautan. Bahkan menurut legenda, Goa Lawah mempunyai jalur yang menuju langsung ke pura Besakih di kaki gunung.

Pura ini dibangun sebagai salah satu tempat pemujaan dewa laut atau yang bernama Batara Baruna. Uniknya selain terdapat ribuan kelelawar di dalam gua ini. Di depan gua juga dibangun pura suci yang biasa dijadikan sebagai tempat upacara Nyegara Gunung. Ini adalah kegiatan keagamaan Hindu sebagai penutup upacara Atma Wedana. Di mana dalam upacara tersebut terdapat upacara Nyekah, Maligia atau Memukur.

Jika anda sudah masuk dalam area pura, maka anda bisa melihat bale-bale dan 3 pintu besar yang menghadap ke selatan. Di atas pintu ada simbol kelelawar yang mengepakkan sayap. Pengunjung hanya dapat masuk ke gua lewat pintu bagian timur atau barat.

Di pura ini pengunjung diberi pemandangan yang menarik dan unik. Sebab dapat melihat pura yang berjajar tepat berada di mulut gua. Pura ini berlokasi di wilayah pantai yang bertemu dengan wilayah perbukitan. Jadi para pengunjung bisa menyaksikan indahnya pantai sekaligus indahnya perbukitan yang ada disekitarnya.

Wisata Kuliner Sekitar Goa Lawah

Di samping menikmati indahnya pantai dan juga pura di Goa Lawah. Maka anda juga bisa mencoba wisata kuliner yang ada di sekitar pura ini. Beberapa warung di tempat ini menyediakan makanan khas dari Bali. Ada juga warung seafood yang menyediakan ikan bakar dan sate. Jadi anda tak perlu takut kelaparan saat berada di tempat ini. Karena anda bisa makan kenyang dengan menus makanan khas Bali yang menggugah selera.

Lokasi Pura Goa Lawah

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, maka lokasi dari Goa Lawah berada di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali. Bila anda berangkat dari Denpasar, maka pura ini bisa ditempuh sejauh 50 km. Sementara bila anda datang dari kota Klungkung, maka anda bisa menuju ke Goa Lawah dengan jarak kurang lebih 10 km. Lokasinya tepat di dekat tebing bukit tengah, jadi ini akan membuat udara yang ada di sekitar pura terasa sejuk dan nyaman. Disertai dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang semakin menambah kedamaian alam yang ada di sekitar lokasi ini.

Harga Tiket Masuk

Jika anda berkunjung ke pura Goa Lawah ini, maka harga tiket masuk ke tempat ini adalah sebesar Rp15.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk biaya sewa selendang dan juga sarung. Anda semua yang berkunjung ke tempat ini bisa berkeliling dan menikmati pesona indah goa lawah mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 19.00 setiap harinya.

Tinggalkan komentar