Wisata Menyelam Di Pemuteran Beach Bali, Salah Satu Pantai Di Bali Utara

Salah satu pantai di Bali Utara yang terkenal sebagai lokasi paling tenang di kalangan pelancong asing adalah Pemuteran beach.  Tempat tersebut dapat dijadikan sebagai destinasi utama saat berkunjung ke pulau Dewata, Pemuteran beach juga dikenal sebagai pantai yang cocok untuk kegiatan menyelam. Berikut panduan sebelum menuju lokasi wisata Pemuteran beach Bali :

Lokasi Wisata Pantai Pemuteran

Pemuteran beach terletak di desa Pemuteran, kecamatan Gerokgak, Buleleng-Bali. Jarak tempuh dari pusat kota Denpasar Bali sejauh 200 km. Jika berangkat dari lokasi wisata terkenal seperti Kuta dan Seminyak, jarak tempuh menuju Pemuteran beach adalah 144 km. Wisata pantai di Bali utara tersebut sangat mudah dijangkau pengunjung sebab terdapat di samping jalan utara provinsi.

Akses Menuju Wisata Pantai Pemuteran Bali

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Pemuteran beach Bali melalui Denpasar, pengunjung bisa langsung mengabil jalur provinsi menuju pelabuhan Gilimanuk. Setelah itu pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Singaraja. Ikuti petunjuk yang ada untuk bisa sampai di lokasi wisata. Perkiraan waktu yang dihabiskan jika berangkat dari Denpasar Bali adalah sekitar 4 jam.

Alternatif lain bisa pengunjung dapatkan jika berangkat dari Banyuwangi Jawa Timur. Pengunjung dapat langsung menyebrang menuju pelabuhan Gilimanuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Singaraja. Waktu yang di tempuh dari Gilimanuk-Pemuteran beach tidak lebih dari satu jam sehingga lebih efektif bagi wisatawan yang berasal dari Jawa Timur yang berangkat menggunakan kapal.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Pengunjung Mengenai Wisata Pantai Pemuteran Bali

Wisata kawasan pantai di Bali utara memang belum setenar kawasan Bali bagian selatan. Meski begitu bukan berarti kawasan Bali utara tidak menarik sama sekali. Ada satu surga kecil untuk kegiatan selam bernama Pemuteran beach yang bisa pengunjung telusuri saat mendatangi pulau Bali. Berikut hal yang perlu diketahui pengunjung mengenai pantai wisata yang ada di Bali utara tersebut :

1. Gerakan Coral Reef Reborn Pemuteran

Sebelumnya, Pemuteran beach merupakan kawasan teluk terbengkalai yang dipenuhi sampah dengan kerusakan cukup berat akibat penangkapan ikan liar. Tetapi berkat sekelompok komunitas dan pengusaha pecinta alam bahari yang berhasil mengedukasi masarakat setempat, membuat pantai tersebut mengalami pembenahan. Gerakan coral reef reborn Pemuteran merupakan langkah awal sebelum lokasi tersebut menjadi tempat wisata indah yang terkenal saat ini.

2. Pemandangan Terumbu Karang Kelas Dunia

Saat wisatawan pertama kali melakukan kegiatan menyelam di pantai tersebut, dapat dipastikan akan merasakan sensasi yang berbeda. Pasalnya, lokasi wisata Pemuteran beach Bali merupakan tempat menyelam terbaik yang pernah ada. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman menyelam paling menakjubkan, sebab pemandangan bawah laut Pemuteran beach sangatlah indah.

Tidak mengherankan mengapa tempat menyelam di sekitaran Pemuteran beach menjadi yang terbaik, karena hampir 80 persen jenis terumbu karang dunia hidup di perairannya. Menyegarkan mata sambil memandangi alam bawah laut Pemuteran beach merupakan kegiatan yang sayang jika dilewatkan.

3. Lokasi Biorock Terbesar di Dunia

Selama menyelam di Pemuteran beach, pengunjung akan dimanjakan oleh biorock yang memiliki beragam bentuk seperti replika patung candi Borobudur dan hewan laut. Ada banyak biorock yang tersebar di perairan sekitar pantai Pemutaran, sehingga menjadikannya sebagai lokasi penanaman biorock terbesar di dunia.

4. Tempat Tinggal  Beragam Biota Bawah Laut

Kawasan bawah air Pemuteran beach merupakan rumah bagi beragam hewan laut. Ada banyak ikan karang warna warni, tumbuhan, maupun organisme lainnya yang membentuk ekosistem perairan indah. Pengunjung yang melakukan kegiatan selam seperti snorkeling maupun diving tentuya akan menikmati tiap zona selam yang ada di sana.

5. Memiliki Arus Laut Yang Tenang

Arus perairan di sekitaran wisata Pemuteran beach Bali cenderung bersahabat bagi pengunjung dari berbagai kalangan. Sebab kawasan tersebut memiliki arus yang tidak terlalu deras cenderung tenang dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat pertama merasakan pengalaman menyelam. Bahkan saking tenangnya perairan yang ada di sana, anak-anak berusia 4 tahun dapat ikut melakukan kegiatan snorkeling bersama keluarga lainnya.

Meski begitu bukan berarti perairan yang ada di sekitaran Pemuteran beach selalu dalam keadaan yang cukup kondusif untuk menyelam. Pengunjung juga harus memperhatikan cuaca serta memperkirakan bulan apa saja yang tidak terlalu baik untuk kegiatan selam. Hal tersebut penting untuk menjaga keselamatan para pengunjung yang memutuskan untuk menyelam di sana.

6. Terdapat Banyak Bulu Babi

Yang harus diperhatikan pengunjung sebelum menyelam di lokasi wisata snorkeling dan diving Pemuteran beach Bali adalah adanya bulu babi. Hewan laut tersebut merupakan ancaman bagi penyelam karena duri-durinya mengandung racun yang cukup berbahaya. Untung saja di sekitaran lokasi penyelaman terdapat tanda yang menerangkan apakah tempat tersebut aman dari bulu babi atau tidak.

7. Terdapat Lebih Dari 30 Lokasi Selam Yang Unik

Setidaknya ada 30 zona selam yang akan ditemui wisatawan saat menyelam di lokasi wisata Pemuteran beach Bali. Dua di antaranya adalah zona yang sangat terkenal di kalangan pecinta diving extreme sebab selian keindahan, penyelam akan mendapatkan pengalaman berbeda. Tempat tersebut bernama zona under water temple garden dan kawasan sampah yang keduanya memiliki keunikan tersendiri.

Pada zona under water temple garden, penyelam akan merasakan sensasi yang tidak biasa karena tempat tersebut seperti memiliki aura misteriusnya sendiri. Tak heran jika zona tersebut juga dikenal sebagai spooky point. Sementara kawasan sampah merupakan zona penuh tumpukan sampah-sampah lama yang membentuk ekosistem baru. Dimana terdapat hewan-hewan seperti ghost pipe fish, udang kecil, dan mimic octopuss hidup.

Menjelajahi pantai di Bali utara merupakan kegiatan paling seru yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama berada di pulau Bali. Mengunjungi Pemuteran beach bisa menjadi awal dari seluruh kegiatan mengeksplor destinasi wisata seru lainnya yang ada di bali bagian utara.

Tinggalkan komentar