Wisata Edukatif Rumah Pohon Temega Paling Kreatif dan Atraktif

Sebuah destinasi wisata atraktif dan kreatif dapat anda nikmati bila anda merencanakan jalan-jalan atau liburan ke kawasan Bali Timur. Tepatnya di Karangasem, daerah yang terkenal dengan sebutan bumi lahar dan tandus. Di pulau bali ini mempunyai banyak hal menarik untuk anda nikmati. Bukan hanya mempunyai objek wisata yang populer saja, tetapi juga ada tempat wisata instagramable yang sangat kekinian dan edukatif. Namanya adalah rumah pohon Temega.

Rumah pohon Temega adalah areal tempat wisata yang dikelilingi dengan ratusan pohon. Sehingga menghadirkan suasana yang tidak diragukan lagi kerindangan dan kesejukannya. Rumah pohon di sini dibuat dengan model semi terbuka. Menggunakan material bambu dan juga atap dari jerami. Rumah pohon ini mengusung tema ecolodge yang hampir 90% jenis bangunan dan semua fasilitas yang ada menggunakan bambu. Juga material lain yang sangat ramah lingkungan.

Daya Tarik Rumah Pohon Temega

Meski tempat wisata ramah anak ini baru dibuka awal 2017 yang lalu dan belum terlalu populer. Namun tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan saat musim liburan. Walaupun ramah anak, sebagai orang tua anda juga wajib memberi pengawasan saat si kecil bermain.

Ketika anda memasuki area rumah pohon Temega Karangasem ini. Anda akan ditawarkan dengan 2 akses menuju kawasan rumah pohon. Akses ini adalah jembatan gantung dan jalan setapak. Anda yang punya jiwa petualang bisa memilih jembatan gantung. Jembatan ini ditopang menggunakan tali sling yang kuat. Tetapi bila anda berjalan, jembatan itu akan bergoyang dan ini akan memacu adrenalin anda.

Namun bila ada membawa anak di bawah usia 3 tahun, maka tidak disarankan melewati jembatan gantung ini. Karena pegangan jembatan yang berupa tali dijalin dengan cukup longgar. Anda bisa mengajak si kecil untuk melewati jalan setapak saja. Untuk bisa naik ke rumah pohon anda harus naik jembatan gantung dengan kemiringan 45°. Sementara itu, di dalam rumah pohon anda bisa menjumpai rest area dan juga kafetaria yang telah menjual makanan dan juga minuman lokal yang sangat nikmat.

Yang paling menarik dari tempat ini adalah rumah pohon tingkat lima. Anda tentu bisa membayangkan seperti apa sensasinya naik ke puncak rumah pohon itu. Anda bisa menikmati indahnya alam dari ketinggian. Selain itu, anda juga dapat bermain serta melihat beberapa hewan seperti berang-berang dan monyet yang dilepas sengaja. Agar menambah kesan alami dari tempat wisata ini.

Lokasi Rumah Pohon Temega Karangasem

Jika anda penasaran dan ingin mengunjungi rumah pohon Temega ini, lokasinya berada di jalan raya Tirta Gangga, Temega, Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Karangasem Bali. Lokasinya memang cukup mudah untuk ditemukan, karena ada di jalan Tirta Gangga dan berada tepat di seberang jalan ada papan nama rumah pohon Temega.

Jika anda memulai perjalanan dari Denpasar, maka anda harus menempuh perjalanan menuju Temega dengan jarak 70 km atau 6 km setelah Amlapura ke arah Buleleng. Anda juga bisa menempuh jarak 3 kilometer sebelum sampai di objek wisata Tirta Gangga. Lokasinya berada di pinggir jalan raya utama sebelah kiri. Anda bisa menemukan area parkir untuk mobil yang ada di pinggir jalan dan terdapat papan nama rumah pohon Temega. Lalu anda berjalan kaki kurang lebih 50 meter, maka anda bisa sampai di tempat tujuan. Bila anda membawa sepeda motor, anda juga bisa langsung sampai di lokasi dekat tiket masuk.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang menawarkan wisata edukatif, atraktif dan kreatif ini. Maka anda harus membayar tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp10.000 per orang. Tiket masuk untuk anak-anak sebesar Rp5.000. Sementara untuk parkir mobil Rp5.000 dan parkir sepeda motor Rp2.000.

Rumah pohon Temega ini buka mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00. Tempat rekreasi yang ada di Bali ini tergolong masih baru dan sangat kekinian. Jika anda ingin nuansa lebih tenang, maka anda bisa berkunjung pada hari-hari biasa. Sebab setiap akhir pekan atau liburan hari raya tempat ini pasti selalu ramai.

Tinggalkan komentar