Pura Ulun Danu Batur, Primadona Wisata di Bali yang Melegenda informasi harga tiket

Pura bisa dengan mudah anda temukan di Bali. Tak mengherankan karena mayoritas penduduk Bali menganut agama Hindu dan pura menjadi tempat peribadatannya. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, ada beberapa pura di Bali yang juga terkenal sebagai destinasi wisata. Adapun salah satu pura tersebut ialah Pura Ulun Danu Batur. Untuk lebih mengenal pura yang bernama Ulun Danu Batur sebelum mengunjunginya, anda simak saja ulasan di bawah ini.

Pura Ulun Danu Batur, lokasi wisata dan harga tiket masuk

Tempat wisata Pura Ulun Danu Batur ada di ketinggian mencapai 900 meter di atas permukaan laut. Ulun Danu Batur ini pun menjadi pura kahyangan jagad yang digunakan sebagai tempat memuja Dewi Danu atau yang juga dikenal dengan nama Dewi Air Danau. Destinasi wisata ini menghadap ke barat dengan latarbelakang berupa Gunung Batur. Pura yang satu ini juga sering difungsikan menjadi tempat mengadakan upacara keagamaan yang bernama Ngusaba Kedasa.

Mulanya, pura ini berlokasi di lereng Gunung Batur. Akan tetapi, akibat letusan gunung yang terjadi pada tahun 1917, pura menjadi hancur. Hanya tersisa pelinggih yang dipakai untuk pemujaan Dewi Danu. Sesuai pendapat para pemuka desa beserta penduduk setempat, pelinggih tersebut dibawa dan dibangunlah kembali Pura Batur kembali. Menurut kisah yang melegenda, konon pada suatu malam yang bertepatan di bulan ke-5, Dewa Siwa memindah tempatkan puncak Gunung Mahameru yang ada di India. Dewa Siwa membaginya menjadi dua dan ditempatkan di Bali.

Puncak Gunung Mahameru di sisi kanan menjadi Gunung Agung yang berfungsi sebagai tahta anaknya, sementara puncak gunung yang ada di sisi kiri menjadi Gunung Batur yang digunakan sebagai tempat Dewi Danu. Kedua puncak gunung tersebut menjadi Ulu Pulau Bali. Tak hanya itu, keduanya juga digunakan sebagai lambang unsur pradana dan purase atau yang memiliki arti wanita dan pria. Hal tersebut diyakini oleh masyarakat Hindu di Bali.

harga tiket masuk pura ulun danu batur

Aktivitas Wisata

Pura Ulun Danu Batur menawarkan beragam aktivitas menarik. Anda bisa memasuki Candi Bentar yang tak lain adalah gerbang masuk pura sembari mengambil foto. Selain itu, anda juga bisa mencoba watersport Danau Beratan, seperti kayak, speedboat, memancing, dan berlayar menggunakan perahu angsa. Dengan menyewa perahu, anda bisa melihat panorama danau dan arsitektur bangunan pura secara lebih dekat.

Saat anda mengunjungi Ulun Danu Batur, anda juga bisa menaiki speedboat di sepanjang hamparan Danau Beratan Bedugul dan melakukan aktivitas memancing. Tak berhenti di situ saja, anda juga bisa melihat hamparan kebun bunga tertata indah dan rapi. Ada juga anak rusa yang ada di dalam kandang. Anda benar-benar bisa merasakan sensasi liburan yang tak biasa dengan mengunjungi Ulun Danu Batur. Untuk itu, pastikan anda mampir ke Ulun Danu Batur saat berada di Bali.

Silakan baca juga ulasan lengkap panduan Wisata di desa kintamani

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pura Ulun Danu Batur cukup lengkap dan memadai. Sebut saja tempat istirahat, area parkir kendaraan yang luas, warung penjual makanan, kamar mandi (MCK) atau toilet, toko cinderamata, mushola, dan masih banyak lainnya. Dengan fasilitas yang lengkap, anda bisa liburan di Ulun Danu Batur sepuasnya dengan suasana yang lebih menyenangkan.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya, orang dewasa perlu membayar Rp. 20.000 dan anak-anak sebesar Rp. 15.000. Lain halnya untuk tarif parkirnya, biaya parkir motor sebesar Rp. 2.000 dan parkir mobil hanya Rp. 5.000. Jika anda mengunjungi Ulun Danu Batur dengan bus secara rombongan, anda perlu menyiapkan biaya parkir sebesar Rp. 10.000.

Peta Lokasi

https://www.google.co.id/maps/place/Pura+Ulun+Danu+Batur/@-8.2547292,115.3336733,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2dd1f461401d49df:0xeb400af193e0a6c2!8m2!3d-8.2547345!4d115.335862

Rute Menuju Pura Ulun Danu Batur

Ulun Danu Batur bisa anda temukan di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, tepatnya di Jl. Kintamani, Desa Batur Selatan. Apabila anda dari Pusat Kota Singaraja, anda bisa menuju ke Pura  dengan melalui Jalan Gunung Batur. Anda nantinya juga akan melewati Desa Kubutambahan. Lain halnya jika anda dari Pantai Lovina, anda akan menempuh jarak 71 km dengan waktu 2 jam. Anda perlu berhati-hati menuju lokasi Ulun Danu Batur. Layaknya kawasan pegunungan pada umumnya, anda akan dihadapkan dengan akses jalan yang berkelok-kelok disertai banyak tanjakan dan turunan.